Hak Cipta Logo

Hak Cipta Logo Secara Umum Diatur Dalam Undang-undang No. 19 Tahun 22 Tentang Hak Cipta Pasal 12 (f). Dalam Undang-undang Tersebut Dijelaskan Bahwa Segala Macam bentuk seni, mulai dari sastra, musik, seni lukis, gambar, seni ukir, kaligrafi, patung, kolase, dan seni terapan bisa didaftarkan menjadi hak cipta oleh siapapun penciptanya. Namun, peraturan perundang-undangan ini juga memiliki turunannya yang diatur dalam pasal 8 ayat 3 UU Hak Cipta. Pada pasal tersebut dijelaskan jika suatu ciptaan tersebut dibuat dalam hubungan kerja maka yang berhak memegang hak kekayaan intelektual dan status penciptanya terletak pada pembuat logo atau gambar tersebut.

Hak cipta logo

Maka jika dalam pelaksanaannya, pencipta hasil karya menamai karyanya sebagai ciptaan sebuah perusahaan diharuskan melakukan perjanjian lain sebelumnya. Untuk pendaftarannya, hak cipta diajukan ke Ditjen HKI sebagai penanggungjawab sekaligus pelindung atas hasil karya kita. Hampir sama dengan pendaftaran hak paten merek dagang online, hak cipta juga bisa diajukan secara online. Selain efisien, pendaftaran hak cipta secara online pun lebih bisa mengektifkan waktu.

Mengingat, setiap proses pendaftaran membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan dari proses permohonan hingga terbitnya sertifikasi suatu hak kekayaan intelektual bisa menghabiskan 12 bulan lamanya. Tidak heran jika kini banyak jasa konsultan HKI yang menerima pelayanan untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual di Indonesia. Selain mudah dan praktis, jasa konsultan ini membantu Anda untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual langsung diterima.

pendaftaran hak paten merek dagang online

Termasuk ke dalam hak kekayaan intelektual,

persyaratan dan biaya pendaftaran hak cipta logo memiliki persamaan dengan syarat,

biaya pendaftaran hak paten merek dagang atau jasa. Pada dasarnya, pendaftaran karya cipta ini berguna untuk memerekuat klaim atas suatu karya, baik didalam mauun luar pengadilan jika dikemudian hari terjadi sengketa atas karya tersebut. Untuk mendaftarkan hak cipta, bisa dilakukan melalui Direktorat Hak Cipta  yang berada dalam wewenang Ditjen HKI. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah form pendaftaran, materai, surat kuasa jika ada, surat pengalihan hak jika perlu, salinan resmi akta, dan contoh hasil karya cipta yang akan didaftarkan.

Sama dengan hak cipta, syarat pendaftaran hak paten merek juga berupa berkas-berkas yang terdiri dari beberapa macam. Yang membedakannya adalah rincian biaya untuk pendaftaran merek dagang atau jasa. Biaya pendaftaran merek cukup tinggi dan dibagi ke dalam beberapa pembayaran. Oleh karena itu, dalam form permohonan pendaftaran merek dagang atau jasa diharuskan juga melampirkan bukti pembayaran. Pembayaran pertama untuk pembayaran ajuan permohonan, kemudian pembayaran pemeriksaan sederhana/formalitas, dan pembayaran pemeriksaan substantif. Masing-masing memiliki nominal pembayaran yang berbeda.

Setelah mengetahui tata cara pendaftaran hak cipta logo hingga syarat dan biaya pendaftaran hak paten merek, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui hak apa saja yang diterima. Pada dasarnya setelah melakukan pendaftaran hak kekayaan intelektual, baik itu hak cipta, hak merek, ataupun hak paten, ada beberapa hak yang diterima pendaftar. Selain mendapat perlindungan hak paten merek (jika kekayaan intelektualnya berupa merek), pemilik hak kekayaan intelektual juga dibantu jika kedepannya mengalami sengketa terhadap kekayaan yang telah ia daftarkan.

syarat biaya pendaftaran hak paten merek

Artinya, tidak hanya perlindungan secara umum, tetapi perlindungan hukum pun pemegang hak kekayaan intelektual ini dijamin oleh undang-undang yang mengatur HKI. Selain perlindungan hukum atas kekayaan intelektual, pendaftar kekayaan intelektual juga bisa menjadikan status HaKI nya sebagai nilai tambah bagi para investor yang bisa menunjang usahanya di bidang dagang atau jasa.

Sebuah merek atau karya yang telah memiliki status di Ditjen HKI lebih dipercaya bisa berkembang dan terkesan bonafit dibanding dengan hasil karya atau merek yang tidak terdaftar. Mengingat, saat ini legalitas terhada sesuatu sangat penting adanya. Tidak hanya untuk hasil karya atau merek dagang sendiri, tetapi untuk pencipta atau pemiliknya. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk sebuah hasil karya atau merek usaha, pendaftaran ke Ditjen HKI ini sangat penting adanya. Tidak hanya untuk masa sekarang, manfaat dari pendaftaran ini juga akan berguna diwaktu yang akan datang. Semoga bermanfaat!

    Chat WA