HKI Paten Logo

HKI Paten Logo Merupakan Salah Satu Hal Yang Bisa Dan Penting Diperhatikan Dalam Sebuah Brand. Logo Yang Dibuat Pada Umumnya Berbeda Antar Satu Brand Dengan Yang Lain. Adanya logo ini menjadi pembeda antar satu brand dengan yang lain, terlebih untuk yang memang memiliki kesamaan bidang, namun ingin menonjolkan sisi pembeda atau ciri khasnya masing-masing. Perlui Anda ketahui, adanya hak merek dagang akan menjadi identitas dari suatu usaha yang mencakup brand produk, logo, dan juga menyertakan beberapa buah simbol yang dirangkai atau dikombinasikan sedemikian rupa.

HKI Paten Logo

Adanya logo ini akan bisa membuat bisnis atau suatu produk terlihat unik atau berbeda dari kompetitor serupa.  Logo dalam merek ini akan bisa dipatenkan, sehingga menghindari terjadinya penyalahgunaan untuk brand dari bisnis Anda, baik berupa produk barang, jasa, maupun barang dan jasa. Sebab, jika sampai terjadi pemalsuan atas suatu brand dagang, maka pihak yang melakukan penyalahgunaan akan dikenai kewajiban membayar denda dengan nominal sebesar Rp 200 juta sampai dengan 1 milyar rupiah. Maka dari itu, sangat penting dilakukan pengurusan atas HKI paten logo.

Perlu Anda ketahui juga, HKI paten merek dan logo menjadi salah satu bagian yang akan meninggalkan kesan pertama pada setiap orang yang melihat. Selain itu, keunikan atau karakteristik menonjol pada logo yang Anda buat akan membuat mereka lebih mudah mengingat brand apa yang Anda tawarkan. Misalnya saja Anda membuat logo untuk produk barang, jasa, atau barang dan jasa dengan pilihan warna dan desain yang menarik serta unik.

Maka, dari sanalah para pembeli akan mudah untuk mengingat brand yang Anda tawarkan. Hal ini semakin bisa ditunjang dengan trik pemasaran dan beberapa faktor lain. Jika dilihat dari logo, maka memang hal ini menjadi salah satu bagian yang sebisa mungkin juga memiliki makna atau filosofi sendiri demi membuat brand yang Anda tawarkan mudah untuk diingat.

Penggunaan HKI Paten Logo

HKI Paten Logo merek

Seperti yang sudah disampaikan di atas, HKI untuk paten logo adalah salah satu komponen penting yang akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Selain itu, Anda juga bisa membuat rancangan desain yang menarik dan bermakna. Anda bisa mengandalkan jasa dari pihak yang berkompeten di bidang ini untuk mengatasinya. Beberapa brand yang ada terkadang memang memberi logo yang sederhana, namun melekat di ingatan masyarakat umum.

Hal ini bisa terjadi karena pemilihan tatanan huruf, warna, angka, atau kombinasi lain yang cenderung enak dipandang. Selain itu, kombinasi ini juga dibuat sesederhana mungkin agar tak membuat penglihatan terasa penuh saat menikmati logo tersebut. Jika Anda juga berniat untuk menciptakan logo, maka hal seperti ini akan sangat penting dan berguna untuk diperhatikan. Pada dasarnya, setiap orang memang memiliki selera juga dalam menentukan suka atau tidaknya terhadap sesuatu, termasuk desain. Maka, pilih dan carilah logo yang sekiranya memiliki desain yang disukai banyak orang. Para ahli biasanya handal dalam hal ini. Jika perlu, Anda juga bisa melakukan surbei secara langsung untuk menemukan dan menentukan seperti apa logo yang baik untuk digunakan dalam sebuah branding, baik untuk produk dalam bentuk barang, jasa, atau barang dan jasa.

Anda bisa mencoba mencari contoh HKI paten logo yang sudah banyak tersebar di banyak tempat. Beberapa brand terkenal bisa diamati seperti apa ciri khas dari karakteristik logo yang mereka desain. Dari sana mungkin Anda bisa melihat bagaimana sesuatu yang menarik dari logo itu. Anda juga bisa mencoba melakukan pengamatan terhadap beberapa pilihan logo yang ada sebelum memilih. Melakukan voting terhadap beberapa orang yang dinilai ahli pun bisa dilakukan. Sebisa mungkin, pilih yang sekiranya memberikan makna tersendiri dan membuat siapa pun yang melihatnya bisa langsung ingat meski baru pertama kali melihat. Di sini, sisi kognitif sangat dipentingkan. Adanya sesuatu yang berkesan dan tertangkap oleh mata akan dikirimkan ke otak, sehingga di sana ada proses kognitif yang terjadi.

Jika sesuatu yang dilihat memiliki kesan atau makna tersendiri, maka proses kognitif ini akan lebih mudah dilakukan dan disimpan. Dengan demikian, setiap orang yang memaknai logo desain Anda dengan baik pun akan bisa mengingatnya dengan cepat, tanpa harus melihat untuk kedua, tiga, atau berkali-kali lagi. Kesan, keunikan, dan juga makna bisa dimaksimalkan di sini demi membuat logo brand Anda bisa menjadi salah satu bagian yang mudah diingat dan konsumen akan bisa membeli produk sesuai yang Anda tawarkan pada mereka.

Adanya HKI paten logo merek juga perlu Anda lampirkan dalam formulir pendaftaran HAKI. Dalam hal ini, adanya proses untuk mendapatkan sertifikat akan lebih bagus jika menyertkan logo yang ada. Ukuran logo maksimal yang bisa dilampirkan pada berkas untuk proses pengurusan HAKI adalah 9 x 9 cm. Sementara itu, ukuran maksimal dari logo yang bisa dicantumkan adalah 2 x 2 cm. Anda bisa mengoptimalkan pemilihan logo ini sebelum ditetapkan dan dilampirkan dalam pengurusan HAKI demi kelangsungan usaha Anda.

Jika Anda sudah merasa yakin dan memilih satu logo yang dirasa paling cocok, maka melampirkannya pada dokumen yang harus dipenuhi untuk mengurus pendaftaran HAKI pun akan lebih mudah. Anda tak perlu melakukan proses yang agak rumit karena miusalnya suatu saat tiba-tiba mengganti logo karena merasa kurang cocok. Padahal, logo tersebut sudah diikutsertakan dalam proses pendaftaran HAKI bersama dengan beberapa arsip lain yang dibutuhkan.

    Chat WA