Prosedur & Syarat Pendaftaran Merek Dagang

Prosedur & Syarat Pendaftaran Merek Dagang Sudah Diatur Di Dalam Undang Undang Merek. Kami Konsultan Kekayaan Intelektual Siap Membantu Anda dalam pendaftaran merek. Adanya peraturan ini tentu saja dimaksudkan agar tidak ada pihak yang melanggar ketentuan dan diharapkan proses yang dilangsungkan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Baik itu dari segi pihak pemohon maupun pemroses. Terlenoh, hal ini digunakan untuk menghindari adanya satu atau beberapa kemungkinan yang tak diinginkan.

Ingin Daftar Merek Dagang Berikut Caranya

Nantinya, permohonan yang diajukan akan ditandatangani oleh pihak pemohon atau kuasanya, lalu juga dilampiri bukti pembayaran. Perlu Anda ketahui juga bahwa pimohon bisa merupakan 1 atau beberapa orang secara bersamaan, an bisa juga badan hukum. Namun, jika permohonan diajukan oleh lebih dari 1 pemohon yang emuanya berhak atas merek yang diajukan, maka semua nama pemohon dicantumkan dan menetapkan satu alamat sebagai alamat mereka.

Permohonan pengajuan merek dagang itu sendiri bisa ditandatangani oleh salah satu pemohon yang dirasa berhak atas merek tersebut dan melampirkan persetujuan secara tertulis dari para pemohon lain yang mewakilkan. Jika permohonan diajukan dengan melalui kuasanya, maka surat kuasanya ditandatangani oleh semua pihak yang dirasa berhak atas merek tersebut. Ketentuan tentang syarat-syarat untuk bisa diangkat enjadi konsultan Hak Kekayaan Intelektual sudah diatur dengan menggunakan peraturan pemerintah. Sementara itu, tata cara pengangkatannya sudah diatur dalam keputusan presiden.

Selain prosedur & syarat pendaftaran merek seperti di atas, perlu Anda ketahui, pada pasal 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001, disebutkan bahwa merek merupakan tanda dalam bentuk nama, gambar, angka-angka, kata, susunan warna, huruf-huruf, atau kombinasi dari  beberapa unsur yang sudah disebutkan dan mempunyai daya bedaserta dipakai dalam kegiatan perdagangan barang maupun jasa.

Daftar Merek Dagang Berikut

Adanya permohonan  pendaftaran merek sendiri dijelaskan dalam Pasal 7 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 yang meliputi adanya tanggal, bulan, dan tahun; nama lengkap, kewarganegaraan, dan juga alamat pemohon; nama lengkap serta alamat kuasa jika permohonan diajukan melalui kuasa; warna-warna jika merek menggunakan unsur-unsur warna; nama negara beserta tanggal permintaan merek pertama kali untuk permohonan diajukan dengan hak prioritas. Dengan demikian, Anda bisa menyiapkan merek yang sekiranya bisa memenuhi beberapa syarat di atas. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyiapkan merek yang sekiranya akan memberi sejumlah keuntungan pada saat nantinya dipublikasikan di ranah masyarakat. Sebab, merek akan menjadi salah satu hal penting yang bisa Anda pertahankan hingga jangka waktu tertentu, sebagaimana diberlakukannya pendaftaran merek dagang itu sendiri.

Prosedur & syarat pendaftaran merek dagang

Menurut Undang Undang Nomor 15 Tahun 2001. Pada Undang Undang tersebut dijelaskan bahwa agar merek bisa diterima sebagai cap dagang atau merek, maka ada syarat mutlak yang harus diketahui. Syaratnya merek tersebut wajib memiliki daya pembeda yang dinilai cukup. Maksudnya adalah tanda yang digunakan merek tersebut harus didesain sedemikian rupa, sehingga memiliki kekuatan yang cukup untuk membedakan produk satu pihak dengan hasil dari pihak lain yang masih sejenis.

Barang-barang yang diberi tanda atau merek tersebut wajib bisa dibedakan dari barang-barang pihak lain karena adanya merek. Dengan demikian, daya beda sudah jelas menjadi unsur pertama yang dinilai penting. Adanya daya beda yang bisa membuat produk Anda diminati masyarakat juga penting. Selain mengalankan fungsi sebagaimana mestinya, daya beda itu sendiri nantinya juga akan bisa menentukan seberapa kuat merek yang Anda berikan bisa melekat dan memberi kesan untuk masyarakat. Dengan adanya kesan positif, maka masyarakat akan bisa menjadi pelanggan untuk produk yang sudah Anda buat, baik berupa barang, jasa, maupun keduanya.

Selain prosedur & syarat pendaftaran merek dan logo seperti yang sudah dijelaskan di atas, permohonan untuk 2 atau lebih kelas barang dan/atau jasa bisa diajukan di dalam 1 permohonan, namun wajib menyebutkan jenis barang dan/atau jasa apa yang termasuk di dalam kelas yang idaftarkan. Kelas barang atau jasa sendiri sudah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1993.

Ingin Daftar Merek Dagang

Di sana ada daftar kelas barang dan jasa yang bisa langsung dilihat. Pada prinsipnya, permohonan itu sendiri bisa dilakukan untuk lebih dari 1 kelas barang dan/atau kelas jasa, sesuai dengan ketentuan Trademark Law Treaty yang udah disesuaikan dengan keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 1993. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak pemilik merek yang berniat memakai mereknya untuk beberapa jenis barang dan/atau jasa dan termasuk ke dalam beberapa kelas yang tidak perlu direpotkan dengan adanya prosedur administrasi engan keharusan untuk mengajukan permohonan secara terpisah untuk setiap kelas barang dan/atau jasa itu sendiri. Ketentuan tentang syarat dan tata cara permohonan itu sendiri sudah diatur lebih lanjut di dalam peraturan pemerintah.

Itulah beberapa informasi yang berhubungan dengan prosedur & syarat pendaftaran merek dagang. Jika Anda termasuk pihak yang ingin mendirikan usaha dengan mengandalkan adanya produk berupa barang, jasa, atau keduanya, maka tak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa hal sebelum menjalani prosedur dan juga syarat yang nantinya harus diajukan demi mendapat merek dagang yang sah.

Jangan lupakan juga bahwa kemungkinan untuk pemeriksaan berkas dilakukan oleh lebih dari satu pihak, sehingga Anda diwajibkan untuk melengkapinya sebelum mengurus berkas ke kantor yang sudah ditunjuk oleh pihak pemerintah dan bisa Anda jangkau. Dengan demikian, prosedur yang Anda ikuti bisa berjalan dengan lancar dan proses pun semakin cepat dilakukan untuk diselesaikan.

    Chat WA