Kenapa Harus Melakukan Pendaftaran Merek Dagang Di Dalam Bisnis

Kenapa Harus Melakukan Pendaftaran Merek Dagang di dalam menjalankan suatu bisnis baru baik kecil maupun bisnis besar? Hal tersebut memang sangat penting untuk dilakukan karena mendaftarkan merk dagang dari suatu produk adalah suatu hal yang wajib dan juga jika tidak didaftarkan maka akan dianggap illegal oleh Negara. Merk sendiri merupakan salah satu tanda, gambar, tulisan dan juga kombinasi lainnya yang memang menjadi ciri khas dan juga pembeda dari suatu produk. Selain itu dengan adanya pendaftaran merk maka nantinya konsumen akan lebih mudah di dalam menyebutkan nama dari produk tersebut dan juga bagi produsen itu sendiri tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri serta memiliki izin untuk memasarkan produknya sehingga bisa dianggap legal untuk dipasarkan. Selain itu juga agar nantinya tidak mengalami masalah pada hari ke depannya tentang masalah perizinan produk yang dipasarkan karena sudah memiliki izin dengan mendaftarkan merk dari produk tersebut.

Kenapa Harus Melakukan Pendaftaran Merek Dagang

Kenapa harus melakukan pendaftaran merek dagang di dalam bisnis selain untuk mendapatkan izin?

Hal tersebut karena pendaftaran merk juga sangat penting karena sudah tertuang di dalam Undang – Undang Nomor 15 tahun 2001 tentang merk barang dan jasa sehingga harus dipatuhi. Dan di dalam mendaftarkan merk dagang sendiri juga harus melalui beberapa tahap dan juga memiliki beberapa syarat. Adapun beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendaftarkan merk dagang sendiri adalah merk harus orisinil dan tidak menjiplak dari merk produk lain tanpa izin, tidak bertentangan dengan ketertiban umum, mengajukan permohonan, contoh etiket, akta pendirian perusahaan, memiliki surat pernyataan bahwa merk tersebut adalah milik pendaftar merk tersebut. Selain itu terdapat tata cara pendaftaran merk tersebut. Adapun tata cara pendaftaran adalah yang pertama mengajukan permohonan ke Dirjen Haki, kemudian memastikan merk yang dipunyai orisinil, pendaftar pertama dianggap sebagai pemilik merk, memiliki sistem konstitutif dan juga meek tersebut terdaftar selama 10 tahun. Jenis dari merk sendiri juga bermacam – macam dan memang sebaiknya diketahui, adapun beberapa jenis merk adalah merk dagang, merk kolektif dan juga merk jasa.

Kenapa Harus Melakukan Pendaftaran Merek Dagang Di Dalam Bisnis

Jadi mendaftarkan merk dagang merupakan suatu hal yang sangat penting karena dengan mendaftarkan merk dagang tersebut merupakan sebuah kewajiban dari pemilik perusahaan yang memiliki merk produk itu sendiri. Selain itu kenapa harus melakukan pendaftaran merek dagang, hal tersebut karena mendaftaran merk dagang sudah tertuang di Undang – Undang dan menjadi memiliki kekuatan dan juga perlindungan hukum sehingga harus dipatuhi, jika tidak dipatuhi maka terdapat sanksi hukumnya. Selain itu juga untuk legalitas karena jika tidak diaftarkan maka nantinya produk tersebut bisa dianggap illegal dan akan mendapatkan sanksi hukumnya. Sehingga jika anda memiliki produk dan ingin dipasarkan serta bermerk, maka sebaiknya didaftarkan agar tidak mengalami masalah ke depannya.

    Chat WA