Pendaftaran HKI Online

Pendaftaran HKI Online Belum Banyak Diketahui Oleh Masyarakat Luas. Cara Ini Memudahkan Pemilik Bisnis, Baik Itu Berupa Barang Atau Jasa Yang Ingin Mendaftarkan nama atau merek dagangnya ke lembaga resmi negara. Hal ini juga dibenarkan oleh DIrektur Jenderal Kekayaan Intelektual dan pihaknya pun terus membenahi prosedur pendaftaraan hak atas kekayaan intelektual secara daring. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing yang terjadi ditengah implementasi Masyarakat Ekonomi Asean. Didalam tata cara pendafataran hak kekayaan intelektual itu sendiri, terdapat dgip paten sebagai salah satu unsur yang bisa digunakan untuk mempermudah setiap prosedurnya.

pendaftaran HKI online

Dgip sendiri merupakan alamat situs resmi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang bisa Anda akses secara mudah dan gratis. Disana, terdapat beberapa unsur yang bisa membantu dalam pengurusan pendafataran HKI secara online. Seperti yang sudah banyak diketahui, prosedur pendaftaran hak kekayaan intelektual memakan waktu yang cukup lama. Proses pendaftaran sendiri membutuhkan waktu 14 bulan 10 hari. Diharapkan dengan adanya sistem pendaftaran secara online ini, dapat memangkas waktu yang tidak sebentar tersebut.

Pihak Direktorat sendiri menegaskan bahwa dalam pendaftaran HKI secara online, dibutuhkan waktu sekitar 8 bulan saja. Hal ini dilakukan dengan cara memangkas proses pengumuman dan pemeriksaan substantive yang awalnya 3 dan 9 bulan menjadi 2 dan 5 bulan. Selain itu, proses sertifikasi merek pun pihaknya mengupayakan untuk bisa dimaksimalkan dalam waktu 30 hari.

dgip paten

Hingga kini, prosedur pendaftaran HKI online dapat dengan mudah diakses melalui situs resmi

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Disana, tidak hanya tersedia fitur pendaftaran saja, tetapi juga ada fitur database, pengajuan permohonan, penelusuran, costumer service, hingga fitur pengaduan yang bisa dilakukan secara online. Pada fitur database contohnya, situs dgip ini menyediakan database yang terhubung dengan WIPO yang memuat berbagai informasi seputar merek dagang dan jasa yang ada diseluruh dunia. Data-data berupa design logo merek yang ada diseluruh dunia tersedia dalam fitur Global Design Database.

Ditjen HKI hak merek dagang

Ditjen HKI hak merek dagang juga ada pada salah satu fitur situs miliki Kementrian Hukum dan HAM tersebut. Tidak hanya seputar prosedur permohonan pendaftaran HKI, tetapi juga menyangkut rincian biaya dan status permohonan yang sedang diajukan oleh pemilik merek dagang atau jasa. Maka jelas bahwa pendaftaran HKI yang dilakukan secara online ini akan memudahkan calon pendaftar untuk bisa melengkapi berbagai persyaratan dan juga memathui ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar merek dagang. Ditjen HKI sendiri tidak hanya melayani pendaftaran merek dagang saja, tetapi juga melayani hak cipta, design industry, dan hal-hal terkait lainnya dengan biaya yang terjangkau dan relatif mudah.

Bagi pengembang bisnis, terutama bisnis baru, pendaftaran HKI online sangatlah membantu dalam pengurusan merek dagang atau jasa yang sedang dijalaninya. Hal ini berkaitan erta dengan strategi branding yang akan membantu memasarkan produkny supaya bisa lebih cepat dipasarkan dan dikenali oleh masyarakat luas sebagai target pasar. Namun, sebelum dilakukan pendaftaran, dibutuhkan riset terlebih dahulu mengenai merek dagang yang saat ini ada diseluruh dunia. TIdak hanya berfungsi untuk menghindari dari penggunaan merek dagang yang sama dengan pebisnis yang lain.

Tetapi bisa juga sebagai acuan agar pebisnis baru dapat mengajukan merek dagang yang inovatif tanpa harus meniru merek yang sudah ada sebelumnya. Cara untuk mengetahui merek-merek dagang yang ada ini bisa dilakukan dengan cara online. Cara cek merek dagang online haki menjadi salah satu cara mudah bagi Anda untuk melakukan riset dalam penentuan merek sendiri. Cara pengecekan yang paling sederhana, Anda bisa langsung ke situs resmi Ditjen Haki yang memiliki wewenang untuk menerbitkan dan melindungi produk dari semua bisnis yang ada. Bahkan, tidak hanya merek dagang yang tersedia, tetapi juga hak cipta, dan desain industry yang merupakan bagian penting lainnya yang juga termasuk ke dalam unsur-unsur bisnis.

Disana, terdapat fitur database yang memuat berbagai merek dagang, baik barang maupun jasa yang ada diseluruh dunia. Informasi mengenai database merek dagang pada situs ygterhubung dengan WIPO. WIPO merupakan World Intelectual Property Organization. Yang mana tidak hanya memuat merek dagang diseluruh dunia saja yang ditampilkna, tetapi juga memuat database design yang menjadi logo merek dagang yang telah terdaftar sebelumnya.

    Chat WA