Mengapa Merek Terkenal Perlu Dilindungi

Mengapa Merek Terkenal Perlu Dilindungi Juga, Terutama Secara Hukum Dari Badan Haki? Padahal Sudah Banyak Sekali Masyarakat Yang Mengenal. Terlebih lagi jika sebuah perusahaan tergolong besar, brand produk terkenal, dan bahkan berhasil menembus pasar global. Ini sudah jelas sekali jika perusahaan mampu melakukan kegiatan ekspor hingga keluar negeri maka mereknya tergolong populer atau terkenal.

mengapa merek terkenal perlu dilindungi

Secara otomatis pendapatan atau profit yang didapatkan semakin berkembang. Sangat mustahil sekali apabila ada pihak lain yang melakukan tindak kejahatan seperti menipu dan meniru produk atau karya cipta dari perusahaan. Ketika semua orang mengetahui nama brand tersebut, lalu mengapa merek terkenal perlu dilindungi undang – undang? Masyarakat sudah pasti tau bagaimana brand palsu dan orisinal. Hal ini tentu saja menjadikan beberapa perusahaan yang sudah mendapatkan nama berlaku santai, terutama terhadap adanya ancaman plagiarisme.

Berbeda dengan usaha-usaha yang sifatnya masih kecil dan menengah atau bisa juga tergolong besar namun namanya masih belum terkenal. Penting bagi perusahaan tersebut untuk mendapatkan perlindungan dengan cara mendaftarkan merek dagang ke Dirjen HAKI Indonesia. Setelah itu meminta pengakuan jika merek tersebut memang terkenal pada badan berwenang.

Meskipun sudah mempunyai banyak konsumen dan dikenal masyarakat tapi ternyata ada beberapa alasan besar mengapa merek terkenal perlu dilindungi. Yang paling utama adalah untuk menghindari kasus sengketa hak milik dari suatu produk tertentu. Terdapat beberapa kasus besar yang dialami oleh perusahaan terkenal di Indonesia, contohnya saja seperti rokok dengan brand Gudang Garam dan Gudang Baru. Memang terlihat berbeda namun nama brand dari kedua perusahaan hampir sama.

mengapa merek perlu dilindungi

Oleh sebab itulah pihak Gudang Garam melakukan sebuah gugatan pembatalan merek terhadap pesaingnya. Terlebih lagi perusahaan tersebut juga telah mengantongi izin resmi serta hak paten dari Dirjen HAKI Indonesia. Jadi merek Gudang Garam telah terdaftar lama di HAKI sejak tahun 2005 silam. Dengan begitu mereka mendapatkan hak dan wewenang khusus, termasuk melakukan gugatan pembatalan merek Gudang Baru.

Selain itu juga adanya bukti jika Gudang Garam termasuk merek terkenal karena berhasil tembus pasar internasional. Produk tersebut sudah diekspor ke beberapa negara seperti jepang, Belanda, Timur Tengah, dan Swiss. Hal tersebut tentu saja membuat pihak mereka lebih unggul karena merek sudah terdaftar resmi di Dirjen HAKI dan menjadi perusahaan dengan merek terkenal. Gugatan untuk Gudang Baru akhirnya berhasil dilakukan. Nah, inilah yang menjadikan alasan penting mengapa merek terkenal perlu dilindungi hukum. Caranya tentu saja dengan melakukan pengajuan pengakuan merek terkenal kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Indonesia.

merek terkenal perlu dilindungi

Sebuah perusahaan mampu menghindari tindakan tidak bertanggungjawab merupakan alasan lain mengapa merek terkenal perlu dilindungi. Contohnya saja seperti kasus plagiarisme produk dagangan. Karena ingin mendapatkan keuntungan lebih maka cukup banyak pengusaha kecil yang melakukan peniruan merek. Meskipun model, bentuk, maupun kualitas barangnya jauh berbeda tetapi hal tersebut memberikan banyak kerugian bagi perusahaan yang bersangkutan.

Selain nama dan citranya menjadi tercoreng, kepercayaan konsumen juga menurun dikarenakan munculnya brand tiruan. Tak sedikit pula masyarakat tertipu membeli produk yang ternyata merupakan barang KW atau palsu. Hal tersebut karena bentuknya yang dibuat hampir menyerupai aslinya sehingga sulit dibedakan. Jika perusahaan terkenal telah mendaftarkan merek dan mendapatkan pengakuan resmi maka dapat mengatasi masalah peniruan dan plagiarisme. Apabila belum maka risikonya sangat besar karena mendapatkan kerugian baik secara moril maupun materiil.

Itulah sebabnya mengapa merek terkenal perlu dilindungi dan diakui reputasinya.

Kemudian untuk mengajukan permohonan merek dagang yang sudah terkenal cukup rumit dibandingkan dengan merek biasa. Alasannya karena Anda harus membuktikan jika perusahaan memang memiliki reputasi besar di mata masyarakat luas karena pemerintah, khususnya Pengadilan Niaga akan mempertimbangkan pendapat mereka. Ada beberapa hal yang dipertimbangkan, antara lain cara perusahaan membangun merek terkenal melalui kegiatan pemasaran seperti promosi, kegiatan ekspor, investasi di beberapa perusahaan atau negara lain, dan sebagainya.

mengapa merek terkenal perlu dilindungi UU

Apabila semua syarat dinilai belum cukup maka biasanya Pengadilan Niaga akan melakukan survei langsung untuk membuktikan apakah merek tersebut memang terkenal atau tidak. Ternyata masih ada kriteria lain agar sebuah merek terkenal mendapatkan pengakuan dan perlindungan khusus. Salah satunya adalah apabila merek perusahaan telah berhasil melakukan kegiatan bisnis seperti pemasaran dan perdagangan secara internasional. Tambahan lainnya adalah adanya bukti jika merek telah didaftarkan di beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor.

Sekarang Anda sudah mengerti mengapa merek yang terkenal perlu dilindungi. Tak hanya agar mendapatkan hak khusus saja seperti mengajukan gugatan dan memproses pelaku penipuan serta peniruan ke jalur hukum. Tetapi juga untuk meningkatkan mutu dan nilai jual produk itu sendiri. Jika ada pesaing muncul dan dinilai merugikan, contohnya nama merek hampir sama, maka perusahaan dengan merek terkenal mempunyai wewenang untuk menegur. Bisa juga melakukan tindakan lanjut seperti melaporkannya secara hukum.

    Chat WA