Membangun Merek Yang Kuat

Membangun Merek Yang Kuat Termasuk Salah Satu Langkah Penting Yang Wajib Dilakukan Oleh Para Pemilik Suatu Barang Atau Jasa. Hanya Mengandalkan Kualitas Produk saja saat ini sepertinya masih belum cukup untuk memenangkan hati konsumen. Merek yang terdaftar di dirjen haki merupakan nama, simbol, istilah, dan desain yang digabung menjadi satu untuk membantu konsumen mengenali sebuah produk, perusahaan, layanan, instansi, dan yang lainnya untuk membedakan diri dengan produk atau jasa yang lain. Saat ini, para pengusaha wajib untuk membangun sebuah merek yang kuat.

Membangun merek yang kuat

Tujuan utamanya tentu saja adalah agar penjualannya memiliki perbedaan dibandingkan produk lainnya. Sebuah merek terkenal saat ini dapat menjual barang mereka dengan harga yang mahal. Harga mahal dari merek yang sudah terkenal biasanya menandakan bahwa barang tersebut berkualitas bagus. Merek atau brand pada dasarnya sangat penting untuk semua jenis usaha mulai dari usaha kecil menengah hingga perusahaan besar. Para pengusaha pun telah mempertaruhkan semuanya demi sebuah merek dan berusaha melakukan strategi promosi merek sebaik-baiknya dengan segala kemampuan dan tenaga mereka. Selain itu merek juga bermanfaat sebagai sarana untuk memudahkan proses pelacakan sebuah produk bagi tiap perusahaan supaya konsumen mampu mencirikan produk yang mereka tawarkan sehingga memberikan perbedaan.

Pada umumnya konsumen cenderung lebih memilih merek yang terkenal dibandingkan yang kurang terkenal. Hal ini kadang menjadikan suatu produk harganya lebih mahal dibandingkan para pesaingnya. Alhasil para pebisnis berusaha untuk membangun merek yang kuat demi mendapatkan keuntungan yang maksimal. Apalagi merek yang sudah kuat dapat membantu meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen dan sebagai asset jangka panjang. Di mata masyarakat, merek terkenal identik dengan kualitas yang bagus sehingga mereka rela membayar lebih mahal agar dapat memperoleh produk tersebut. Saat ini merek telah dilindungi oleh Undang Undang merek yang memberi hak eksklusif bagi perusahaan. Ini berarti tidak boleh ada yang menggunakan nama merek yang telah dipatenkan. Adanya undang undang ini dapat mencegah pihak lain memasarkan produk yang mirip atau identik dengan merek dari suatu perusahaan yang menggunakan merek sama.

Dirjen HAKI

Sebelum mengulas lebih jauh tentang cara membangun merek yang sangat kuat, Anda perlu mengetahui bahwa merek memberikan manfaat untuk konsumen sebagai pengguna produk dan pengusaha selaku pemilik produk. Bagi konsumen, merek bermanfaat untuk menceritakan sesuatu pada pembeli mengenai kualitas suatu produk. Merek dapat menarik minat pembeli terhadap produk baru yang mungkin dapat bermanfaat bagi mereka. Adanya merek membuat kualitas suatu produk lebih konsisten dan terjamin. Merek mampu meningkatkan efisiensi pembeli karena menyediakan informasi mengenai produk dan mengetahui di mana mereka dapat membeli produk tersebut.

Sementara itu bagi perusahaan merek bermanfaat untuk memudahkan penjual mengolah pesanan dan menelusuri berbagai persoalan yang muncul. Merek mampu memberi perlindungan hukum untuk keistimewaan yang dimiliki oleh sebuah produk. Merek dapat membantu pengusaha untuk melakukan segmentasi pasar. Merek akan meningkatkan inovasi produk baru karena produsen menjadi terdorong untuk menciptakan keunikan baru untuk mencegah imitasi produk oleh pesaing. Setelah Anda mendaftarkan merek produk di dirjen haki kemenkumham,

Anda tentu perlu mengetahui strategi untuk membangun merek yang kuat.

membangun merek yang sangat kuat

Pada dasarnya cara membangun sebuah merek yang kuat tidak jauh berbeda dibandingkan saat Anda membangun sebuah rumah. Untuk mendapatkan bangunan yang kokoh dan berkualitas, Anda memerlukan pondasi yang kuat. Demikian pula dengan cara membangun dan mengembangkan sebuah merek. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika membangun sebuah merek adalah memastikan positioning yang tepat. Sebuah merek bisa dipositioningkan dengan dengan beberapa cara contohnya dengan menempatkan posisinya secara spesifik di benak para konsumen.

Membangun positioning berarti menempatkan seluruh aspek mulai dari brand value secara konsisten agar dapat menjadi nomor satu di hati konsumen. Sebenarnya tujuan utama dari positioning adalah menjadi nomor satu. Menjadi nomor satu di hati pelanggan tidak berarti menjadi nomor satu untuk seluruh aspek. Keberhasilan dari positioning yaitu tidak hanya sekedar menemukan ekspresi atau kata kunci dari core benefit sebuah merek namun lebih jauh lagi menjembati harapan dan keinginan para pelanggan sehingga mampu memuaskan mereka. Jadi positioning dapat berubah setiap saat.

Semakin tepat sebuah merek mendapat positioning di hati pelanggan, maka merek tersebut dapat semakin kompetitif. Dalam cara membangun merek yang kuat, Anda perlu mengetahui brand value untuk mengelola hal tersebut. Ibarat sebuah pakaian, positioning merupakan kesesuaian ukuran bagi para pemakainya. Sementara itu brand value merupakan keindahan warna dan model pakaian tersebut. Dengan kata lain brand value inilah yang membentuk brand personality. Jika dibandingkan dengan brand positioning, brand value lebih cepat berubah karena mencerminkan bagaimana gejolak perubahan minat atau selera konsumen. Selain itu, masih ada beberapa hal lainnya yang dapat dipertimbangkan untuk membangun brand yang kuat.

dirjen haki kemenkumham

Kedua, Anda harus mempunyai konsep yang tepat. Sebuah konsep yang baik mampu mengkomunikasikan seluruh elemen dari nilai merek yang tepat sehingga image dari merek dapat ditingkatkan secara berkesinambungan. Memiliki konsep yang tepat merupakan tahap akhir untuk mengkomunikasikan sebuah brand value dan brand positioning yang tepat. Pengembangan konsep adalah proses kreatif karena berbeda dibandingkan positioning. Konsep ini mungkin berubah terus menerus sesuai daur hidup produk itu sendiri. Konsep yang baik mampu mengkomunikasikan seluruh elemen brand. Ketiga, Anda perlu menentukan nama merek, desain yang menarik dan makna merek tersebut sesuai dengan target pasar.

Kemudian daftarkan ke dirjen hki pendaftaran merek. Jangan lupa untuk membuat logo yang sesuai karakter produk Anda. Keempat, lakukan inovasi terhadap produk agar merek Anda dapat bertahan lama misalnya dengan membuat produk baru dan varian baru. Anda perlu menjadi ahli di bidang produk yang ditawarkan. Ketahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Perlu diingat bahwa merek yang kuat tidak dibangun hanya dari promosi melainkan diiringi dengan kualitas. Produk yang berkualitas mampu membangun image positif. Promosi juga perlu dilakukan secara terus menerus agar merek yang telah terdaftar di dirjen haki merek cepat dikenal masyarakat sekaligus meningkatkan brand awareness. Media yang banyak digunakan saat ini adalah media sosial. Ini menjadi media yang cocok untuk para pebisnis pemula untuk promosi.

    Chat WA