Merek Yang Dapat Didaftarkan

Merek Yang Dapat Didaftarkan tentunya Memiliki Syarat Dan Cirinya Tersendiri Sehingga Merek Dagang Tersebut Bisa Disahkan Oleh Badan Yang Berwenang. Dalam hal ini badan yang berwenang dalam menangani hal ini adalah Ditjen HKI. HKI yang memiliki kepanjangan hak kekayaan intelektual dalam hal ini juga menangani tentang merek. Namun sebelum Anda mengetahui apa saja syarat atau ciri dari merek yang dapat didaftarkan maka sebelumnya Anda bisa mempelajari terlebih dulu tentang merek secara keseluruhan sehingga dengan demikian saat tiba waktunya Anda hendak membuat sebuah merek maka Anda bisa membuat merek yang sesuai dan baik.

Brand Dapat Didaftarkan

Agar lebih mudah dimengerti maka berikut ini akan dijelaskan artinya merek secara harafiah. Jika Anda melihat pada kemasan barang yang diperjualbelikan atau pun perusahaan yang menawarkan sebuah jasa maka tentunya Anda akan melihat nama dari barang atau perusahaan jasa itu, ketika nantinya merek tersebut telah didaftarkan dengan resmi dan dikenal oleh masyarakat maka kebanyakan orang akan langsung menyebutkan nama merek tersebut bukannya barang atau jasa yang ditawarkan, tentunya dengan adanya merek juga bisa mempermudah pada saat Anda hendak menjelaskan suatu barang atau jasa tertentu kepada orang lain.

Contoh ada sebuah merek roti bernama Lezat, pada saat Anda hendak merekomendasikan roti tersebut dengan adanya merek, maka Anda tinggal menyebutkan saja bahwa roti tersebut bermerek Lezat, jika tidak ada merek yang ada pada roti tersebut maka tentunya akan sulit bagi Anda untuk mendeskripsikan roti tersebut dengan tepat kepada orang lain karena tentunya ada banyak sekali jenis roti yang diperdagangkan dengan bentuk yang hampir mirip dan rasa yang hampir mirip pula. Sehingga dengan demikian bisa dikatakan merek adalah nama atau identitas dari merek atau jasa yang diperjualbelikan. Dengan banyaknya pengusaha maka tentunya akan terjadi suatu saat dimana Anda mungkin memikirkan nama yang sama dengan pengusaha yang lainnya untuk barang atau jasa yang ditawarkan, nah jika Anda tidak segera mendaftarkan merek tersebut dan tidak ada surat tertulis maka sah saja jika orang lain juga ingin menggunakan nama merek tersebut.

Merek yang didaftarkan menjadikan kegiatan perdagangan menjadi semakin mudah

Brand Yang Dapat Didaftarkan

tidak hanya bagi pelanggan yang menggunakan barang atau jasa tersebut, namun juga bagi pengusaha yang memperjualbelikannya. Namun tentunya dalam mendaftarkan merek itu maka Anda harus survei terlebih dulu sebelum menentukan merek apa yang akan Anda gunakan pada barang atau jasa milik Anda tersebut. Karena tentunya jika terdapat kesamaan nama merek yang sudah lebih dulu didaftarkan maka tentunya Anda tidak bisa mengajukan lagi nama merek tersebut.

Logikanya tidak mungkin bisa ada dua nama merek yang sama, karena jika hal itu terjadi maka tentunya akan sulit bagi pelanggan untuk membedakannya. Selain tidak boleh terdapat kesamaan maka ciri-ciri merek atau brand yang dapat didaftarkan lainnya adalah maka ada beberapa penggunaan merek yang bisa Anda gunakan. Pertama, Anda bisa menggunakan gambar sebagai merek Anda contohnya gambar dua buah roti pada merek roti yang ingin Anda gunakan. Sama halnya dengan nama, maka pada saat Anda membuat gambar yang akan Anda gunakan untuk merek Anda, maka tentunya gambar yang digunakan sama sekali tidak boleh sama, harus ada pembeda yang bisa menjadi ciri khas dari gambar merek Anda sehingga dengan demikian pelanggan pun lebih mudah untuk mengenali merek Anda.

Karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa merek merupakan identitas dari barang atau jasa yang diperdagangkan maka dari itu tentunya harus bisa memiliki ciri khas yang bisa membuat pelanggan mengingat merek Anda tersebut. Jika Anda menggunakan kata dalam pembuatan merek Anda maka Anda tidak hanya bisa menggunakan satu kata saja dalam merek Anda tersebut, Anda bisa menggunakan 2 kata atau lebih. Jika Anda ingin dengan penyusunan kata yang tentunya sekali lagi tidak boleh sama dengan merek yang sudah ada. Anda juga bisa memilih font huruf yang berbeda dengan pilihan warna yang berbeda pula. Sebaiknya pada saat Anda memilih sebuah merek maka tidak perlu terlalu rumit karena justru merek yang sederhana namun memiliki poin penting adalah jenis merek yang paling mudah untuk diingat oleh pelanggan yang menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan tersebut.

Merek Dapat Didaftarkan

Apakah merek memang harus didaftarkan? Tentu saja. Ketika Anda sudah mendaftarkan merek tersebut kepada pihak yang berwenang maka hak atas penggunaan merek tersebut telah menjadi milik Anda dan itu berarti hanya Andalah yang memiliki hak untuk menggunakan merek tersebut kepada barang atau jasa yang Anda perdagangkan. Ketika nantinya terjadi kesamaan dengan orang lain yang menggunakan merek yang Anda gunakan tanpa persetujuan dari Anda maka Anda berhak menuntut orang yang telah semena-mena menggunakan merek Anda tersebut.

Si pengguna merek yang tidak meminta izin itu bisa dikenai denda dan hukuman sesuai yang telah ditentukan oleh pihak yang berwenang. Dalam hal ini merek yang dapat didaftarkan memberikan perlindungan kepada merek itu sendiri sehingga lebih sah di depan hukum. Maka dari itu karena begitu pentingnya merek, biasanya dalam memikirkan merek untuk produk atau jasanya, seorang pengusaha harus benar-benar memikirkan apa merek yang tepat untuk digunakan pada produk atau jasanya tersebut. Hanya dari mereknya saja juga bisa memiliki kekuatan untuk membuat produk atau jasa tersebut menjadi laris. Pikirkan dengan baik tentang ciri merek yang dapat didaftarkan ini.

    Chat WA