Cara Mengurus Hak Paten

Cara Mengurus Hak Paten Merk Dagang Akan Menjadi Mudah Setelah Anda Menghubungi Konsultan Merek Kami, Merek Usaha Anda Wajib Segera Dilindungi Dari Pembajakan. Seperti yang kita ketahui, semakin lama zaman semakin berkembang. Ada banyak hal canggih yang bisa dimanfaatkan, baik untuk sesuatu yang positif maupun negatif. Sayangnya, ada hal negatif yang membuat maraknya pembajakan untuk temuan atau produk demimeraup sejumlah keuntungan sepihak. Padahal, sesuatu yang tak baik seperti ini akan merugikan. Ada banyak pihak yang dirugikan. Misalnya saja seperti pembeli, bahkan pembuat produk itu sendiri.

Pentingnya Mengurus Hak Paten

Produk yang seharusnya bisa diklaim sebagai milik suatu badan usaha, sejumlah orang, atau individu justru dibajak. Produk yang dibajak ini pada umumnya tak hanya sebatas pada sejumlah deretan barang kelas menengah bawah. Bahkan, merek ternama pun juga bisa dibajak, sehingga menimbulkan produk palsu. Jika sudah seperti ini, sangat memungkinkan adanya penurunan kualitas yang membuat pihak pembeli atau konsumen dirugikan.

Kerugian ini bisa membuat satu atau sejumlah orang tak lagi memberikan kepercayaannya pada pihak produsen. Dengan demikian, jelas sudah bahwa pihak produsen juga dirugikan akibat adanya pembajakan yang seperti ini. Terlebih, untuk beberapa pihak produsen yang masih belum memiliki hak patennya. Mereka tak memiliki kedudukan yang kuat di mata hukum jika bermaksud mengangkat hal yang satu ini ke ranah hukum.

Nah, itulah pentingnya mengetahui cara mengurus hak patenmerek.

Pentingnya Mengurus Paten

Selain itu, juga ada pihak produsen yang belum mengetahui cara mengurus hak paten. Dengan pengetahuan yang masih belum merata ini, maka pihak produsen akan bisa membuat suatu barang, jasa, atau keduanya yang masih belum dipatenkan. Saat diadakan pemeriksaan maka produk yang ditawarkan akan bermasalah. Kasus lainnya juga bisa seperti pihak produsen yang sudah menyediakan barang, jasa, atau keduanya dengan baik. Lalu, ada pihak lain yang ingin menggunakan merek serupa dengan produk yang sama.

Maka, hal ini akan dipermasalahkan. Jika tak memiliki hak paten, maka produsen tersebut tak bisa berbuat apa-apa untuk mencegah adanya maksud lain dari orang atau pihak lain yang ingin menggunakan merek serupa. Dari sinilah muncul gesekan yang akan menimbulkan suatu masalah. Maka dari itu, untuk menghindari beberapa kejadian yang tak diinginkan seperti di atas, maka adanya hak paten sangat penting. Anda bisa mengurus hak paten demi mendapat sertifikat yang sah, sehingga produk berupa barang, jasa, atau keduanya yang Anda tawarkan akan bisa dipertahankan dan dilindungi di mata hukum.

Bagaimana Cara Mengurus Hak PatenMerk?

Seperti yang kita ketahui, paten adalah suatu bentuk perlindungan hukum untuk para penemu dari penemuannya yang diberikan dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa mengurus hak paten dengan datang langsung ke kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terdekat. Namun, siapkan juga berkas yang diperlukan. Anda perlu menyiapkan surat permohonan izin hak paten secara tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Jangan lupa, lampirkan juga fotokopi KTP asli yang sudah dilegalisir, fotokopi peraturan pemilikan bersama bila permohonan atas nama badan hukum, fotokopi akta pendirian, dan beberapa dokumen lain yang juga termasuk surat pernyataan bahwa produk yang diajukan memang merupakan milik Anda. Jika sudah, isilah formulir permohonan yang sudah disediakan. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan teliti, sesuai dengan data yang ada pada dokumen Anda. Lalu, Anda bisa membayar biaya pendaftaran sesuai dengan yang ditentukan oleh pihak pusat. Dalam hal ini, artinya Anda juga perlu untuk menyiapkan sejumlah dana yang digunakan untuk biaya administrasi proses mengurus hak paten.

Jika sudah selesai melakukan semua prosedur di atas, Anda akan mendapat arahan dan menunggu apakah permohonan disetujui atau masih ada langkah lain yang harus dilakukan.Anda perlu mengetahui cara mengurus hak paten merekdagang meski bukan sebagai pihak yang akan mengurus perizinan tersebut. Sekali pun bukan sebagai pihak pemohon, dengan mengetahui informasi ini, Anda akan bisa memberi tahu pada pihak yang masih belum memiliki pengetahuan terkait topik ini.

Mengurus Paten

Sebab, di luar sana masih banyak pengusaha kecil yang mampu menghasilkan produk berkualitas atau temuan penting, namun belum mengetahui seberapa penting adanya hak paten yang ada baiknya untuk mereka urus. Dengan demikian, Anda bisa turut berperan dan mengambil andil untuk membantu mereka mendapat perlindungan di mata hukum agar yang diproduksi atau ditemukan bisa bertahan dan tak dirugikan oleh beberapa oknum yang kurang bertanggung jawab. Sebab, di masa seperti sekarang, pasar dunia sudah bersaing ketat dan Indonesia memasuki masa tersebut.

Banyak produk dari luar negeri yang memungkinkan untuk masuk dan menyaingi buatan lokal, sementara buatan lokal sendiri sebenarnya bisa melebihi kualitas mereka.Itulah beberapa hal mengenai cara mengurus hak paten yang perlu untuk Anda ketahui. Jika Anda termasuk dalam pihak yang memiliki produk penemuan tertentu, maka pengurusan hak paten ada baiknya untuk Anda lakukan sebelum terlambat. Meski pihak pesaing tak selalu berasal dari luar, namun tak menutup kemungkinan bahwa oknum di luar sana yang lokasinya masih bisa dijangkau akan melirik dan memanfaatkan produk Anda untuk tujuan atau kepentingan tertentu.

Bukankah sangat disayangkan jika produk temuan Anda kurang dipandang dan justru dimanfaatkan oleh orang lain yang nantinya akan meraup sejumlah keuntungan karena memanfaatkan buah pikir Anda? Selagi masih bisa, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba hal yang satu ini. Mengetahui seberapa penting untuk mengurus hak paten dan Anda juga merealisasikan demi kebaikan bersama.

    Chat WA