Pendaftaran Logo Perusahaan

Pendaftaran Logo Perusahaan Melalui Konsultan HKI Informasi Ini Harus Diketahui Oleh Semua Orang. Terutama Bagi Mereka Yang Memiliki Perusahaan Dan Berencana untuk mendaftarkannya ke Ditjen HKI. Sebagai tambahan informasi, dalam mendaftarkan sebuah logo perusahaan termasuk ke dalam wewenang Direktorat Hak Cipta. Berbeda dengan nama merek atau dikenal dengan istilah brand name, pendaftarannya dilakukan ke Direktorat Hak Merek yang melindungi hak seputar nama mereknya saja.

pendaftaran logo perusahaan

Meskipun didalam unsur merek terdapat simbol/lambang, gambar, huruf, rangkaian angka, kata, atau kombinasi antar seluruhnya. Menurut Nice Classification International, dalam pendaftaran merek terdapat 45 kelas produk barang dan jasa. 34 kelas di antaranya merupakan merek dagang, sedangkan 11 kelas lainnya merupakan merek jasa. Sedangkan untuk pendaftaran hak cipta melindungi seni logo suatu perusahaan atau brand agar tidak digunakan atau ditiru oleh pihak lain tanpa izin. Adapun tahapan untuk mendaftarkan logo ini sama dengan mengurus hak paten merek dagang di Indonesia.

Tata cara mendaftarkan hak-hak kekayaan intelektual ini dilakukan melalui 2 prosedur. Yaitu, proses permohonan pendaftaran yang dilakukan oleh pihak pemohon dan proses pemeriksaan. Proses permohonan ini berupa penyerahan berkas-berkas, seperti formulir pendaftaran, contoh logo atau merek dalam bentuk hardcopy, bukti-bukti pembayaran, materai, data identitas pemohon, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk proses pemeriksaan dilakukan oleh pihak Ditjen HKI yang terbagi ke dalam dua jenis pemeriksaan, yaitu pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan substantif.

konsultan HKI terdaftar

Seperti yang sebelumnya telah dibahas, pendaftaran logo perusahaan

termasuk ke dalam wewenang Direktorat Hak Cipta. Jika melihat dari kacamata hukum, pendaftaran atas hak cipta sendiri bukan merupakan suatu keharusan atau kewajiban dilakukan. Hal ini terangkum dalam Undang-undang tentang Hak Cipta Tahun 2002 pasal 35 ayat 4 yang menyatakan bahwa pendaftaran atas suatu ciptaan bukan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Hak atas suatu ciptaan akan timbul dengan sendirinya sejak suatu karya itu diciptakan dan bukan dari pendaftaran yang dilakukan.

Jika melihat undang-undang tersebut maka pendaftaran logo sebuah perusahaan memang tidak perlu untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya juga hal tersebut dilgalkan secara hukum dan kenegaraan. Mengingat, pendaftaran sebuah logo ke Direktorat Hak Cipta juga bisa melindungi hak cipta yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Dalam praktiknya, pendaftaran sebuah hak kekayaan intelektual ini, baik itu hak merek, cipta, atau paten sekalipun tidaklah mudah.

mengurus hak paten merek dagang di Indonesia

Dibutuhkan jasa konsultan HKI terdaftar yang bisa membantu melancarkan proses pendaftaran tersebut. Meskipun secara umum, proses pendaftaran ini hanya membutuhkan 2 tahapan sederhana. Nyatanya tetap dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang luas akan proses pendaftaran ke Ditjen HKI. Hingga saat ini, sudah banyak jasa konsultan HKI yang terpercaya dan mampu membantu dalam pendaftaran kekayaan intelektual.

Konsultan kekayaan intelektual yang saat ini sudah terdaftar sangatlah banyak. Data terakhir pada tahun 2008, tercatat sudah ada 238 konsultan yang dipercaya mampu membantu proses pendaftaran hak kekayaan intelektual, baik untuk individu maupun lembaga. Jasa konsultan HKI sendiri memang sangat diperlukan bagi pebisnis pemula yang ingin mendaftarkan brand yang dimilikinya agar tidak ditiru atau digunakan oleh pesaing bisnis lainnya. Dalam praktiknya, penggunaan jasa konsultan hak kekayaan intelektual ini legal dilakukan. Mengingat, dari pihak Ditjen HKI sendiri sudah secara resmi memberikan peluang kepada setiap konsultan untuk melakukan pendaftaran ke direktorat terkait.

Sejak tahun 2006, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual sendiri memberikan pelatihan khusus untuk para konsultan. Setiap konsultan yang terdaftar secara resmi di Ditjen HKI akan dilantik dan diangkat menjadi konsultan resmi yang setiap tahunnya harus melakukan registrasi ulang untuk pemutakhiran data di Kementrian Hukum dan HAM. Konsultan HKI sendiri menurut PP2/2005 adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang hak kekayaan intelektual dan secara khusus memberikan jasa untuk pengajuan dan permohonan pendaftaran dalam hal Hak Kekayaan Intelektual. Jasa konsultan ini langsung dikelola oleh Ditjen HKI sendiri dibawah wewenang Kemenhukam.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan pendaftaran logo perusahaan atau mendaftarkan kekayaan intelektual lainnya, bisa menggunkan jasa konsultan ini. Selain bisa mengefektifkan waktu Anda, juga dapat memudahkan dalam proses pendaftaran hak itu sendiri.

    Chat WA