Menciptakan Nama Brand Clothing Yang Belum Ada

Menciptakan Nama Brand Clothing Yang Belum Ada tidak Sesederhana Yang Disangka Kebanyakan Orang Karena Ada Banyak Hal Yang Perlu Dilakukan Seperti brainstorming mencari ide, mengecek apakah nama yang diciptakan sudah dipakai orang lain, mematenkan nama tersebut, dan terakhir memasarkan nama tersebut. Jika saat ini Anda sedang berusaha merintis usaha clothing line, tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda dalam menciptakan nama untuk brand clothing yang belum ada.

Menciptakan Nama Brand Clothing Yang Belum Ada

Sudah menjadi peraturan tidak tertulis bahwa tidak boleh ada dua badan usaha dengan nama yang sama. Logika saja bagaimana orang-orang mau menjadi customer kalau dari awal saja mereka bingung mana badan usaha yang mereka cari. Usaha clothing line merupakan salah satu usaha yang paling banyak diminati orang.

Untuk bisa bersaing dengan usahawan lain,

Anda harus menciptakan nama brand clothing yang belum ada sekaligus unik dan mudah diingat orang.

Sehingga masyarakat mudah mengenali produk-produk Anda. Berikut cara-caranya:

Buatlah daftar nama-nama potensial

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat daftar nama-nama yang berpotensi menjadi nama brand clothing. Darimana nama-nama tersebut berasal? Bisa dari tujuan usaha Anda. Misalkan nama clothing line Batik Cemerlang karena Anda ingin melestarikan kain tradisional Indonesia tersebut.

Target konsumen pun bisa menjadi ide nama potensial. Contohnya jika target konsumen Anda adalah orang-orang kalangan kelas atas, maka Anda bisa memilih nama brand dari kata-kata yang mencerminkan gaya hidupmereka seperti “lux”, “elegan”, “posh”, “royal” dan masih banyak lagi lainnya.

Anda juga bisa membuat nama brand dari kualitas yang ada pada produk Anda, sehingga masyarakat tahu bagaimana produk-produk yang Anda miliki. Contohnya Anda ingin menonjolkan kualitas baju Anda yang berbahan halus, kata “sutra”, atau kata dalam bahasa Inggris seperti “silky”, “velvet” mungkin bisa menjadi inspirasi membuat nama brand clothing.

Menciptakan Nama Brand Clothing

Nama Anda sendiri atau julukan yang Anda miliki juga bisa menjadi nama unik brand clothing. Seperti nama brand “Luna Habit” yang dimiliki selebriti Luna Maya, atau “Meccanism” yang dimiliki oleh selebriti Sazkia Mecca.

Jika Anda merasa memiliki daya kreativitas yang tinggi, cobalah menciptakan nama brand clothing yang tidak ada di kamus mana pun. Contohnya saja brand clothing besar seperti Zalora dan Mezzora yang menggunakan nama yang tidak berasal dari bahasa yang kita kenal namun tetap mudah diingat dan dilafalkan oleh orang-orang. Itulah sebabnya nama brand ini tetap populer di tengah masyarakat meskipun terdengar asing di telinga.

Kata-kata yang sedikit nyeleneh pun bisa menjadi pilihan. Asalkan kata-kata tersebut tidak bermakna negative atau menyinggung pihak-pihak tertentu, maka sah-sah saja jika Anda menggunakan kata-kata yang nyeleneh. Bahkan yang nyeleneh itu terkadang lebih gampang tertanam di ingatan daripada kata-kata baku.

Dalam menyusun daftar nama-nama potensial, ada baiknya jika Anda banyak membuka kamus. Dari sekian banyak kosakata yang ada di dalam kamus, pasti ada beberapa kata yang cocok digunakan untuk nama usaha Anda. Buka juga kamus Thesaurus untuk mengetahui kata-kata yang bersinonim. Usahakan buatlah nama yang terdiri dari satu kata saja supaya lebih mudah diingat.

Menciptakan Nama Brand

Evaluasi daftar nama yang dibuat

Dari sekian banyak nama yang sudah Anda kumpulkan, sortir kembali mana nama-nama yang lebih cocok untuk usaha Anda. Sisihkan nama-nama yang panjang yang kira-kira susah diingat dan diucapkan oleh kebanyakan orang. Sisihkan juga nama-nama yang tidak bisa diaplikasikan secara universal misalkan nama-nama yang mengandung kata-kata spesifik yang hanya sebagian orang saja yang memahami. Contoh Anda berencana memberi nama clothing line Anda “Kryptonite” karena Anda penggemar berat komik Superman.

“Kryptonite” memang terdengar dan tampak keren sebagai nama brand clothing line, tapi mungkin sebagian besar orang tidak tahu apa itu Kryptonite, dan sebagian lainnya yang tahu mungkin menganggap bahwa clothing line hanya berupa produk-produk bertema Superman, padahal koleksi baju Anda tidak sama sekali berkaitan dengan komik Superman. Asumsi ini akan membuat mereka kehilangan minat melihat-lihat koleksi clothing line Anda.

Sisihkan juga nama-nama yang generik dan klise. Meskipun Anda berhasil menciptakan nama brand clothing yang belum ada, namun jika nama tersebut memiliki kesamaan style dengan produk-produk sejenis lainnya, maka usaha clothing line Anda tidak akan bisa menonjol dan dikenali di pasaran.Itulah gambaran singkat bagaimana alur pembuatan nama brand. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menciptakan nama sebuah brand clothing yang belum ada di pasaran.

    Chat WA