Pengertian Merek Dagang

Pengertian Merek Dagang Merupakan Sebuah Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Mereka Yang Akan Menjalankan Sebuah Bisnis. Membuat sebuah merek dagang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Bagi anda yang ingin membuatnya, maka harus memperhatikan kaidah-kaidahnya agar bisa mendapatkan manfaat dari merek dagang yang digunakannya. Lalu apa itu merek dagang? Bagaimana untuk membuatnya? Jika anda penasaran, maka mari kita simak ulasan mengenai pengertian merek dan juga cara membuat merek dagang yang berkualitas berikut ini.

Pengertian Merek Dagang

Pengertian merek dagang yang harus kita ketahui adalah apapun yang kita buat untuk mewakili produk yang kita miliki.

Merek dagang dapat berupa nama, istilah, simbol, desain atau kombinasi dari hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Hal ini merupakan sebuah pengertian yang disebutkan oleh Kotler dan juga Amstrong pada bukunya yang diterbitkan pada tahun 1999. Merek dagang seharusnya dapat menjadi perwakilan dari produk yang dijual oleh sebuah perusahaan. Sebuah merek dagang yang baik tidak hanya dapat mewakili produk dari sebuah perusahaan tapi juga dapat memberikan atau menimbulkan arti psikologis. Tujuan dari sebuah merek dagang tentunya untuk menandai diri dan juga untuk menandai produk. Sebuah merk dagang bisa juga digunakan sebagai pembeda antara produk satu dengan produk lainnya dari produsen yang berbeda. Karena merupakan tanda dan juga identitas, pembuatan sebuah merek dagang memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Lalu bagaimana cara membuat sebuah merek dagang yang menguntungkan dan sesuai dengan pengertian merek terdaftar yang telah disebutkan sebelumya? Berikut ulasannya.

  • Pilih nama yang memiliki daya untuk membedakan

Tujuan dari sebuah brand adalah membedakan produk yang satu dengan produk yang lain. Dua buah perusahaan mungkin saja memiliki produk yang sama. Oleh karena itu, harus digunakan sebuah pembeda untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya. Oleh karena itu, jika anda ingin membuat sebuah merek dagang, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memilih nama yang unik dan berbeda. Hal ini akan memberikan lebih banyak daya saing untuk brand yang anda miliki. Sebuah usaha harus memiliki nama yang unik dan berbeda dari kompetitornya, hal ini digunakan agar anda bisa bertahan dalam persaingan usaha. Jika anda memiliki nama yang mirip dengan kompetitor anda, maka mungkin saja konsumen anda salah mengira anda melakukan penjiplakan atau malah salah membeli produk.

  • Pilih yang jelas

Selain memilih nama yang berbeda, anda juga perlu memilih nama merek dagang yang jelas. Artinya mudah dibaca dan juga dilafalkan. Hal ini akan sangat bermafaat ketika anda melakukan pengenalan brand. Sebuah merek dagang yang mudah di sebutkan akan memberikan kenangan tersendiri bagi mereka yang membacanya. Meski mudah dibaca, pastikan nama brand yang anda pilih sudah jelas unik.

Pengertian Merek

  • Hindari deskripsi pada nama merek dagang anda

Tujuan dari sebuah merek dagang adalah untuk mendeskripsikan secara tersirat. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan merek dagang yang memberikan arti deskriptif seperti air mineral, pakaian anak dan jenis penamaan deskriptif lainnya. Penggunaan kata-kata ini sesungguhnya akan membuat konsumen anda lebih mudah mengenali produk yang anda miliki, tapi pengajuan merek dagang dengan kata ini membuat merek dagang anda memiliki kemungkinan besar untuk ditolak.

Untuk membuat sebuah merek dagang yang baik, seharusnya anda menyediakan waktu khusus. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengertian merek dagang yang paling tepat untuk produk anda. Sebuah merek dagang akan digunakan oleh perusahaan anda dalam waktu yang panjang, hal ini sudah seharusnya dilakukan. Mengapa? Karena ketika kita sering mengganti merek dagang, maka perusahaan bisa dilabeli dengan sebagai perusahaan yang tidak konsisten. Jika anda ingin mengganti merek dagang anda, gantilah suatu saat nanti ketika anda sudah memiliki banyak uang sehingga lebih mudah untuk melakukan pengiklanan guna sosialisasi pergantian tersebut. Mengganti sebuah merek dagang memang tidak mudah untuk dilakukan. Diperlukan usaha untuk memperkenalkan brand anda kembali agar konsumen merasa yakin dan paham bahwa perusahaan anda memang mengalami penggantian merek dagang. Hal ini merupakan hal yang penting karena merek dagang adalah sebuah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, daripada anda mengganti-ganti setiap saat lebih baik buat nama merek dagang sesuai dengan pengertian merek agar merek dagang dapat bertahan dan bersaing lebih baik di pasar.

    Chat WA