Mengapa Produk Perlu Diberi Merek

Mengapa Produk Perlu Diberi Merek ? Apakah Anda Pernah Berpikir Kenapa Ada Begitu Banyak Nama-nama Jalan Seperti Jalan Mawar, Jalan Pahlawan, Jalan Soedirman, dan masih banyak lagi lainnya. Pemberian nama jalan yang berbeda satu sama lain dimaksudkan agar membedakan dengan jalan lainnya, mudah diingat, dan tidak membuat orang bingung. Sama halnya dengan jalan, sebuah produk juga perlu diberikan nama atau merek. Anda mungkin bertanya alasan mengapa produk perlu diberi merek.

mengapa produk perlu diberi merek

Hampir semua benda yang ada didunia mempunyai nama contoh sederhananya adalah buah-buahan. Durian adalah nama yang diberikan untuk buah yang berduri dan mempunyai bau yang sangat menyengat. Buah yang kaya air berwarna merah dan ada yang kuning serta mempunyai biji yang hitam kita mengenalnya dengan semangka. Pemberian nama ini tentunya memudahkan kita untuk menyebut dan membedakan sesuatu. Produk yang dikonsumsi dan digunakan sehari-hari seperti sabun, pasta gigi, kopi, garam, gula, perangkat elektronik, kendaraan semuanya mempunyai nama atau dalam bidang ekonomi lazim dikenal dengan sebuatn merek.

Ada begitu banyak macam merek yang ada, dapat dikatakan bahwa manusia hidup dalam lingkaran merek tak berujung karena semua aktivitas manusia selalu bersinggungan langsung dengan produk yang mempunyai merek. Mengapa sebuah produk perlu diberi merek agar produk tersebut mempunyai nama dan tidak tertukar dengan produk yang lain. Namun pemberian merek tidak sesederhana itu, sebuah merek diharapkan mempunyai kekuatan dalam persaingan pasar serta dapat diterima oleh para konsumen. Lebih jauh lagi alasan sebuah produk harus diberi merek adalah sebagai strategi meraup keuntungan, merek yang dikemas dengan rapih dan menarik tentu akan membuat konsumen ingin memiliki produk tersebut.

Alasan-Alasan Mengapa Produk Perlu Diberi Merek

Setelah merek dibuat dengan segala keunggulan serta citra dari sebuah produk langkah selanjutnya adalah diiklankan. Bagaimana anda dapat mengetahui nama orang asing yang duduk disebelah anda? Jawabannya adalah dengan berkenalan. Begitu pula dengan sebuah merek, agar dapat dikenal merek haruslah berkenalan dengan para konsumen dengan jalan mengiklankan diri. Iklan ini disebarkan melalui media massa, elektronik, atau bahkan dengan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut.

Mengapa Produk Perlu Diberi brand

Setelah konsumen mengenal produk tersebut konsumen menjadi mengetahui apa saja kelebihan serta manfaat yang didapat melalui perkenalan lewat iklan tadi. Inilah alasan utama mengapa produk perlu diberi merek. Tanpa merek sebuah produk tidak akan dikenal oleh konsumen, konsumen tidak kenal maka produk tidak dibeli dan perusahaan akan menanggung rugi. Setelah merek dibentuk akan lebih baik jika didaftarkan ke lembaga resmi pemerintah untuk menghindari perusahaan lain memakai merek yang sama. Untuk biaya pendaftaran merek dagang dikenai biaya . Disamping sebagai identitas diri, merek juga berperan melindungi konsumen dan produsen dari para kompetitor yang tidak jujur memproduksi produk dengan tampilan yang identik atau bisa dibilang barang tiruan. Sehingga bisa dikatakan juga bila Anda mendaftarkan merek maka berkontribusi dalam menyelamatkan masyarakat dari membeli barang imitasi, ini menjadi salah satu alasan lain kenapa produk perlu diberi merek.

Pendaftaran merek pada lembaga penjamin kekayaan intelektual juga perlu dilakukan mengingat persaingan yang begitu ketat. Dengan mempunyai merek serta telah terdaftar merek dagang dan memiliki hak cipta kekayaan intelektual maka akan menambah nilai lebih dibanding dengan produk yang tidak terdaftar di lembaga tersebut. Nilai lebih inilah yang kemudian menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih produk yang sudah terdaftar secara resmi.Legalitas sebuah produk semacam inilah yang menjadi pertimbangan mengapa produk perlu merek.

Dengan segala amunisi yang telah disiapkan muali dari merek yang unik, terdaftar secara resmi, promosi yang efektif, mempunyai produk yang inovatif maka sebuah produk akan siap bersaing dengan sesama produk lokal maupun global. Pemberian merek juga harus memasukkan pertimbangan iklim dan kondisi pasar terbaru. Mengingat pentingnya merek maka harus dibuat dengan memperhatikan seluruh aspek yang ada mulai dari pasar, konsumen, daya beli, dan kualitas pesaing. Karena merek dalah seni dan menjadi protagonis dalam pemasaran.Melakukan riset sebelum membuat merek adalah langkah yang sangat bijaksana.

Dengan menganalisis segala peluang maupun ancaman yang ada maka sebuah produk akan mencari formula untuk mengatasi ancaman tersebut. Formula ini yang kemudian dikemas menjadi inovasi baru yang ditawarkan oleh produk tersebut. Merek dengan produk yang berkualitas akan menimbulkan rasa percaya konsumen untuk terus membeli produk tersebut. Kepercayaan merupakan faktor fundamental yang dapat mengembangkan kesetiaan konsumen. Kepuasan konsumen juga dapat dilihat sebagai tolak ukur guna melihat  daya saing  suatu perusahan dengan kompetitornya.  Menjadikan konsumen sebagai raja maka sebuah merek akan memberikan kualitas  prima serta dengan inovasi terbarukan untuk menjaga kepuasan konsumen. Jadi apakah anda masih bertanya mengapa produk perlu diberi merek?

    Chat WA