Makalah Pengertian Hak Merek – Merek Merupakan Alat

Makalah pengertian hak merek – Merek merupakan alat untuk dapat membedakan suatu barang maupun jasa yang telah diproduksi sebuah perusahaan dengan sebuah barang ataupun jasa yang telah diproduksi perusahaan lainnya. Berdasarkan Molengraaf sendiri, merek yaitu dipribadikannya suatu produk tertentu dengan sebuah nama yang menunjukkan asal dari barang tersebut beserta jaminan kualitasnya, dengan begitu dapat dibandingkan oleh barang-barang lainnya yang sejenis dan dibuat serta diperdagangkan orang maupun perusahaan lain.

Pengertian Hak Merek dan Beberapa Jenis Merek
Berdasarkan makalah pengertian hak merek, hak ini diidefinisikan sebagai hak eksklusif dari negara kepada para pemegang atau pemilik merek tertentu yang sudah terdaftar pada daftar umum brand atau merek dengan jangka waktu yang telah ditentukan dengan memakai merek tersebut sendiri ataupun dengan memberikan izin untuk pihak lain agar dapat memakainya.
Merek itu sendiri dikategorikan berdasarkan 3 jenis, diantaranya :
• Merek Kolektif
Yaitu merek yang digunakan kepada suatu barang maupun jasa yang memiliki karakter sama yang telah diperdagangkan beberapa orang maupun badan hukum tertentu dengan bersama-sama agar membedakan dengan produk barang maupun jasa yang sejenis.
• Merek Dagang
Yaitu merek yang digunakan untuk barang yang telah diperdagangkan seseorang maupun beberapa orang atau badan hukum tertentu untuk dapat membedakannya dengan produk barang sejenis.
• Merek Jasa
Yaitu merek yang digunakan untuk jasa yang telah diperdagangkan seseorang, beberapa orang maupun badan hukum tertentu untuk dapat membedakannya bersama jasa sejenis.

makalah pengertian hak merek
Perlindungan Hak Merek
Perlindungan hak merek didapatkan sesudah dilakukan pendaftaran terhadap merek produk tersebut. Dimana merek yang telah didaftarkan dinamakan juga merek terdaftar dan sering disimbolkan menggunakan tanda ® atau registered sesudah merek maupun tanda dari ™ sesudah merek. Adapun tujuan perlindungan dari hak merek ini ditujukan untuk dapat melindungi kepemilikan terhadap merek, goodwill, dan investasi pada suatu merek, serta untuk dapat melindungi konsumen terhadap kebingungan yang berkaitan tentang asal usul produk barang maupun jasa tersebut. Biasanya perlindungan hak merek tersebut dilakukan lewat pendaftaran merek.
3 Justifikasi Perlindungan Terhadap Hak Merek
Berdasarkan Bently dan Sherman, terdapat 3 justifikasi perlindungan terhadap hak merek diantaranya :
• Kreativitas
Usaha untuk dapat membenarkan perlindungan terhadap merek melalui argumentasi kreativitas yaitu merupakan sesuatu yang lemah, dimana sebagian disebabkan ketika hubungan antara suatu barang dengan sebuah merek dikembangkan pedagang, tetapi peran yang memiliki besaran yang sama justru diciptakan masyarakat dan konsumen. Dalam hal ini, Sherman dan Bently memandang, dimana argumentasi paling meyakinkan terkait hal tersebut adalah tentang pendapat yang memandang merek sebagai investasi atau imbalan.
• Informasi
Merupakan justifikasi yang utama dalam perlindungan merek, sebab merek dipakai untuk kepentingan umum, dengan begitu meningkatkan berbagai pasokan informasi untuk konsumen. Selain itu juga meningkatkan nilai efisiensi pasar. Brand atau merek adalah cara singkat berbentuk komunikasi informasi secara langsung pada pembeli yang dilakukan untuk membuat pilihan saat berbelanja.
• Etis
Argumentasi etis merupakan hal yang utama dalam perlindungan merek yang berdasarkan pada ide atau gagasan tentang fairness dan keadilan. Dengan mengadopsi atau mengambil merek dari orang lain, tentunya seseorang dianggap sudah mengambil keuntungan terhadap nama baik atau merek yang dihasilkan pemilik aslinya.
Dalam makalah pengertian hak merek ini, tentu sangat penting bagi seseorang pemilik merek atau produk tertentu untuk benar-benar memahami hak merek.

    Chat WA