Nama Unik Untuk Usaha Bakso, Minuman, Kue, Makanan, Fashion, Pisang, Donat, Baju, Coklat, Cake

Nama Unik Untuk Usaha Bakso, Minuman, Kue, Makanan, Fashion, Pisang, Donat, Baju, Coklat, Cake. Nama Unik Untuk Usaha Berperan Sebagai Identitas. Ketertarikan Masyarakat Terhadap Suatu Usaha Biasanya Bermula Dari Namanya. Ketika Nama Usaha Tersebut Unik, mudah dikenali dan diingat, maka masyarakat akan penasaran dan tertarik untuk mencari tahu lebih dalam mengenai usaha tersebut. Itu sebabnya nama unik bisa dibilang sebagai salah satu bagian dari alat promosi. Para pakar entrepreneur juga selalu menyarankan para usahawan yang sedang merintis usahanya untuk memberikan nama yang unik bagi usahanya dimana nama tersebut lain dari usaha-usaha sejenis sehingga masyarakat tertarik dan mudah mengidentifikasi usaha tersebut. Namun ternyata membuat nama unik untuk usaha tidak semudah yang dibayangkan. Banyak usahawan yang kemudian menyerah mencari nama unik karena mereka tidak kunjung mendapatkan ide nama unik. Seperti para pakar katakan bahwa nama usaha berpengaruh besar terhadap kesuksesan suatu usaha, maka Anda jangan putus asa dulu dalam mencari nama unik. Daripada Anda duduk diam menunggu ilham datang, kenapa tidak Anda sendiri yang pro aktif mencari ide melalui sumber-sumber inspirasi berikut ini.

Nama Unik Untuk Usaha toko

Anda tidak perlu jauh-jauh mencari sumber inspirasi nama unik karena sumber inspirasi bisa berasal dari lingkungan kita sehari-hari. Oleh karena itu di sini kita akan mengeksplor apa saja yang

bisa menjadi sumber inspirasi nama unik untuk usaha.

Akronim

Akronim adalah gabungan huruf atau suku kata yang bisa dilafalkan layaknya kata biasa. Contoh akronim adalah Mobnas yang merupakan gabungan suku kata awal dari Mobil Nasional. Para pakar menyarankan untuk menggunakan kata yang singkat sebagai nama usaha agar masyarakat mudah mengenali, mengingat serta mengucapkannya. Kadang-kadang menciptakan nama yang singkat lebih susah daripada menciptakan nama yang panjang. Maka dari itu akronim adalah solusi yang terbaik. Anda masih bisa mengenalkan ke masyarakat tentang kepanjangan nama usaha Anda, tapi Anda tetap mendapatkan nama yang singkat, yang mudah dikenali, diingat serta diucapkan. Tentu saja Anda juga bisa melakukan sebaliknya. Anda mendapatkan satu kata pendek yang Anda sukai, setelah itu baru Anda mencoba membuat kepanjangan dari kata tersebut. Contohnya Anda menyukai kata “Asri”, lalu Anda membuat kepanjangannya menjadi “Asisten Mandiri” untuk usaha Anda yang berupa bimbingan belajar privat.

Nama Unik Untuk Usaha

Ciri-ciri pribadi

Sering kita menemui nama-nama usaha yang berasal dari ciri-ciri fisik para pemiliknya. Misalnya saja “Bakso Pak Kumis” karena pendirinya memiliki kumis yang lebat, atau “Distro Mas Gondrong” karena pendirinya laki-laki muda dengan rambut gondrong. Ide ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan ciri-ciri yang menonjol dari diri Anda.

Julukan

Anda memiliki nama julukan dari teman-teman Anda? Kenapa Anda tidak gunakan saja nama julukan tersebut? Selain julukan tersebut mencerminkan Anda sebagai pendiri usaha, nama julukan tersebut kemungkinan besar tidak dimiliki oleh orang lain. Tapi kalau nama julukan Anda memiliki arti yang negatif secara harfiah, Anda mungkin akan selalu ditanya oleh setiap customer yang datang pada Anda.

Nama Unik Untuk Usaha warung

Kisah pribadi

Sebagian besar orang senang mendengar kisah-kisah di balik kesuksesan orang lain. Membuat nama usaha berdasarkan kisah pribadi tentu membuat orang-orang jadi penasaran ada kisah apa di balik nama tersebut. Alhasil akan ada banyak orang yang datang pada Anda untuk mengetahui kisah di balik nama usaha Anda. Jika mereka menyukai kisah Anda, mereka akan senang hati menyebarkannya ke orang lain lagi. Semakin viral kisah Anda disebarkan, maka akan semakin populer usaha Anda.

Kata-kata hiperbolis

Anda bisa membuat nama usaha dengan menggunakan kata-kata hiperbolis atau melebih-lebihkan. Contohnya “Bakso Granat” dimana bakso tersebut sangat pedas seakan-akan meledak di dalam mulut seperti granat yang bisa meledak. Nama usaha dengan makna hiperbol akan memberikan impak yang cukup besar terhadap minat masyarakat. Tentu saja orang akan penasaran ingin mencoba jika mendengar nama usaha dengan bahasa hiperbol seperti “Oseng-oseng Mercon”, “Seblak Jeletot”, “Kopi Joss”, dan masih banyak lainnya.

Bahasa daerah

Indonesia memiliki aneka ragam bahasa daerah. Bahasa daerah ini bisa menjadi sumber inspirasi nama unik untuk usaha sekaligus juga mengenalkan bahasa daerah tersebut kepada orang lain yang tidak mengenalnya. Jangan mengira badan usaha yang menggunakan nama dari bahasa daerah hanya bisa terkenal di dalam negeri saja karena banyak usahawan yang berhasil mengembangkan usahanya hingga ke manca negara contohnya Martha Tilaar, Batik Danarhadi, dan masih banyak lainnya. Nama usaha dengan bahasa Indonesia saja terdengar unik di telinga orang lain, apalagi nama dari bahasa daerah.

Sembarang kata

Kadang kala kombinasi sembarang kata bisa menjadi nama unik tanpa perlu ada arti di balik kata-kata tersebut. Cobalah kumpulkan kata-kata secara acak dari majalah, surat kabar, atau buku. Lalu kombinasikan kata-kata yang sudah Anda kumpulkan menjadi sebuah nama. Siapa tahu Anda menemukan nama unik dari kombinasi kata tersebut. Sebisa mungkin buatlah kombinasi kata yang masih merepresentasikan usaha Anda

Nama usaha memiliki pengaruh yang besar terhadap kesuksesan dan popularitas suatu usaha. Jika Anda membuat nama yang unik untuk usaha Anda, maka masyarakat mudah mengenali usaha Anda yang kemudian membuat usaha Anda menjadi populer. Sebaliknya jika nama usaha Anda terlalu generik atau umum, masyarakat akan sulit mengenali usaha Anda dari usaha-usaha sejenis. Dengan begitu, peluang usaha Anda menjadi populer akan kecil. Saran terakhir sebelum Anda mematenkan nama usaha Anda, pastikan nama tersebut belum dimiliki oleh orang lain dan pastikan nama itu unik untuk usaha yang Anda buat tidak memiliki definisi yang buruk atau mengandung kata dan konotasi yang bersifat menyinggung pihak-pihak tertentu.

    Chat WA