Formulir Pendaftaran HAKI

Formulir Pendaftaran HAKI Atas Merek Tidak Perlu Susah Payah Anda Pikirkan, Cukup Hubungi Konsultan Paten Merek Kami, Semua Pendaftaran Merek Akan Mudah Selesai. Seperti yang sudah kita ketahui, formulir ini sendiri termasuk dalam salah satu syarat pendaftaran administratif agar perizinan pendaftaran ke HAKI bisa dilakukan. Jika Anda termasuk salah satu pihak yang berniat akan mendaftarkan hak merek, maka tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu isi dari formulir ini.

Isi Formulir Pendaftaran Haki Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Bahkan, termasuk dengan bagian isi yang mungkin kurang Anda pahami atau ketahui. Dengan demikian, Anda akan bisa melakukan pengisian secara benar dan tak membuat pengajuan Anda ditolak. Perlu Anda ketahui, beberapa data yang akan diisikan pada bagian dari formulir penting untuk disepakati terlebih dahulu. Misalnya saja seperti untuk usaha milik beberapa orang yang akan diajukan. Jika tak terbentuk kesepakatan, maka dikhawatirkan nantinya akan menimbulkan masalah internal di antara para pemohon itu sendiri.

Sehingga, kesepakatan ini nantinya akan memudahkan semua pihak. Tak hanya itu, pastikan juga kebenaran dari data yang Anda isi pada formulir. Jangan sampai ada yang terlewat atau mengalami kesalahan ketik. Maka dari itu, formulir pendaftaran merekHAKI yang nantinya Anda isi wajib diteliti dan diisi dengan cermat sebelum diajukan.

Perlu Anda ketahui, formulir pendaftaran HAKI sendiri terdiri dari beberapa step atau langkah. Anda juga wajib memakai alamat email yang aktikf dan valid untuk mengisi formulir yang disediakan. Sebab, hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap pendaftaran yang Anda lakukan. Sehingga, nantinya Anda tak akan mengalami kendala atau kesulitan karena pengisian alamat email yang kurang tepat.

Selain itu, bagi Anda yang kurang menghafal atau tak mengetahui kode pos tempat yang akan dialamatkan, ada baiknya mengecek dan mencatatnya terlebih dahulu. Hal kecil seperti ini juga akan menjadi salah satu bagian dari data yang harus diisikan pada formulir. Sehingga, penting bagi Anda untuk mengetahui kode pos tempat yang akan dialamatkan sesuai dengan yang dicantumkan pada formulir.

Isi formulir pendaftaran merekdagang HAKI

Pada langkah pertama, ada tanggal yang diisi secara otomatis oleh sistem, bertepatan pada tanggal saat Anda mengisi formulir. Bagian pengajuan pendaftaran bisa Anda pilih sesuai kenyataan, yaitu pencipta yang mendaftar sendiri, pihak lain yang mendapat pengalihan hak cipta, atau pihak ketiga jika Anda menggunakan jasa tersebut. Lalu, isilan identitas Anda dengan benar yang terdiri dari nama agen atau perantara jika ada, contact person, nomor ponsel, alamat email yang aktif, dan alamat surat menyurat. Pada langkah kedua, Anda bisa mengisi data untuk pemegang hak cipta. Anda bisa mengisi yang sesuai dengan pilihan dan kenyataan.

Anda bisa memilih salah satu, antara untuk perorangan atau badan hukum. Jika untuk perorangan, Anda bisa mengisi nama lengkap sesuai yang ada di KTP, alamat lengkap yang juga sesuai dengan KTP, memilih negara pada kotak pilihan, provinsi, kota, dan juga kode pos. Sementara itu, untuk badan hukum, Anda harus mengisi nama badan hukum yang sesuai dengan akta pendirian, nama direktur utama sesuai dengan akta pendirian, alamat sesuai akta pendirian, negara sesuai dengan yang ada di kotak pilihan, provinsi, kota, dan kode pos. Selanjutnya, Anda juga akan mengisi data pencipta untuk individu atau beberapa orang pencipta.

Isi Formulir Pendaftaran Haki Yang Tidak Anda Ketahui

Apabila pemegang hak cipta adalah perorangan, maka penciptanya juga merupakan pemegang hak cipta. Jika pihak lain, maka pencipta bukan merupakan pemegang hak cipta. Lalu, ada juga pemegang hak cipta khusus untuk badan hukum. Pada tahap ketiga, Anda akan diminta mengisi data ciptaan. Anda bisa memilih jenis ciptaan dan sub jenis ciptaan. Setelah memilih dan mengisi, Anda bisa mendeksripsikan pada bagian uraian ciptaan.

Anda juga diwajibkan mengisi data mengenai tanggal, negara, dan kota ciptaan diumumkan pertama kali. Upload-lah file ciptaan Anda. Lalu, upload juga file lain seperti KTP atau akta pendirian badan hukum. Terakhir atau tahap keempat, periksa seluruh data yang sudah Anda isi. Dengan begitu, data pun siap untuk diajukan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengisi formulir pendaftaran HAKI. Perlu Anda ketahui, semua berkas yang nantinya diunggah setidaknya disediakan dalam soft file. Jika data seperti KTP atau akta pendirian badan hukum Anda tak berbentuk soft file, Anda tak perlu merasa khawatir. Sebab, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin maju. Maka, Anda bisa memanfaatkan adanya scanner.

Dari sanalah KTP dan akta pendirian badan usaha akan bisa dijadikan soft file, sehingga akan mudah untuk diunggah dan dicantumkan pada formulir pendaftaran. Anda bisa meminta bantuan atau memberi kepercayaan pada pihak yang ahli dalam bidang ini jika memang perlu. Sebab, adanya bagian yang satu ini juga merupakan persyaratan untuk Anda mendaftarkan atau mengajukan hak merek pada pihak HAKI.

Isi Formulir Pendaftaran Haki

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai cara dan isi formulir daftar HAKI seperti di atas, bukankah Anda sudah mendapat bayangan tentang apa yang sekiranya perlu dipersiapkan untuk mengisi data? Maka dari itu, jangan sampai Anda melewatkan satu pun data yang harus diisi dan dilampirkan. Dengan demikian, proses pengajuan ini nantinya tak akan dipermasalahkan atau justru membuat waktu pemrosesan bertambah lama karena adanya data yang kurang atau harus Anda perbaiki. Bukankah menghabiskan waktu lebih lama hanya akan membuat Anda menunggu keluarnya sertifikat dalam waktu yang lebih lama juga dan justru membuang waktu dengan sia-sia?

    Chat WA