Pendaftaran HAKI

Pendaftaran HAKI Merupakan Satu Hal Yang Sangat Penting, Sudah Banyak Sekali Para Pengusaha Indonesia Yang Mengerti Dan Sadar Betul Tentang Hal Ini. Ini merupakan langkah awal untuk membuat usaha menjadi meningkat serta melindungi produk dan jasa dari tindakan plagiarisme, penipuan, dan peniruan. Terlebih lagi apabila Anda tergolong pembisnis pemula yang baru memulai merintis peruntungan. Meskipun tergolong baru, jangan anggap remeh persoalan pendaftaran merek dagang. Cukup banyak juga para pengusaha yang belum mendaftarkan produknya secara resmi.

Pendaftaran HAKI

Alasannya karena baru mulai dan belum memiliki banyak modal. Atau karena belum tau pasti kalau usaha tersebut akan sukses atau malah sebaliknya. Padahal mempunyai hak merek dagang merupakan hal utama yang harus dipikirkan ketika ingin mulai berbisnis. Tak perlu menunggu sampai dagangan Anda laris manis dan mendapatkan keuntungan lebih. Akan sangat berbahaya sekali jika ada orang lain yang terlanjur melakukan peniruan terhadap usaha tersebut. Misalnya saja meniru desain logo, nama brand, atau produk yang Anda hasilkan dengan susah-payah. Dengan adanya HAKI maka seluruh hak dari pengusaha akan terlindungi dan dapat diapresiasi.

Sebenarnya semua jenis usaha bisa melakukan permohonan HAKI, baik yang bersifat online maupun offline. Jika Anda sudah mendirikan suatu usaha dengan brand atau merek sendiri, maka segera daftarkan sebelum didahului pesaing lainnya. Ini merupakan hal yang paling berbahaya dimana ada perusahaan atau orang lain yang terlebih dahulu mendaftarkan merek dagangan. Masalahnya, terkadang ada beberapa merek yang memiliki kesamaan, entah disengaja maupun tidak. Itulah sebabnya mengapa Anda juga wajib memeriksa list merek terdaftar terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran HAKI. Tujuannya adalah agar menghindari penolakan permohonan karena merek dagang Anda dinilai sama dengan perusahaan lain yang telah terdaftar.

Melakukan pendaftaran HAKI merupakan hal yang sangat penting dan tergolong wajib bagi para pembisnis yang memproduksi barang atau jasanya sendiri. Pasalnya dengan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual secara resmi maka Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Sebuah perusahaan atau bisnis yang merek dagangnya telah terdaftar bisa dianggap sempurna. Hal ini dikarenakan usaha tersebut telah memiliki hak penuh atas barang maupun jasa yang dihasilkan.

Terlebih lagi untuk menghadapi persaingan bidang ekonomi yang semakin hari makin berkembang pesat. Munculnya para pesaing baru dengan produk ciptaan lebih inovatif dan kreatif tentunya bisa menjadi ancaman bagi Anda. Dengan adanya brand yang telah terdaftar maka Anda seperti mendapatkan kekuatan penuh, khususnya untuk mendapatkan simpati dan perhatian masyarakat. Pada umumnya, konsumen akan sangat senang dan lebih memilih membeli barang dengan brand atau merek bagus.

Pendaftaran HAKI indonesia

Tentunya yang sudah terdaftar secara resmi dimana kualitas dan keamanannya sudah sangat terjamin. Berbeda sekali dengan merek yang masih belum terkenal dimana mereka akan menganggap kalau produk tersebut tidak jelas dan meragukan. Timbulnya kepercayaan konsumen akan berpengaruh besar terhadap bisnis Anda. Permintaan akan semakin meningkat dan pastinya memberikan keuntungan besar dibandingkan merek dagang yang belum terdaftar. Pengajuan permohonan pendaftaran HAKI merek memang diajukan langsung pada Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual atau Dirjen HAKI. Permohonan tersebut akan dilakukan secara tertulis dan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Anda pun tak perlu khawatir mengenai bagaimana cara menulisnya. Terdapat panduan atau tata cara penulisan yang telah diberikan pihak HAKI kepada para calon pemohonnya. Tak hanya mengatur masalah penulisan kalimat saja melainkan juga peletakan huruf, angka dan simbol, penggunaan bahasa asing, penggunaan warna tulisan, serta jenis kertas. Memang betul apabila proses permohonan hak merek dagang sangat bertele-tele dan membutuhkan banyak sekali persyaratan khusus.

Itulah yang terkadang membuat banyak orang menjadi malas dan enggan melakukan pendaftaran HAKI.

Proses mengurusnya pun juga tak mudah karena Anda harus melalui serangkaian tahapan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Belum lagi mengenai biaya pendaftaran yang tidak murah sehingga harus benar-benar menyisihkan banyak modal.

Pendaftaran HAKI sendiri bisa dilakukan dengan mudah dan lancar apabila Anda mengikuti prosedurnya dengan tepat. Namun, bisa juga menggunakan bantuan dari jasa konsultan jika masih merasa kebingungan mengenai permohonan merek dagang. Ada beberapa langkah atau prosedur yang harus Anda lakukan. Pertama adalah mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang yaitu dengan mengisi formulir yang telah disiapkan. Formulir tersebut berisi berbagai macam informasi mengenai data diri pemohon dan merek yang didaftarkan.

Pendaftaran HAKI form

Bersamaan dengan formulir tersebut juga dilampirkan beberapa berkas atau syarat khusus, antara lain seperti surat kuasa, bukti pembayaran pendaftaran, foto kopi KTP, NPWP, daftar produk, dan sebagainya. Oleh sebab itu Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu apa saja berkas yang dibutuhkan sebelum pendaftaran HAKI. Kemudian langkah kedua adalah tahap pemeriksaan kelengkapan dari persyaratan yang dilakukan pihak Dirjen HAKI. Dalam hal ini Anda akan diberikan tenggang waktu selama dua bulan untuk memenuhi dan melengkapi berkas atau syarat tersebut. Apabila sekiranya telah lengkap secara keseluruhan maka proses akan kembali dilanjutkan.

Sebaiknya Anda berusaha melengkapi kekurangan dalam waktu yang telah diberikan. Jika tidak maka Dirjen HAKI akan menolak permohonan merek dagang dan seluruh biaya tidak dapat diambil kembali. Setelah itu tahap yang ketiga adalah pemeriksaan substantif. Waktu yang dibutuhkan untuk menunggu proses substantif selesai adalah 30 hari atau satu bulan. Pemeriksaan sendiri dilakukan langsung oleh para pejabat dari Direktorat Jenderal HAKI. Yang terakhir adalah pengumuman dari permohonan yang telah dilakukan dimana berjangka waktu 10 hari dari tanggal merek yang telah disetujui. Setelah semuanya selesai maka Anda akan mendapatkan sertifikat merek yang memuat keterangan nama pemilik, alamat, tanggal pengajuan dan penerimaan, nomor, tanggal, jangka watu, dll.

Apabila sertifikat telah di tangan maka Anda memiliki kuasa penuh atas kepemilihan dan hak lain merek dagang. Segala keuntungan pendaftaran HAKI bisa langsung Anda dapatkan seperti produk dan jasa terlindungi dari plagiarisme. Tak hanya itu saja karena secara otomatis keuntungan bisnis akan bertambah karena kualitas produk meningkat.

    Chat WA