Izin Merk Dagang

Izin Merk Dagang harus Di Dapatkan Oleh Sebuah Perusahaan Sebelum Perusahaan Tersebut Meluncurkan Produknya. Hal Ini Merupakan Hal Yang Sangat Penting. Ya sebuah merk dagang harus diamankan segera agar tidak ada kesamaan dengan merk dagang yang lainnya. Sebuah perusahaan atau sebuah bisnis memang bisa dilakukan secara online maupun offline. Baik jenis bisnis online maupun offline tersebut memang sudah seharusnya mendaftarkan produk dan merk dagang mereka agar lebih nyaman kedepannya. Sayangnya untuk membuat merk dagang anda dikenal memang bukan merupakan hal yang mudah. Salah satunya adalah kendala biaya. Biaya memang merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika sebuah merk dagang akan didaftarkan. Hal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan berpikir 2 kali untuk mendaftarkan merk dagangnya. Akan tetapi mengurus izin merk dagang merupakan sebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Pentingnya aktivitas ini sudah disebutkan sebelumnya yaitu karena penting bagi kenyamanan perdagangan anda di kemudian hari.

Izin Merk Dagang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebuah izin merk dagang merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah perusahaan.

Apalagi jika anda memiliki perusahaan yang besar atau berniat lama terjun ke dunia bisnis tersebut. Mengapa? Pertama adalah pendaftaran merk dagang memang digunakan untuk menghilangkan redudansi nama merk sebuah barang. Mereka merupakan kontrol dan merupakan bagian yang bertugas untuk memastikan tidak ada usaha yang memiliki nama yang sama. Hal ini sesuai dengan kaidah pemberian nama merk dagang bukan? Ya sebuah merk dagang memang merupakan perwakilan anda dan perusahaan anda di dalam pasar bisnis. Sebuah perusahaan yang bonafit pastinya tidak ingin pesaing juga menggunakan nama seperti nama yang mereka miliki. Bayangkan jika anda sedang merintis sebuah usaha. Usaha anda kemudan maju dan dikenal oleh banyak orang. Lalu muncul pihak yang kemudian masuk ke pasar bisnis dengan menggunakan nama merk anda hanya karena perusahaan anda memiliki nama yang belum di register. Hal ini dapat mempengaruhi banyak hal untuk perusahaan anda. Salah satunya adalah beralihnya konsumen yang anda miliki ke brand pesaing anda. Banyak orang akan lebih percaya dengan brand yang sudah menjalani proses register. Jika hal ini terjadi, bisa anda bayangkan sebanyak apa kerugian yang bisa anda dapatkan jika tidak segera mengurus izin merk dagang untuk perusahaan anda?

Izin Merk Dagang brand

Memiliki sebuah izin untuk merek dagang yang kita miliki merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pastikan anda membuat merk dagang yang teregister sehingga hak anda tidak akan di ambil oleh orang lain. Lalu bagaimana cara untuk mengurus izin merk dagang ini? Bagi anda yang tertarik dengan keuntungan yang bisa anda dapatan ketika melakukan perijinan untuk merk dagang anda berikut ini adalah beberapa step yang bisa anda ikuti.

  • Carilah nama merk dagang yang anda miliki

Sebelum meluncurkan sebuah merk dagang pastikan anda sudah melakukan penelitian atau penelurusan mengenai nama merk dagang yang anda buat. Mulai dari arti yang dimilikinya hingga ada tidaknya merk dagang serupa dengan produk yang juga serupa dengan produk anda. Untuk mencarinya, caranya sangat mudah. Hal ini disebabkan karena adanya internet dan juga mesin pencari canggih seperti Google.

  • Siapkan berkas yang diperlukan

Setelah anda yakin jika nama merk dagang tidak memiliki kembaran, maka anda bisa mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang akan digunakan untuk mengurus izin dagang tersebut. Macam dokumen yang diperlukan dalam proses ini antara lain adalah identitas pemohon, cetakan merk dagang sebanyak 30, contoh barang yang akan dilabeli, surat pernyataan mengenai kepemilikan, surat kuasa (untuk kasus tertentu), copy surat identitas resmi seperti kartu tanda penduduk dan yang terakhir adalah npwp atau nomor wajib pajak.

  • Kenali alurnya

Setelah persiapan dokumen anda sudah matang, maka anda bisa mencari terlebih dahulu prosedur pendaftaran produk dan juga merk dagang yang anda miliki. Hal ini untuk mencegah anda merasa kebingungan ketika berada di kantor pendaftaran. Jika anda sudah mengenali alurnya, maka anda bisa langsung ke kantor untuk mengurus izin merk dagang yang anda miliki.

    Chat WA