Logo Hak Merek

Logo Hak Merek Dapat Memperoleh Perlindungan Hukum Karena Merupakan Hak Kekayaan Intelektual. Pemilik Logo Dan Merek Bisa Memiliki Hak Kepemilikan atas logo dan merek tersebut sehingga tidak ditiru atau digunakan oleh pihak lain. Penggunaan logo atau merek oleh pihak selain pemegang hak dapat dikenai sanksi hukum. Salah satu produk hukum yang melindungi pemilik merek dagang dari segala bentuk tindakan yang merugikan mereka adalah Uundang – undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2001.

Logo Hak Merek

Pelaku industri atau kegiatan ekonomi yang telah memiliki merek dagang ataupun logo akan memperoleh perlindungan di bawah payung hukum dari tindak pembajakan ataupun pemalsuan merek jika merek atau logo yang dimiliki telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual. Pemilik logo hak merek mendapatkan perlindungan hukum karena pemilik logo dan merek bisa saja dirugikan oleh praktek pihak yang ingin mencari keuntungan dengan cara memalsukan merek atau logo. Logo ataupun merek merupakan representasi dari lembaga atau pribadi yang memilikinya.
Keterlibatan logo dan merek di kegiatan ekonomi akan berkaitan langsung dengan citra lembaga atau pribadi pemiliknya dan juga tingkat kepercayaan konsumen pada mereka. Produk palsu bisa merugikan secara langsung karena mengurangi pendapatan pemilik merek yang asli. Selain itu juga berpeluang merusak citra merek jika ternyata produk palsu yang diedarkan memiliki kualitas yang lebih buruk dari produk asli. Tanggung jawab untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas juga menjadi semakin besar bagi pelaku usaha yang telah memiliki merek ataupun logo.

Logo Hak Merek perusahaan

Logo hak merek mendapat perlindungan dari negara

sebagai bentuk tanggung jawab negara untuk melindungi hak – hak warga negaranya. Pemilik logo ataupun merek dapat memperoleh keuntungan dari kepemilikan atas logo ataupun merek di berbagai kegiatan ekonomi. Logo atau merek sebagai identitas bisa menjadi bagian penting dari kegiatan promosi untuk menjaring konsumen dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Karena alasan itulah; kepemilikan sekaligus hak mendapat perlindungan atas logo dan merek menjadi penting bagi pelaku kegiatan ekonomi.
Ditjen HAKI mendorong para pelaku ekonomi untuk membuat dan mendaftarkan logo hak merek yang dimiliki sebagai bagian dari mendorong kegiatan dan aktivitas komersial yang dilakukan. Logo dan merek merupakan salah satu bentuk kekayaan intelektual yang dapat dilibatkan dalam berbagai aktivitas komersial untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Meski terkadang dianggap sepele; keterlibatan merek ataupun logo dalam kegiatan ekonomi dengan skala apapun sebenarnya sangatlah penting. Kebutuhan akan identitas produk ataupun lembaga pelaku usaha menjadi salah satu hal terpenting dari perlunya keterlibatan merek dan logo dalam sebuah bisnis.

claim Logo Hak Merek

Prosedur yang terbilang tidak rumit dapat menjadi salah satu alasan untuk mendorong para pelaku usaha agar memiliki dan mendaftarkan merek atau logo perusahaan sebagai klaim atas identitas dari bisnis yang dijalani. Merek bisa menjadi bagian terpenting dalam membentuk psikologi pasar dan menjaring pelanggan. Sedangkan logo bisa menjadi bagian terpenting untuk menunjukkan identitas sebuah lembaga bisnis ataupun pelaku bisnis tertentu.
Memahami manfaat dari kepemilikan logo ataupun merek patut menjadi pengetahuan yang penting bagi pelaku kegiatan ekonomi. Salah satu hal penting dari kepemilikan logo hak paten merek adalah kesempatan membangun persepsi dari pasar atau konsumen. Persepsi atas pencitraan yang berhasil dari sebuah merek akan menimbulkan kesetiaan atau loyalitas dari konsumen. Tingkat kepercayaan pasar atau calon konsumen juga bisa diperoleh dengan cara membangun persepsi atas citra positif sebuah merek. Hal tersebut akan sangat membantu pemasaran produk baru yang sebelumnya tidak dikenal oleh konsumen.

Logo Hak Merek terpercaya

Tingkat kepercayaan tinggi pada sebuah merek akan membuat calon konsumen menjadi tidak ragu untuk membeli dan menggunakan produk baru. Aspek psikologis tersebut menjadi sangat penting dalam praktek pemasaran. Manfaat lain dari kepemilikan logo hak merek adalah untuk mengurangi kemungkinan perbandingan harga dari pelanggan. Konsumen yang telah setia sebagai pelanggan secara psikologis tidak akan tertarik mencoba produk lain yang serupa ataupun membandingkan harga karena telah terbangun tingkat kepercayaannya.
Loyalitas konsumen menjadi hal penting dalam semua jenis usaha; karena menyediakan segmen dan serapan produk di pasar yang tetap. Penggunaan merek dan logo ternyata juga memberi manfaat bagi konsumen; salah satunya adalah memudahkan mengenali identitas sebuah produk. Identitas yang jelas akan mengaitkan ingatan konsumen pada pengalaman menggunakan produk tersebut. Ingatan yang membawa citra positif berupa kualitas baik dan kepuasan akan mendorong konsumen kembali mencari identitas produk tersebut ketika berbelanja.
Perlindungan logo dan merek dari pemalsuan secara tidak langsung juga akan melindungi konsumen dari tindak penipuan dengan modus pemalsuan. Hal lain yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen adalah konsistensi dari kualitas produk karena pemilik merek dipastikan ingin mempertahankan citra dan meningkatkan kualitas demi mempertahankan pelanggan. Aspek ingatan konsumen dan identitas produk berdasar merek atau logo juga dapat memudahkan konsumen menemukan produk tersebut di pasar.

    Chat WA