Pendaftaran Hak Merek

Pendaftaran hak merek merupakan sebuah hal yang harus dilakukan bagi para pemilik usaha yang menghasilkan produk berupa barang atau jasa. Dengan adanya merek maka suatu produk akan lebih terjamin kualitasnya, terhindar dari tindak plagiat atau produk palsu serta membuat konsumen lebih yakin dan percaya dengan produk yang Anda tawarkan. Akan tetapi kini masih banyak pemilik usaha atau bisnis yang belum menyadari betapa pentingnya pendaftaran merek yang sebaiknya dilakukan. Hal ini mungkin disebabkan oleh masih belum jelasnya makna dari hak merek bagi banyak pengusaha sehingga mereka menganggap hak merek merupakan bagian yang kurang begitu penting dalam sebuah produk.

Bagi para pemula sebaiknya segera merencanakan untuk mendaftarkan hak merek demi melindungi produk dan bisnis untuk jangka panjang kedepannya. Sedangkan bagi yang sudah lama membuat usaha namun belum mendaftarkan hak merek maka sebaiknya segera pertimbangkan dan rencanakan pembuatan hak merek. Oleh karena itu agar Anda semakin memahami serta semakin yakin untuk mendaftarkan hak merek maka ketahui terlebih dahulu pengertian hak merek beserta contohnya.

Pendaftaran Hak Merek

Pendaftaran hak merek memang sebaiknya dilakukan oleh setiap pemilik usaha yang menghasilkan produk.

Akan tetapi terlebih dahulu pahami mengenai pengertian hak merek beserta contohnya agar Anda semakin mudah untuk memahaminya. Saat ini pemerintah sangat memberikan dukungan bagi siapa saja yang ingin membuat usaha sendiri dengan menggunakan merek dagangnya sendiri. Pemberian merek tersebut biasanya bisa berupa kata, gambar, huruf, angka dan dilengkapi dengan warna sehingga akan menghasilkan kombinasi serta susunan layout yang menarik dan mudah diingat oleh calon konsumen. Dengan adanya merek inilah maka bisa menjadi pembeda produk Anda dengan produk lainnya yang ada di pasaran.

Selain itu merek juga akan memudahkan masyarakat jika ingin mencari produk Anda. Pengertian merek adalah simbol yang bersifat sebagai pembeda untuk mengindentifikasi produk atau jasa dan bisa diletakkan pada kemasan untuk usaha yang berskala kecil maupun besar. Akan tetapi untuk pengertian hak merek dibagi lagi menjadi 3 jenis merek. Jenis merek tersebut yaitu merek dagang, merek jasa, dan merek kolektif. Merek dagang merupakan merek yang digunakan untuk produk yang berupa barang dan diperdagangkan sehingga menjadi pembeda dengan produk sejenisnya.

Merek jasa merupakan merek yang digunakan untuk sebuah usaha yang bergerakan dalam bidang jasa dan dijalankan oleh badan usaha atau perorangan sehingga akan menjadi pembeda dengan jasa sejenis lainnya. Merek kolektif merupakan merek yang digunakan untuk sebuah produk yang berupa barang atau jasa dengan karakteristik yang sama dengan barang yang diperdagangkan oleh badan hukum secara bersama-sama sehingga bisa menjadi pembeda dengan produk sejenisnya. Dapat disimpulkan jika fungsi merek dalam persaingan usaha dapat membantu para pemilik usaha untuk melindungi produknya dengan memberikan hak merek.

Hal ini sangat penting karena saat ini semakin banyak produk yang sejenis dan hampir mirip sehingga dibutuhkan merek sebagai pembedanya. Oleh karena itu Anda tak perlu ragu untuk melakukan pendaftaran hak merek dagang produk Anda demi kelangsungan bisnis Anda kedepannya.

Pendaftaran Hak Merek Dagang

Dalam dunia usaha, hak merek harus benar-benar dimiliki agar nantinya tidak ada pihak lain yang mengaku sebagai pemilik merek tersebut. Bahkan jika hak merek tersebut telah resmi terdaftar maka merek Anda akan dilindungi secara hukum dan bagi pihak yang melakukan plagiat bisa dikenakan sanksi pidana maupun perdata. Sebuah merek memang menjadi bahan perbincangan yang ramai dalam persaingan usaha. Oleh karena bagi Anda yang memiliki usaha maka jangan ragu untuk segera melakukan pendaftaran brand demi melindungi produk Anda. Perlu Anda ketahui bahwa merek tersebut nantinya akan sangat berfungsi dalam persaingan usaha.

Fungsi tersebut antara lain sebagai pembeda, jaminan reputasi, promosi, serta investasi. Sebagai pembeda, tak dapat dipungkiri dunia usaha memang sangat rawan dengan persaingan sehingga untuk membedakan produk Anda dengan produk sejenisnya maka silahkan membuat merek yang menarik namun juga mewakili usaha Anda. Merek juga akan menjadi jaminan reputasi dimana para konsumen akan melihat mutu produk tersebut dan memberikan penilaian. Selain itu merek juga memberikan jaminan kualitas dari produk yang di pasarkan. Dengan memiliki sebuah merek maka produk yang berupa barang atau jasa akan semakin mudah dipromosikan ke pasaran.

Tentu saja hal ini akan memudahkan calon konsumen mengenali produk Anda, mudah menarik perhatian dan semakin memperluas jaringan pemasaran merek tersebut. Sebuah usaha pasti akan membutuhkan modal agar bisa berjalan dan terus menghasilkan produk. Oleh karena itu untuk menarik minat para investor  dari dalam maupun luar negeri maka merek yang dimiliki oleh sebuah produk akan mengundang minat masyarakat sehingga menjadi lebih cepat terkenal. Kemudian para investor juga akan lebih mudah dalam menganalisa prospek kedepan produk tersebut sehingga akan semakin meyakinkan investor untuk menanam modal.

Contoh konkrit dari penjelasan di atas bisa mengambil salah satu merek mie instan yang sudah terkenal di Indonesia. Bahkan meskipun kini banyak merek mie instan yang bermunculan, namun merek instan yang sudah terkenal tersebut tetap menjadi pilihan masyarakat sehingga akan menarik minat para investor untuk menanam modal. Dengan merek yang sudah familiar di masyarakat maka tak heran jika produk tersebut akan tetap berjaya meskipun banyak pesaing produk sejenis. Itulah penjelasan mengenai mengenal pengertian hak merek beserta contohnya. Penjelasan diatas semoga bisa menambah wawasan Anda dan menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang masih ragu untuk melakukan pendaftaran hak merek agar segera mendaftarkan hak merek produk tersebut demi masa depan, hubungi konsultan kami sekarang.

    Chat WA