Pengurusan HAKI

Pengurusan HAKI Menjadi Salah Satu Hal Yang Sangat Penting Untuk Dilakukan, Sebagai Salah Satu Pihak Yang Memiliki Brand. HAKI Merupakan Salah Satu Bagian yang sangat penting untuk produk dalam bentuk barang, jasa, atau keduanya yang disediakan oleh suatu pihak. Merek atau brand yang diberikan untuk produk dalam bentuk barang maupun jasa akan memiliki pengaruh terhadap banyak hal. Salah satunya juga termasuk dengan adanya perlindungan atas produk yang sudah diberi merek dagang.

Tak hanya itu, hal ini pun sudah menjadi salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pihak yang menyediakan produk dalam bentuk barang, jasa, atau kedunya demi menjaga kepatenan produk yang diciptakan. Jika seseorang tak melakukan proses untuk mengurus HAKI, bisa saja suatu waktu brand atau merek yang mereka buat justru disalahgunakan oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab atau justru diambil.

Setelah kejadian itu, mereka tak akan bisa melakukan apa pun sebagai tindakan yang bisa dibawa ke jalur hukum karena tak melakukan pengurusan HAKI untuk mematenkan brand produk barang, jasa, atau barang dan jasa yang sudah mereka buat.

Sebenarnya, pengurusan HAKI sendiri bisa dilakukan dengan murah dan juga cepat. anda bisa melakukan pengurusan ini tanpa harus melalui prosedur yang rumit atau justru memusingkan. Asalkan, selama melakukan pengurusan Anda sudah memenuhi ketentuan yang ada dan menyiapkan semua berkas sesuai yang sudah ditentukan sebelumnya.

Anda juga tak perlu menyiapkan biaya mahal untuk mengurus HAKI. Pembuatan sertifikat ini bisa berlangsung cepat jika semua prosedur dan dokumen yang dibutuhkan sudah Anda sediakan lengkap dengan jumlah dan juga adanya soft file yang nantinya akan diunduh pada formulir yang disediakan secara online.

Bagaimana Pengurusan Haki yang Cepat Dan Murah?

Jika Anda ingin melakukan pengurusan dari HAKI dengan cepat, maka perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa Depkumham adalah salah satu lembaga yang sudah ditunjuk oleh pemerintah untuk mengatasi hal ini. Maka, Anda bisa datang ke kantor yang ada tersebut untuk mengurus proses pendaftaran HAKI sesuai dengan keinginan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan semua dokumen yang diminta.

Permohonan langsung Anda tujukan ke pihak Ditjen HKI atau bisa juga ke Kanwil secara tertulis dalam bahasa Indonesia. Tak hanya itu, lampirkan beberapa dokumen lain seperti fotokopi KTP yang dilegalisir. Jika pemohon berasal dari luar negeri, maka wajib memilih lokasi satu tempat di Indonesia sesuai dengan ketentuan Undang Undang yang berlaku. Dalam hal ini, lokasi yang dipilih bisa alamat kuasa hukum. Bila permohonan diajukan atas nama suatu badan hukum, lampirkan fotokopi akta pendirian badan hukum.

Lampirkan juga fotokopi peraturan kepemilikan bersama bila permohonan yang diajukan tersebut terdiri oleh lebih dari satu orang. Bila pendaftaran dikuasakan, maka sertakan juga adanya surat kuasa khusus. Sertakan tanda pembayaran biaya permohonan. Selain itu, ada juga etiket merek yang dilampirkan dalam jumlah 25 helai berukuran maksimal 9×9 cm sementara minimal 2×2 cm.

Ikut sertakan juga surat pernyataan dengan isi merek yang diajukan merupakan milik pihak pemohon. Lalu, Anda pun bisa mengisi formulir permohonan beserta sejumlah data yang wajib Anda isi sesuai dengan kenyataan yang ada. Pastikan juga bahwa isi formulir tersebut tak ada satu pun yang mengalami kesalahan dan juga terlewat, serta cocok dengan data pada dokumen yang sudah Anda bawa.

Jika semua proses pengurusan HAKI seperti di atas sudah selesai Anda lakukan, pembayaran permohonan pendaftaran merek pun bisa dilakukan. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Pertama, Anda harus mengisi formulir pendaftaran ciptaan rangkap 3 dan  bisa Anda dapat langsung dari kantor wilayah. Lembar pertama formulir tersebut bisa ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00. Lalu, surat permohonan pendaftaran ciptaan tadi juga menyantumkan adanya nama, kewarganegaraan, alamat pencipta; nama, kewarganegaraan beserta alamat pemegang hak cipta; nama, kewarganegaraan plus alamat kuasa, jenis dan judul ciptaan, tanggal dan tempat ciptaan diumumkan untuk pertama kali; uraian ciptaan yang dirangkap 4.

Sebagai info tambahan, surat permohonan pendaftaran ciptaan yang diajukan hanya berlaku untuk 1 ciptaan. Selain itu, Anda juga harus melampirkan bukti kewarganegaraan pencipta serta pemegang hak cipta dalam bentuk fotokopi KTP atau pun paspor. Bila pemohon adalah badan hukum, maka wajib melampirkan turunan resmi akta pendirian badan hukum dalam surat permohonan. Jangan lupa, lampirkan pula surat kuasa bila permohonan tersebut diajukan oleh satu orang kuasa, yang disertai juga dengan bukti kewarganegaraan kuasa.

Bila pihak pemohon tak berdomisili di wilayah RI, ia harus mempunyai tempat tinggal dan menunjuk pihak kuasa yang ada di wilayah RI guna keperluan permohonan pendaftaran ciptaan. Bila pemohon pendaftaran ciptaan memakai atas nama lebih dari 1 orang dan atau badan hukum, berarti semua nama pemohon harus dicantumkan, yang antinya juga ditetapkan 1 alamat pemohon. Bila ciptaan itu sudah berpindah tangan,  bukti pemindahan pun wajib untuk disertakan. Jangan lupa, Anda juga harus menyertakan contoh ciptaan yang dimohonkan oleh pendaftar atau penggantinya.

Beberapa cara pengurusan HAKI di atas bisa Anda lakukan, seasuai dengan ketentuan yang ada. Dengan demikian, proses pengurusan pun akan berlangsung dengan cepat dan murah, tanpa harus membuat Anda menghabiskan lebih banyak biaya dan waktu.

    Chat WA