Kasus Hak Merek Aqua

Kasus Hak Merek Aqua Merupakan Sebuah Bentuk Pelanggaran Merek Yang Terjadi Di Indonesia. Merek Sudah Menjadi Hal Yang Penting Dalam Bidang Perdagangan. Setiap perusahaan yang memasarkan produk tentunya telah memberikan merek pada masing-masing produknya. Namun, kadang banyak perusahaan yang dengan sengaja meniru merek dagang yang sudah ada. Seperti yang kita tahu, ada banyak merek produk yang sudah terkenal dan juga memiliki jumlah pelanggan yang sangat banyak. Dari hal tersebut, beberapa perusahaan tergiur untuk menyematkan merek produk perusahaan lain untuk mendompleng popularitas produknya sendiri.

Hak Merek Aqua

Saat hal ini terjadi, sebenarnya perusahaan tersebut telah melakukan pelanggaran hak cipta. Sebenarnya, merek sebuah produk yang sudah didaftarkan ke HKI akan memperoleh perlindungan hukum. Jika terbukti ada produk lain yang meniru merek yang sudah terlindungi hukum, maka perusahaan peniru tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan. Di Indonesia, banyak sekali kasus pelanggaran merek baik dalam merek dagang maupun merek jasa.

Salah satu kasus pelanggaran hak merek yang terkenal di Indonesia adalah kasus pelanggaran hak merek Aqua. Berbicara tentang Aqua, tentu saja kita sangat mengenal merek ini. Banyak sekali konsumen yang percaya pada produk Aqua. Bahkan di Indonesia sendiri, Aqua merupakan produk air minum dalam kemasan yang paling terkenal. Tak heran, kepopuleran Aqua telah menarik minat banyak perusahaan untuk mencantumkan nama Aqua dalam produk mereka. Tanpa mereka sadari, hal tersebut merupakan sebuah pelanggaran hak cipta karena Aqua sendiri sudah terdaftar sebagai merek yang terlindungi oleh hukum.

Kasus Hak Merek Aqua

Kasus hak merk Aqua sangat terkenal karena Aqua merupakan merek terkenal yang bahkan bukan hanya terkenal di Indonesia, namun juga di negara lain seperti Singapura. Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh PT. Aqua Golden Mississipi. Di Indonesia, produk air minum dalam kemasan ini begitu terkenal dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bahkan merek Aqua telah dikenal sebagai produk air minum yang paling berkualitas. Tentu saja popularitas Aqua tidak diperoleh dengan cara yang instant.

Aqua Golden Mississipe berjuang keras untuk mempromosikan Aqua dengan cara menampilkan iklan di berbagai saluran televisi, media cetak, taksi, bus, dan masih banyak media lainnya. Maka, sudah sepantasnya jika Aqua memperoleh hasil yang manis karena proses promosi yang gencar. Hanya saja, kerja keras perusahaan air minum ini dengan mudahnya dirusak oleh berbagai kasus pelanggaran merek. Ya, ada banyak perusahaan yang mencantumkan nama Aqua pada produknya, misalnya saja merek Club Aqua, Aquaria, dan lain-lain. Tentu saja ini sangat merugikan pihak Aqua.

Karena adanya nama Aqua dalam sebuah produk air minum dalam kemasan lainnya, maka tak jarang ada pelanggan yang terkecoh dan menganggap produk tersebut sebagai produk baru dari Aqua. Padahal, sudah jelas bahwa Aqua tidak mengeluarkan produk tersebut. Bisa kita bayangkan berapa banyak kerugian pihak Aqua karena adanya merek-merek lain yang memakai nama Aqua pada merek mereka. Disini lah hak merek akan dipakai.

Karena sudah memiliki hak perlindungan merek, maka PT Aqua Golden Mississipi bisa mengajukan gugatan pada perusahaan yang telah menggunakan nama Aqua dalam produknya. Apalagi jika produk yang memakai merek Aqua tersebut dipasarkan dalam kemasan yang mirip ataupun memiliki kemiripan lainnya sehingga memudahkan Aqua untuk menyudutkan pihak yang telah melakukan pelanggaran hak cipta.

Kasus Hak Merek Aqualiva

Kasus hak merek Aqua akan menjadi pelajaran berharga bagi para pemilik usaha

agar lebih berhati-hati dalam menciptakan sebuah merek.

Berbicara tentang pelanggaran hak merek Aqua, kasus yang cukup terkenal adalah kasus Aqua dengan Aqualiva. Bila kita mendengar kata Aqualiva, tentunya kita akan berpikir bahwa Aqualiva adalah produk baru dari Aqua. Padahal, Aqualiva adalah air minum dalam kemasan yang sama sekali bukan produk yang sama dengan Aqua. Namun, adanya produk tersebut telah membuat banyak pelanggan terkecoh. Ada banyak pelanggan yang membeli produk Aqualiva karena mengangap produk tersebut sama dengan Aqua yang biasa mereka beli.

Kasus Hak Merek air minum Aqua

Tak hanya itu saja, kasus ini benar-benar mencuat karena Aqualiva bukan hanya meniru nama, namun ada banyak kemiripan dari produk Aqualiva, antara lain kemiripan visual, kemiripan jenis barang, dan juga kemiripan konsep. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa Aqualiva meniru Aqua dengan sengaja untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang banyak. Setelah pihak Aqua menggugat pihak Aqualiva, maka Mahkamah Agung memutuskan bahwa Aqualiva memang mempunyai itikad yang tidak baik dengan menggunakan popularitas merek Aqua.

Merek Aqua sudah dilindungi undang-undang No.15 Tahun 2001. Jadi bila anda menciptakan produk dan ingin memberikan merek pada produk tersebut, usahakan agar anda memberi nama merek yang belum ada.  Lalu, jangan lupa untuk mendaftarkan merek produk anda sehingga kasus seperti kasus merek Aqua tidak akan dialami oleh anda.

    Chat WA