Pengertian Hak Desain Industri

Pengertian hak desain industri yaitu hak eksklusif dari negara indonesia kepada para pengrajin atau pendesain terhadap hasil kreasinya selama waktu yang telah ditentukan melakukan sendiri, maupun memberikan persetujuannya untuk pihak lain yang melakukan hak tersebut. Sementara pengertian desain industri berdasarkan UU Desain Industri No. 31 Tahun 2000 yaitu suatu kreasi mengenai bentuk, komposisi garis atau konfigurasi atau warna, maupun perpaduan antara garis dan juga warna dengan bentuk 2 dimensi atau 2 dimensi sehingga mampu menampilkan kesan estetis serta bisa diwujudkan berbentuk pola 3 atau 2 dimensi sehingga memberikan kesan estetis dan bisa digunakan untuk dapat memproduksi sebuah produk, komoditas industri, barang maupun kerajinan tangan.

Hak Desain Industri

Kriteria Desain Industri
Untuk suatu desain industri tertentu yang bisa dilindungi sebaiknya desain industri ini mampu memenuhi berbagai kriteria. Adapun kriteria tersebut mencakup desain industri itu sendiri yang baru. Dimana tidak sama seperti pengungkapan yang sudah ada sebelumnya. Kemudian tidak bertentangan terhadap kesusilaan atau moralitas. Kemudian ketiga yaitu satu desain industri maupun beberapa desain yang merupakan suatu kesatuan dari desain industri mempunyai kelas sama serta yang terakhir yaitu desain industri tersebut yang sudah didaftarkan tak akan ditarik lagi permohonannya.

Jika keempat kriteria tersebut sudah terpenuhi, dengan begitu desain industri pun bisa didaftarkan. Adapun konsekuensi pendaftaran dari desain industri itu sendiri, diharapkan desain industri tersebut memperoleh perlindungan hukum. Sementara perlindungan hukum terhadap desain industri tersebut diberikan terhitung semenjak tanggal penerimaannya. Untuk jangka waktu masa perlindungan yang telah diberikan Undang-Undang Desain Industri yaitu dalam jangka waktu selama 10 tahun.

Hak Desain Industri
Jika pengrajin atau pendesain mengajukan permintaan pendaftaran maka ia pun akan memperoleh hak desain industri serta sebagai pemilik dan pemegang dari hak desain industri tersebut.

Pengertian Hak Desain Industri

Dimana pengertian hak desain industri itu sendiri sudah dijelaskan di atas, bahwa hak desain industri merupakan hak ekslusif yang telah diberikan negara kepada pengrajin atau pendesainnya terhadap hasil kreasinya tersebut.

Berdasarkan Undang-Undang Desain Industri pasal 1 ayat 2 yang menyatakan bahwa pendesain merupakan seseorang maupun beberapa orang tertentu yang telah memproduksi desain industri. Pemberian hak desain industri tersebut tentunya diberikan bagi desain industri terbaru. Adapun desain industri tersebut dianggap baru jika ditanggal penerimaan, sebuah desain industri yang telah dibuat tak sama pengungkapannya seperti yang sudah ada sebelumnya. Sebuah desain industri tak dianggap sudah diumumkan jika dengan jangka waktu maksimal 6 bulan dari sebelum waktu penerimaan, desain tersebut sudah dipertunjukkan pada sebuah pameran nasional maupun internasional baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Ruang Lingkup dari Hak Desain Industri
Seorang pemegang atau pemilik hak desain industri mempunyai hak eksklusif agar melaksanakan hak yang telah dimilikinya tersebut serta untuk melarang pihak lain dengan tanpa persetujuannya untuk memakai, membuat, menjual, mengekspor, mengimpor dan juga mengedarkan barang atau produk yang telah diberikan hak desain tersebut.

Pengalihan Hak Beserta Lisensi Desain Industri
Umumnya hak desain industri bisa beralih ataupun dialihkan melalui pewarisan, perjanjian tertulis, hibah wasiat maupun sebab-sebab yang lainnya yang telah dibenarkan berdasarkan peraturan dari perundang-undangan. Itulah pengertian hak desain industri dan beberapa hal yang berkaitan dengannya yang sangat penting untuk diketahui para pengrajin atau pendesain.

    Chat WA