Pendaftaran Merek dan Logo

Pendaftaran Merek Dan Logo Menjadi Menyenangkan Dengan Bantuan Konsultan KI Terdaftar Kami. Pendaftaran Merek Jasa Maupun Merek Barang Perlu Dilakukan. Apa itu merek , merek sangat penting bagi kelangsungan usaha anda dan sangat perlu untuk dilindungi. Dalam membuat merek misal bikin merek baju akan menjadi simpel jika mendapat bantuan konsultan hki terdaftar kami. Merek produk indonesia sebelum dipasarkan sebaiknya dilindungi dan didaftarkan mereknya ke dgip merek atau dirjen merek. Merek jasa ataupun merek barang wajib dilindungi.  Sehingga hak atas merek, logo produk atau hak dagang tidak diambil oleh orang lain. Dalam membuat logo merk  atau logo usaha dagang pastikan dibuat yang original dan tidak meniru pesaing anda.  Setelah didaftarkan hak milik intelektual menjadi milik anda sebagai pendaftar merek.

Contoh merek jasa seperti jne, primagama. Jika anda punya merek jasa silahkan segera anda daftarkan ke konsultan KI kami, merek anda ankan didaftarkan ke direktorat merek sehingga terdaftar di indonesia dan merek anda akan ada di database merek indonesia.  Cara membuat merek sangat mudah, cukup hubungi konsultan hak kekayaan intelektual kami sehingga merek dagang anda akan berada di data merek indonesia. Syarat merek dagang yang baik dimata customer adalah mudah diingat, buatlah merek dagang yang simpel dan sederhana. Syarat merek yang baik yang lain adalah dengan memperhatikan logo merek anda, buatlah logo yang mudah dihapal, seperti logo adidas, indomaret dan logo merek terkenal lainnya. Anda tidak perlu bingung soal etiket merek dan kelas merek, dengan bantuan konsultan HKI terdaftar kami semuanya menjadi mudah saat daftar merk. Untuk mengecek merek terdaftar silahkan kunjungi status hki. Kami juga melayani perpanjangan merek. Jika anda tidak tahu kelas barang merek, silahkan email kami. Anda tidak perlu susah payah belajar undang undang merek atau uu merek terbaru saat mendaftar merek anda, silahkan hubungi kami segera, kami siap membantu anda dalam menmbuat merek dagang anda. Jadikan nama merek dagang anda dikenal dipasar dan diperhitungkan oleh customer.

Dalam menjual makanan, logo merk makanan atau desain merek makanan seharusnya juga didaftarkan dan dilindungi agar logo anda tidak digunakan oleh orang lain. Pendaftaran hki merek harus segera dilakukan agar nama merek dagang anda dilindungi oleh dirjen merek. Contoh merek merek dagang yang sukses bisa anda lihat dipasar, swalayan atau indomaret, saatnya merek anda juga sukses. Contoh merek online yang sukses seperti detik, bukalapak dll. Kalau anda ingin bikin merek baju sendiri, pastikan merek tersebut tidak meniru merek yang sudah ada dipasaran.

Tujuan Dilindunginya Merek Untuk Meningkatkan Harga Jual dan Proses Branding. Dengan adanya merek, sebuah produk akan lebih dipercaya masyarakat karena ada baku mutu yang diakui. Namun demikian, ada beberapa masalah yang umumnya harus diselesaikan oleh pemilik usaha atau produk sebelum mendaftarkan merek produknya. Masalah-masalah tersebut umumnya berkaitan dengan:

 Bentuk kemasan yang pas untuk merek produk, agar nantinya produk yang diperjualbelikan memiliki perbedaan dengan produk serupa yang sudah beredar lebih dulu
 Bentuk logo pengenal yang akan disertakan saat proses pendaftaran merek dan logo. Dengan demikian, ketika merek sudah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, merek tersebut bisa langsung digunakan untuk proses penjualan.
 Ada tidaknya nama merek yang sama untuk produk yang berbeda ataupun produk serupa dari produsen lain. Hal ini untuk menghindarkan usaha yang dimiliki dari gugatan hukum, sehingga perlu adanya investigasi lebih lanjut mengenai nama merek yang dimiliki.

 

Pendaftaran merek dan logo bisa segera dilakukan ketika tidak ada masalah yang muncul dari hasil investigasi terkait masalah-masalah diatas. Saat prosedur investigasi selesai dilakukan, pemilik merek produk bisa mempersiapkan beragam persyaratan yang dibutuhkan seperti identitas lengkap pemohon yang meliputi nama, alamat, dan kewarganegaraan, 30 contoh merek yang disiapkan dalam ukuran 9x9cm dan 2x2cm, memiliki list jenis barang atau jasa yang akan diberi merek, surat pernyataan kepemilikan dari pemohon yang memiliki legalitas, surat kuasa apabila yang mengurus bukan pemilik langsung, fotokopi KTP dan NPWP. Nantinya, ketika persyaratan sudah dilengkapi, masih ada syarat pendukung yang perlu disiapkan, yaitu etiket merek, surat keterangan dari pengelola umkm (apabila pemilik usaha masih berupa pemilik bisnis kecil menengah), dan bukti kuitansi pembayaran pendaftaran merek dan logo. Pada prakteknya, ketika semua persyaratan sudah disiapkan dengan baik, prosedur pemeriksaan juga akan berjalan cepat.

Sampai saat ini, proses pemeriksaan yang berkaitan dengan legalitas merek sebuah produk barang atau jasa, dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
 Pemeriksaan formalitas
Sesuai namanya, pemeriksaan formalitas akan berhubungan dengan pemeriksaan dokumen yang diajukan perorangan maupun badan usaha untuk mendapatkan pengakuan merek. Secara umum, ketika berkas yang dikumpulkan sudah lengkap maka proses pemeriksaan tidak akan memerlukan waktu lama. Namun demikian, ketika pihak Direktorat Jenderal HKI menjumpai ada persyaratan yang belum dilengkapi, maka berkas pengajuan akan ditunda dalam waktu 2 bulan sampai pemohon melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

 Pemeriksaan substantif
Ketika semua berkas sudah selesai diperiksa, prosedur pemeriksaan lanjutan akan berhubungan dengan pemeriksaan substantif. Pemeriksaan ini berlangsung dalam jangka waktu maksimal 1 bulan setelah hasil pemeriksaan formalitas diregistrasi. Pemeriksaan substantif dilakukan oleh para ahli yang memiliki latar belakang serupa dengan produk barang atau jasa yang akan diberi merek. Pemeriksaan substantif ini umumnya meliputi kelayakan produk barang atau jasa, standar baku mutunya, sertifikasi dari badan terkait, seperti jika makanan atau kosmetik ada sertifikasi dari BPOM, maupun pemeriksaan lainnya.

 

 

Ketika selama pemeriksaan ada pengajuan keberatan, maka pengajuannya dilakukan setidaknya 10 hari setelah permohonan disetujui. Nantinya Anda perlu melakukan pengecekan berkala agar pemeriksaan yang dilakukan Ditjen HKI diulang kembali.
Pendaftaran merek dan logo yang mengalami penundaan pemeriksaan karena pengajuan keberatan umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk diperiksa kembali. Selama pemeriksaan, pemilik merek produk barang atau jasa juga harus aktif mengawal proses pemeriksaan yang dilakukan. Nantinya, penerbitan sertifikat merek yang sudah jadi akan diberikan maksimal 30 hari setelah semua pemeriksaan ulang selesai dilakukan. Disini, pemilik resmi merek sudah bisa menerapkan beragam strategi bisnis yang digunakan untuk memajukan omzet penjualan.

Strategi bisnis yang bisa dicoba setelah pendaftaran merek dan logo selesai dilakukan, antara lain:

 Melakukan pameran bekerjasama dengan pihak event organizer atau dinas terkait untuk mulai memperkenalkan merek produk yang baru diluncurkan.

 Memberikan promosi penjualan produk dalam bentuk bundling atau promo harga sesuai dengan minat pangsa pasar yang menjadi tujuan utama.

 Memberikan edukasi merek produk pada masyarakat melalui pemasangan iklan di beberapa media.

    Chat WA