Pendaftaran Paten Merek Haki

Pendaftaran Paten Merek HKI Memang Sangat Penting Sekali Bagi Para Pengusaha Atau Pembisnis. Terutama Jika Bisnis Anda Tak Hanya Menjual Saja tetapi juga memproduksi barang ataupun jasa tertentu. Alasannya adalah karena produk tersebut nantinya akan diakui dan mendapatkan perlindungan khusus. Kemudian juga untuk menghindari tindakan dari orang lain yang tidak bertanggung jawab, misalnya ingin melakukan penipuan, pemalsuan, penjiplakan, peniruan, dan plagiarisme. Seperti yang telah kita tau kalau di Indonesia marak sekali terjadi tindakan plagiarisme terhadap merek dagang tertentu. Beberapa orang telah meniru dan mengatasnamakan suatu produk, kemudian dijual agar mendapatkan keuntungan.

Pendaftaran Paten Merek Haki

Hal seperti ini tentu saja sangat merugikan masyarakat maupun si pencipta. Terlebih lagi bagi si pencipta atau pengusaha dimana barangnya tidak dihargai dan diapresiasi. Selain itu, kerugian yang didapatkan juga banyak. Tak hanya itu saja, mereka juga mengalami kerugian besar akibat tindakan tersebut. Masyarakat juga sama dirugikan karena telah membeli suatu produk palsu dimana kualitasnya tidak jelas. Barang yang sifatnya KW atau palsu memang mempunyai kualitas jauh lebih rendah daripada yang asli.

Akan tetapi biasanya para pedagang nakal akan memberikan harga yang sama seperti aslinya. Namun ada pula yang terang-terangan menjelaskan kalau produk tersebut palsu dan dijual dengan harga lebih murah. Mirisnya lagi, banyak juga masyarakat kita yang lebih memilih untuk membeli produk tiruan dibanding ori. Barang yang tak jauh berbeda namun harganya sangat ekonomis, membuat mereka tergiur membelinya. Melakukan pendaftaran paten HKI akan mengurangi kasus plagiarisme. Tak hanya melindungi hak para pengusaha saja tetapi juga mampu meningkatkan harga jual dan kualitas dari produk tersebut.

Pendaftaran paten merek HKI dapat dilakukan oleh siapa saja yang memang telah menghasilkan suatu karya tertentu.

Di dalam bidang usaha, barang dan jasa yang diciptakan sangat layak mendapatkan pengakuan. Caranya yaitu dengan mendaftarkan namanya di Dirjen HKI atau Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Yang dimaksud oleh HKI sendiri adalah suatu badan atau layanan yang mengatur, mengurus, segala hal mengenai kekayaan intelektual di Indonesia. Kekayaan intelektual meliputi banyak hal, antara lain seperti penemuan teknologi, seni, gambar, desain, lagu, tulisan, dan sebagainya. Sebenarnya dalam HKI mencakup dua jenis perlindungan kekayaan intelektual yaitu Hak Cipta dan Hak kekayaan Industri.

Untuk merek dagang masuk ke dalam peraturan Hak Kekayaan Industri karena merupakan hasil dari proses industri. Mendaftarkan merek akan memberikan banyak sekali manfaat bagi Anda dan juga bisnis yang sedang dijalankan. Salah satunya adalah sebagai bukti kalau produk tersebut memang milik perusahaan Anda. Ini berarti bahwa Anda memiliki kuasa penuh atas nama merek tersebut. Jika ada orang lain yang menggunakan nama yang sama maka Anda berhak melakukan penolakan atau bahkan menuntut secara hukum.

Pendaftaran Paten Merek

Keuntungan lainnya adalah mencegah terjadinya tindakan plagiarisme atau peniruan. Dengan begitu barang dan jasa yang Anda hasilkan akan diketahui dan diapresiasi masyarakat luas. Suatu merek dagangan yang telah terdaftar secara resmi maka penjualan Anda akan semakin meningkat. Mematenkan nama merek bisa membuat orang lain percaya kalau produk yang Anda hasilkan benar-benar bagus dan aman. Coba saja bandingkan dengan barang lain yang dijual tanpa merek. Penjualannya akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan produk yang diberi label merek. Meskipun begitu melakukan pendaftaran merek HKI ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan agar Anda tidak mengalami kerugian dan penolakan ketika mendaftar. Dirjen HKI sendiri akan menolak pemohon yang nama merek dagangnya memiliki persamaan sedikit atau keseluruhan dengan orang lain yang sudah mendaftar. Untuk menghindari penolakan tersebut maka ada baiknya jika Anda melakukan penelusuran merek lebih dahulu. Jika ada yang sama maka segera ganti nama produk Anda dengan yang lainnya.

Anda dapat langsung mengurus paten merek HKI jika semua ketentuan dan syarat telah dipenuhi. Selain memastikan nama merek dagang tidak sama dengan pihak lain, Anda pun harus melengkapi formulir dan berkas terkait. Berkas tersebut antara lain bukti pembayaran pendaftaran, surat pernyataan produk asli, surat kuasa, fotokopi KTP, dan masih banyak lagi. Namun masih ada pembayaran lain seperti biaya pencantuman merek yang ingin di klaim.

Setiap pemohon menghabiskan jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Kemudian untuk waktu proses pendaftaran paten merek HKI cukup lama yaitu sekitar 18 bulan. Apabila Anda masih merasa bingung dan ada beberapa hal mengenai paten merek maka dapat menghubungi pihak konsultan HKI. Caranya bisa melalui email atau langsung menelepon nomer yang telah tertera di website Dirjen HKI. Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi jelas mengenai cara mendaftar, biaya keseluruhan, keuntungan yang didapatkan, dan lain sebagainya.

Apabila merek dagang Anda telah terdaftar di HKI maka sudah resmi mendapatkan pengakuan dan perlindungan secara hukum selama 10 tahun, menurut UU Nomor 15 Tahun 2001. Tak perlu lagi khawatir adanya tindakan peniruan. Saat itu juga Anda telah memiliki kuasa penuh untuk melaporkan orang yang telah mengambil atau meniru merek produk usaha Anda.

Pendaftaran paten merek HKI seperti hal yang wajib dilakukan oleh para pengusaha jika ingin dagangannya semakin laris dan terhindar dari pembajakan. Barang yang telah terdaftar tentunya memiliki hak eksklusif yang tidak dimiliki orang lain.

    Chat WA