Pengertian Identitas Produk Dan Merek

Pengertian Identitas Produk Dan Merek Akan Kami Ulas Pada Artikel Kali Ini. Dengan Mengerti Apa Itu Identitas Sebuah Produk Dan Merek Sebuah Produk Diharapkan Anda dapat membuat produk yang yang lebih baik, dan  mudah dikenal oleh masyarakat luas. Sepeti diketahui saat ini ada banyak sekali produk yang dijual di pasaran yang memiliki identitas serta merek yang dirasa kurang jelas, sehingga sedikit membingungkan para konsumen untuk memilih produk tersebut. Hal pertama yang akan dibahas disini adalah mengenai identitas produk.

pengertian identitas produk dan merek

Identitas produk sendiri adalah sebuah keterangan atau adanya gambaran data mengenai produk yang dihasilkan. Keterangan yang dimaksud adalah dari segi visual maupun non visual, yang ditampilkan oleh produk itu sendiri. Misalnya saja sebuah produk minuman kemasan, maka yang dimaksud dengan identitas produk dari minuman kemasan tersebut adalah, bentuk botol, warna botol, aneka tulisan dalam botol, logo dan merek dari produk itu sendiri. Dengan adanya identitas seperti ini, maka orang akan mengenal produk tersebut dengan lebih mudah. Sedangkan merek adalah sebuah simbol yang berupa gambar, aneka huruf, aneka angka, susunan warna, atau bahkan kombinasi dari unsur-unsur tersebut, yang menjadi pembeda antara satu dengan yang lain, untuk kegiatan perdagangan jasa atau produk.

Merek ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, antara lain, merek dagang, merek jasa, dan juga merek kolektif. Merek atau brand sendiri lebih menjadi salah satu identitas sebuah produk atau jasa, agar para konsumen mudah menemukan serta memilih apa yang mereka cari dan mudah menemukan apa yang mereka inginkan. Biasanya konsumen akan mudah memilih sebuah produk atau jasa berdasarkan identitas produk atau berdasarkan merk dari produk tersebut. Semakin baik image yang ditampilkan, maka orang akan semakin mudah mengenali dan memilih produk atau jasa yang ditampilkan tersebut, demikian pula sebaliknya. Jadi dengan adanya pengertian identitas produk atau merek Anda kan semakin mengerti mengapa identitas sebuah produk dan merek tersebut sangat penting dimata pada konsumen.

merek adalah

Setelah Anda mengenal apa itu pengertian identitas produk dan merek

maka hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah masalah bagaimana cara membuat merek dan cara membuat identitas produk itu sendiri. Untuk membuat merek dan identitas sebuah produk, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Nama, adalah adalah rangkaian kata yang akan digunakan guna mengidentifikasi perusahaan, jasa, produk atau bisa juga mencerminkan misi perusahaan.
  • Logo, adalah bentuk visual yang mencerminkan merek dagang atau jasa yang Anda miliki. Ini adalah salah satu bagian dari identitas produk. Itu sebabnya buat logo yang tepat, dan mencerminkan visi dan misi dari perusahaan Anda.
  • Grafik, adalah bentuk front tulisan atau gambar dengan desain tertentu, teknik ini juga yang akan menarik minat para konsumen untuk menggunakan produk atau jasa Anda.
  • Bentuk, adalah  bentuk kemasan jasa atau kemasan produk yang akan Anda gunakan. Semakin unik dan menarik bentuk atau kemasan yang digunakan untuk produk dan jasa, membuat produk atau jasa tersebut mudah diingat oleh para konsumen.
  • Warna, adalah salah satu bentuk identias produk yang perlu Anda tentukan. Usahakan agar warna ini tetap konsisten, sehingga menjadi salah satu ciri pada produk tersebut.
  • Suara, adalah kesan audio yang akan Anda berikan ketika membuat sebuah iklan untuk produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen. Ini juga yang akan memberikan kesan tertentu pada para konsumen tentang jasa atau produk yang ditawarkan.
  • Aroma, adalah salah satu identitas produk yang Anda tawarkan, ketika Anda bergerak dalam produk makanan, atau hal lain yang berhubungan dengan aroma tertentu. Semakin khas sebuah aroma, membuat konsumen akan mudah mengingat aroma tersebut adalah produk Anda.
  • Citarasa, adalah hasil rasa yang Anda tawarkan untuk menjadi pembeda dengan cita rasa dari produk lainnya. Hal ini dapat Anda lakukan, ketika bergerak dalam bidang makanan.

Dengan mengetahui pengertian identitas produk dan merek dengan baik, maka beberapa teknik membuat merek dan identitas sebuah produk seperti yang telah dijelaskan di atas, membuat Anda mudah dalam membuat serta membentuk identitas produk secara tepat sasaran.

Setelah Anda mengerti akan pengertian dari identitas produk dan merek, dan juga mengerti tentang bagaimana cara membuat identitas produk dan merek, maka berikutnya yang perlu Anda pelajari adalah klasifikasi merek itu sendiri. Untuk membuat merk, maka Anda perlu mendaftar di HKI atau Hak Kekayaan Intelektual, dan untuk mengetahui aneka klasifikasi merek, tentunya Anda perlu mengunjungi sistem klasifikasi merek yang telah dibuat oleh pemerintah. Setidaknya ada sekitar 45 kelas untuk masing-masing merek. Anda hanya perlu mempelajari produk yang Anda miliki, kemudian mencari informasi termasuk klasifikasi nomor berapakan produk yang Anda miliki tersebut.

membuat merek

Misalnya Anda akan bergerak dalam bidang makanan yang sudah matang, atau makakan kemasan, maka Anda akan masuk ke dalam klasifikasi kelas 29. Di mana di kelas tersebut, khusus membahas dan mematenkan aneka merek makanan yang sudah matang. Lain halnya ketika Anda bergerak dalam industri minuman tanpa alkohol, maka Anda akan masuk ke dalam klasifikasi kelas 32. Di mana di dalam kelas tersebut, Anda akan menemukan aneka merek minuman tanpa alkohol, mulai dari aneka sirup, minuman bersoda, minuman sari buah, dll.

klasifikasi merek

Informasi  tentang pengertian identitas produk dan merek dan hal lainnya ini, tentu akan semakin mempermudah Anda yang saat ini ingin membuat sebuah produk tertentu untuk kalangan luas. Manfaat merek, tentu saja cukup banyak untuk Anda. Dengan membuat merek serta identitas yang tepat, ditambah dengan promosi dan strategi pemasaran yang tepat, membuat produk atau jasa yang Anda jual, mudah dikenal oleh masyarakat luas, dan membuat masyarakat memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan. Demikian pula sebaliknya, apabila Anda tidak menggunakan produk atau jasa, dengan merk atau identitas yang jelas, membuat konsumen merasa bingung memilih dan tidak mudah mengenali produk atau jasa yang ditawarkan. Secara tidak langsung, hal ini menjadi kerugian tersendiri untuk Anda.

    Chat WA