Hak Paten Merek

Hak Paten Merek – Apabila Anda Hendak Membuat Sebuah Hak Paten Merk Dagang, Maka Anda Harus Mengetahui Beberapa Hal Berikut Ini.

Hal-hal seperti ini penting untuk dilakukan, dan Anda mengerti, agar proses pembuatan hak paten tidak terkendala apapun, dan pastinya membuat produk yang akan Anda jual kelak menjadi terganggu.

hak paten merek

1. Cek nama merek yang akan digunakan
Sebelum Anda mengajukan hak paten merek tertetu, sebaiknya cek terlebih dahulu, apakah nama merk yang akan Anda gunakan tersebut, sudah pernah digunakan / ada yang menggunakannya atau belum. Tentunya hal ini harus Anda lakukan, mengingat, salah satu persyaratan yang akan diajukan kelak, terdapat unsur yang satu ini. Apabila memiliki kesamaan nama sebaiknya segera diganti, dan cari nama lainnya. Untuk proses pengecekan nama seperti ini Anda dapat mencarinya di web DGIP atau di web HKI.
2. Cek logo produk yang akan digunakan
Berikutnya adalah cek apakah logo yang akan Anda gunakan tersebut, sudah pernah ada atau telah digunakan oleh produk lainnya. Jika belum tentu Anda dapat menggunakan logo tersebut, jika sudah ada, sebaiknya cari dan buat logo lainnya.
Hal ini tentunya akan mempermudah Anda dalam mengajukan pembuatan merek dan logo produk yang akan dibaut.
3. Cek aneka peryaratan yang jarus dilenkapi
Berikutnya adalah, mengecek berbagai macam persyaratan yang harus dilengkapi, seperti :
– Mengisi formulir pendaftaran merek yang telah dibaut rangkap 4 dan telah ditandatangi oleh pihak yang berwenang.
– Memberikan klasifikasi atas barang dan jasa yang akan Anda ajukan.
– Mempersiapkan sejumlah uang untuk membayar biaya pendaftaran untuk 10 jenis barang.
– Memberikan contoh tentang etiket merek sekitar 20 lembar.
– Memberikan surat pernyataan hak, maksudnya adalah Anda sebagai pemohon tentunya memiliki hak untuk mengajukan pendaftaran akan mereka yang dibuat tersebut.
– Memberikan surat kuasa, jika permohonan dibuat menggunakan orang lain.
– Memberikan fotokopi identitas pemohon / KTP.
– Memberikan Atka Pendirian Badan Hukum yang telah dilegalisir sebelumnya, apabila Anda adalah seorang badan hukum.
– Memberikan fotokopi NPWP, jika Anda berbadan hukum.
4. Cek biaya yang harus Anda keluarkan
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk membuat hak paten merk ini memerlukan biaya. Anda juga perlu mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan, dan menyiapkan biaya tersebut. Biasanya biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendaftarkan 10 jenis merek barang sekitar RP 1.000.000. Tetapi jika Anda memiliki lebih dari 10 jenis barang, atau hal lainnya, maka dana yang harus Anda keluarkan juga lebih besar.

Hak Paten Merek brand

5. Menggunakan penyedia jasa
Apabila hal-hal yang telah disebutkan di atas, dinilai rumit, dan Anda tidak dapat menanggulangi masalah ini sendirian, Anda dapat menghubungi beberapa penyedia jasa hak paten. Disini para penyedia jasa tersebut akan membantu Anda dapat mencari informasi tentang nama merk dan logo yang Anda buat, apakah sudah pernah, sedang digunakan, atau belum. Mereka juga akan membantu Anda dalam membuat hak paten tersebut.
Untuk masalah biaya, tentu Anda dapat mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan penyedia jasa. Dengan demikian Anda mengetahui dengan pasti, berapa biaya yang harus dikeluarkan agar hak paten merek ini selesai.
Proses pembuatan hak paten merk ini sendiri biasanya mempunyai rentan waktu minimal 30 hari selesai, atau selambat-lambatnya 9 bulan dari tanggal penerimaan formulir.

    Chat WA