Kelas Merek Dagang

Petunjuk kelas merek dagang, kelas merek dagang memang sudah terkenal dalam sebuah permohonan pendaftaran merek dagang, kelas merek dagang adalah sebuah jenis barang atau jasa yang muncul di pos kelas yang mana termasuk jenis umum dalam pos dagang atau jasa. Jika sebuah barang tidak dapat diklasifikasikan dalam pos barang dimana akan berlaku sebuah kriteria untuk menempatkan merek tersebut dalam kelas merek yang mana. Kelas merek ini sangat penting dalam permohonan pendaftaran merek dagang karena merek dagang ini memang begitu penting karena kelas merek ini akan membedakan berapa bobot, kualitas bahkan kriteria khusus dalam sebuah penggolongan merek, apakah ini termasuk ke bagian jasa atau barang, atau sudah berdiri di luar Negeri juga berbeda. Jadi ini merupakan hal yang wajib anda ketahui pula sebelum anda mendaftarkan merek dagang anda.

Kelas Merek Dagang

Petunjuk mengenai kelas merek

Disini saya akan memberikan sedikit informasi atau petunjuk mengenai kelas merek dagang yang meliputi berbagai aspek sebagai berikut, anda perlu memperhatikan secara terperinci untuk mengetahui semua tentang kelas merek dagang.
1. Berdasarkan merek dagang barang.
(A) Produk jadi diklasifikasikan menurut produk jadi atau tujuan dari sebuah produk jika produk jadi tidak disebutkan dalam sebuah klasifikasi tujuan dan produk maka produk jadi dikaitkan dengan analogi produk jadi yang sebanding dengannya.
(B) Produk jadi yang memiliki fungsi serbaguna misalnya radio yang dapat berfungsi sebagai jam dimana produk jadi tersebut dapat diklasifikasikan dalam banyak produk jadi lainnya.
(C) Bahan baku, bahan setengah mentah atau bahan jadi pada dasarnya diklasifikasikan dengan bahan penyusunya atau komposisinya.
(D) Barang yang dimaksud untuk membentuk klasifikasi produk lain dimana barang yang dimaksud termasuk barang dengan kelas yang sama seperti produknya yang hanya dalam kasus produk kelas yang sama tidak dapat diproduksi barang yang lain.
(E) Jika suatu produk dibuat dengan bahan yang sejenis atau bahan dengan campuran bahan lain maka produk ini termasuk produk dengan kelas barang yang dominan.
(F) Pembungkus produk khusus diklasifikasikan dalam produk barang dengan kelas yang sama dengan produksinya.
2. Berdasarkan merek dagang jasa.
(A) Jasa prisipnya diklasifikasikan sesuai dengan jasa yang ditentukan dalam pos kelas jasa.
(B) Jasa rental biasanya diklasifikasikan dalam layanan yang sama dengan jasa obyek sewa.
(C) Layanan yang memberikan kelas informasi atau intelektual biasanya disamakan atau diklasifikasikan dengan layanan kelas informasi, sara atau konsultasi transportasi pada (kelas 39), konsultasi bisnis manajemen (kelas 35) dan masih banyak lagi.
(D) Pelayanan yang diberikan dalam kelas waralaba biasanya memiliki layanan tertentu dimana juga mengikuti kelas waralaba.

Kelas Merek

Petunjuk tersebut memberikan banyak pengarahan mengenai klasifikasi barang dan jasa sebagaimana sudah ditetapkan dan diatur dalam perundang-undangan. Hal itu memang penting dan harus kita ketahui sebelum kita mendaftarkan perusahaan atau usaha kita kepada pihak konsultan HKI kami. Maka dari itu anda juga harus tahu ada 34 kelas pada barang dan 9 kelas untuk jasa, dimana kelas tersebut dapat dijadikan satu dengan jumlah total 45 kelas. Kelas-kelas tersebut berfungsi untuk membedakan klasifikasi dan fungsi dari setiap barang yang nantinya akan disahkan oleh pihak HKI.

Maka dari itu perlu sekali mengetahui kelas-kelas tersebut. kelas tersebut terdiri mulai makanan, bahan bangunan, kimia, alat-alat dan jasa serta masih banyak lagi yang sudah diklasifikasikan sendiri-sendiri. Itulah artikel mengenai petunjuk kelas merek dagang, semoga dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

    Chat WA