Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk

Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk Bagaikan Sayur Tanpa Garam Pastinya Terasa Hambar Dan Tidak Nikmat. Sebagai Bumbu Dapur Dasar, Garam Memang Menjadi Ujung Tombak utama bagi semua masakan nusantara yang kaya akan rempah. Tapi tanpa kehadiran garam, cita rasa masakan terasa kurang sedap. Hal senada juga berlaku bagi sebuah produk yang diibaratkan sebuah masakan dan merek menjadi garamnya. Produk yang dikemas sempurna baik dari segi bentuk, kualitas, inovasi, bahkan harganya yang terjangkau tidak akan menarik konsumen sama sekali tanpa menambahkan merek di dalamnya.

Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk

Untuk menyajikan sebuah masakan yang sedap dinikmati maka haruslah dengan bahan terbaik, bumbu terbaik, takaran yang sesuai serta pemberian garam yang sesuai porsi dan jenis masakan. Pemberian garam yang berlebih akan membuat masakan menjadi terlalu asin, begitu pula dengan taburan garam yang terlalu sedikit justru membuatnya hambar. Merek haruslah dibuat berdasarkan produk yang akan dipasarkan, jangan terlalu berlebihan juga jangan terlalu setengah-setengah dalam memberikan merek. Pemberian merek haruslah sesuai dengan porsi serta jenis produk yang ditawarkan.

Mengingat betapa pentingnya merek bagi produk maka pemberian merek tidak boleh asal dan sembarangan. Karena perusahaan sangat bergantung terhadap merek yang akan mereka angkat ke pasaran. Perusahaan harus secara matang dan penuh perhitungan sebelum menelurkan sebuah merek karena suatu merek juga harus membawa citra dari perusahaan tersebut. Semakin besar reputasi dari sebuah perusahaan maka citra yang harus dibangun juga tidak boleh main-main. Oleh karena itu, mereknya juga harus seimbang dengan reputasi beserta citra perusahaan. Pentingnya merek bagi suatuproduk sama halnya pentingnya citra bagi sebuah perusahaan.

Alasan-Alasan Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk di Pasaran

Ada beragam alasan mengenai betapa pentingnya merek bagi suatu produk salah satunya adalah manfaat yang diberikan merek bagi produk. Manfaat yang dapat dirasakan dengan hadirnya merek pada suatu produk bukan hanya dinikmati oleh perusahaan semata. Melalui merek perusahaan akan semakin mudah dalam memasarkan produk-produk mereka. Merek juga menjadi media pembentukan citra yang baik perusahaan dengan jalan mengiklankan kualitas dan reputasi perusahaan. Pentingnya suatu merek bagi produk juga memberikan manfaat bagi para konsumen.

Pentingnya Merek Bagi Produk

Keberadaan merek membantu konsumen untuk mengenali produk yang akan dibeli, dengan adanya merek konsumen dapat membandingkan mutu suatu produk dengan produk lainnya terutama untuk produk yang serupa. Konsumen cenderung akan membeli lagi suatu produk dilain hari setelah merasakan manfaat atau kualitas dari produk tersebut. Dengan merek inilah konsumen dapat mengingat produk yang dikonsumsinya dan membeli lagi jika merasa puas. Lebih jauh lagi, pentingnya merek untuk sebuah produk tidak luput dari tujuan utama yaitu untuk mempertahankan peluang dagang di pasaran.

Setelah mempunyai merek penting bagi perusahaan untuk mendaftarkan merek tersebut ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.  Cara daftar merek dagang memang cukup menyita waktu namun mengingat pentingnya melindungi merek agar tidak digunakan oleh perusahaan lain maka wajib hukumnya bagi perusahaan untuk mendaftarkan mereknya. Rangkaian tahapan untuk mendaftarkan merek dagang diawali dengan penelusuran merek, persyaratan pengajuan, prosedur pendaftaran merek, pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan substantif, pengajuan keberatan dan diakhiri pemeriksaan kembali.

Pentingnya merek untuk suatu produk membuat perusahaan pemilik merek sangat berhati-hati supaya tidak dijiplak perusahaan lain. Proses membuat merek yang tidak mudah dan membutuhkan kreatifitas yang tinggi tentunya tidak inigin begitu saja diambil perusahaan lain. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka perlu adanya perlindungan hukum dengan cara mematenkan brand perusahaan. Karena apabila belum dipatenkan maka perusahaan pesaing dapat setiap saat memakai merek tersebut untuk kemudian mendaftarkannya sebagai merek milik perusahaan tersebut.

Sebuah kerugian yang sangat besar apabila perusahaan sampai kecolongan dan lalai untuk mematenkan dan mendaftakan merek dagang mereka. Mendaftarkan serta mematenkan merek dagang akan memberikan rasa aman dan tenang untuk perusahaan. Rasa aman inilah yang kemudian dapat membuat perusahaan lebih fokus untuk menjaring konsumen. Pemasaran melalui iklan adalah salah satu cara yang efektif untuk mengajak konsumen membeli produk yang ditawarkan. Dalam era dengan teknologi yang semakin maju iklan juga tidak luput dari perhatian perusahaan.

Tampilan dan kemasan serta konsep dari sebuah iklan juga menjadi salah satu indikator pemasaran yang baik. Disamping pentingnya merek bagi produk, iklan juga mempunyai peran yang tidak kalah penting bagi sebuah produk. Produk yang telah dipasarkan dan dikonsumsi oleh para konsumen merupakan sebuah hasil dari proses panjang serta pertaruhan reputasi sebuah perusahaan. Kualitas dan nama besar perusahaan dituangkan dalam merek yang tertempel pada setiap produk diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk para konsumen. Merek haruslah dibuat dengan apa adanya tanpa melebihkan apalagi sampai membohongi konsumen. Pada akhirnya konsumenlah yang akan memutuskan untuk membeli atau tidak suatu produk.

    Chat WA