Logo Termasuk Paten Atau Merek

Logo Termasuk Paten Atau Merek ? Tidak Sedikit Pelaku Usaha Yang Masih Merasa Tidak Yakin.  Padahal Sudah Sering Dibahas Bahwa Pendaftaran Paten Dan Merek Adalah hal berbeda. Istilah paten digunakan untuk temuan yang berhubungan dengan teknologi, baik itu mesin atau teknisnya. Sedangkan untuk merek atau dikenal dengan istilah brand name secara hukum dikenal dengan istilah pendaftaran merek. Namun, dalam hal kedudukan dalam undang-undang keduanya sama-sama masuk ke dalam hak kekayaan intelektual.

pengecekan merek online

Lalu, bagaimana dengan logo? Apakah termasuk ke dalam hak merek? Dalam pembagiannya, logo bisa dikategorikan ke dalam hak cipta. Hak cipta juga termasuk ke dalam bagin merek. Artinya, dalam pendaftaran merek sendiri logo sudah termasuk ke dalam identifikasinya. Hanya saja, jika pendaftaran logo ini digunakan untuk sebuah perusahaan atau badan hukum maka termasuk ke dalam kategori hak cipta. Dalam setiap kegiatan pendaftarannya, perlu dilakukan penelusuran. Apakah itu penelusuran merek atau logo. Tergantung pada pendaftaran yang dilakukan. Penelurusan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang paling mudah adalah pengecekan atau penelusuran dengan cara online.

Penelusuran untuk merek yang sedang didaftarkan bisa dengan mengunjungi situs Ditjen HKI di dgi.go.id. Sedangkan untuk penelusuran atau pengecekan merek bisa langsung mengunjungi database terlengka merek di dunia, yaiu WIPO.int. Situs ini bisa menjadi referensi Anda untuk bisa membuat brand nama atau merek dagang yang kreatif, inovatif, dan uptodate. Bahkan, Anda bisa mempelajari seperti apa nama merek yang mudah disetujui oleh pihak Ditjen HKI.

logo termasuk paten atau merek

Kembali kepada persoalan apakah logo termasuk paten atau merek

maka jawabannya adalah merek. Karena, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yang termasuk ke dalam hak paten adalah temuan yang berhubungan dengan teknologi. Temuan teknologi disini merupakan suatu pemecahan masalah dari teknologi sebelumnya. Namun, temuan ini masih tetap dalam industri kreatif yang berbasi teknologi terkini, misalnya software atau game. Merek sendiri hampir sama dengan paten, yang membedakannya adalah cakupan atau ruang lingkup merek lebih luas.

Jika paten hanya mencakup teknologi, berbeda dengan merek yang ruang lingkupnya lebih luas, mulai dari nama, simbol, tanda, huruf, susunan kata, susunan angka dan huruf, hingga pelafalan. Jadi, sebagai penegasan dari penjelasan sebelumnya bahwa logo termasuk ke dalam hak merek. Untuk bisa melakukan pengecekan merek online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah sumber database yang digunakan. Kebanyakan orang saat ini melakukan pengecekkan secara sembarangan.

penelusuran merek

Padahal sudah jelas, pengecekkan ini penting dilakukan terutama jika Anda sedang dalam proses pengajuan pendaftaran. Mengingat, proses permohonan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus terus dipantau perkembangannya melalui portal resmi Ditjen HKI sebagai pihak berwenang. Disitus tersebut, Anda tidak hanya bisa mendapatkan informasi seputar ppendaftaran. Informasi mengenai perkembangan nama merek yang ada di dunia juga bisa Anda temukan.

Untuk bisa melakukan penelusuran merek terdaftar silahkan email konsultan ki terdaftar kami, Anda bisa langsung mengklik fitur penelusuran database yang ada. Diportal itu sendiri, terdapat beberapa fitur database, seerti database brand Asean, Desain Asean, WIPO database, Desain Database WIPO, dan lain sebagainya. Anda bisa menyesuaikan, cakuan merek yang terdaftar dimana yang akan digunakan. Sebagai tambahan informasi, WIPO sudah dikenal oleh masyarakat dunia sebagai situs yang memuat database merek secara lengkap dan uptodate didunia.

Sehingga tidak jarang WIPO ini sebagai acuan orang menelusuri merek-merek yang terdaftar saat ini. Tidak hanya nama-nama merek saja yang tersedia pada databae WIPO, desain logo yang ada diseluruh dunia pun WIPO sajikan secara lengkap berikut tampilan visualnya. Bagi Anda yang ingin secara langsung melakukan penelusuran di WIPO. Penelusuran bisa dilakukan dengan mengetikkan nama merek, atau dengan memasukkan fotoimage dari merek yang ingin Anda ketahui.

Jika Anda ingin menyortir penelusuran berdasarkan regional, status, atau gambar, bisa juga diatur pada lamannya secara langsung. Tampilan website yang sederhana dan user friendly membuat WIPO tidak pernah sepi pengunjung disetiap harinya. Itulah penjelasan mengenai pembahasan logo termasuk paten atau merek hingga penelusuran atau pengecekkan merek yang daat disampaikan, semoga bermanfaat!

    Chat WA