Perlindungan Merek Dagang

Perlindungan Merek Dagang Bisnis Atau Usaha Anda Belum Anda Dapatkan ? Jangan Anggap Remeh Persoalan Tersebut Jangan Anggap Remeh Persoalan Tersebut karena dampak yang dihasilkan di masa depan bisa sangat besar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kesuksesan perusahaan. Bahkan tidak hanya usaha dalam skala besar dengan banyak keuntungan dan permintaan pasar saja tetapi juga yang kecil hingga menengah.

Perlindungan Merek Dagang

Misalnya saja jenis usaha rumahan, UKM, perajin barang tertentu, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan kekayaan intelektual seperti merek dagang memang harus mendapatkan perlindungan dan pengakuan secara resmi oleh pemerintah. Untuk menciptakan dan memproduksi suatu karya cipta saja tidak mudah dan membutuhkan proses panjang. Kemudian adanya persaingan ekonomi bisnis yang makin berat dan ketat di zaman modern ini. Apabila Anda tidak segera mengajukan permohonan atas merek dagang maka bisa membahayakan dan merugikan diri sendiri.

Tentunya sudah terjadi banyak kasus dimana pihak lain berusaha menggunakan brand yang sama atau melakukan peniruan nama, logo dan produk yang dihasilkan. Apabila sebuah perusahaan telah mendapatkan hak paten dan perlindungan merek maka dapat memproses tindakan tersebut secara hukum. Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada beberapa peraturan undang-undang yang melindungi hak merek dagang, contohnya pada UU Nomor 15 Tahun 2001 mengenai merek.

Perlindungan Merek

Adanya perlindungan merek dagang yang kuat dapat menjadi bukti kalau suatu negara atau bangsa mempunyai peradaban maju. Hal tersebut dikarenakan adanya apresiasi dan penghormatan terhadap karya orang lain. Seperti halnya dengan merek dagang yang merupakan salah satu jenis kekayaan intelektual, sebagai bentuk penemuan dan inovasi yang wajib dilindungi.

Sayang sekali bukan jika hasil kerja keras perusahaan Anda dalam menciptakan merek dagang dijiplak dan digunakan oleh pihak lain? Hal tersebut akan memberikan dampak buruk untuk perkembangan bisnis seperti kehilangan kepercayaan konsumen, memperburuk citra perusahaan, mengurangi profit, kehilangan peluang investasi dan sebagainya. Untuk menghindari adanya tindakan kejahatan tersebut maka Anda wajib segera mendaftarkan merek ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual agar mendapatkan perlindungan merek dagang secara sah.

Akan ada banyak sekali manfaat dan hak istimewa yang akan didapatkan, seperti meningkatkan kualitas barang. Masyarakat dan para konsumen akan lebih senang menggunakan dan mengonsumsi barang dengan merek terdaftar. Kemudian menciptakan kesempatan bisnis di pasar seperti investasi ke perusahaan atau bahkan negara lain. Anda juga berperan serta dalam mengembangkan dunia perekonomian Indonesia karena turut mencegah timbulnya persaingan dagang tidak sehat dan merugikan.

Perlindungan Merek Dagang usaha

Dengan mendaftarkan merek ke Dirjen HAKI juga menjadi sarana masyarakat memberikan penghargaan berupa apresiasi kepada para pencipta produk dagang. Perusahaan akan merasa sangat dihargai karena barang yang dihasilkan mendapat pengakuan baik dari pemerintah maupun orang lain secara luas. Hal ini juga mampu mencegah adanya pihak lain yang ingin melakukan peniruan karena merek tersebut telah mendapatkan perlindungan hukum. Bagi siapapun yang dianggap merugikan bagi perusahaan maka bisa digugat dan menerima hukuman berupa sangsi pidana atau denda uang.

Cara agar Anda mendapatkan perlindungan merek dagang juga sangat mudah yaitu dengan mendaftar di Dirjen HAKI, Kementerian Hukum dan HAM.

Bahkan proses dan prosedur pengurusan juga lebih dimudahkan sekarang ini. Anda bisa langsung mendatangi kantor HAKI di daerah masing-masing. Jika belum yakin maka bisa bertanya dan konsultasi kepada pihak yang bersangkutan terlebih dahulu. Nanti akan diminta mengisi formulir pendaftaran disertai lampiran sebagai syaratnya. Adapun jenis lampiran tersebut antara lain bukti pembayaran pendaftaran, foto kopi KTP, surat kuasa, lembar daftar merek yang didaftarkan, daftar produk, dan masih banyak lagi.

Setelah semua berkas lengkap maka bisa langsung segera diurus, kemudian menunggu keluarnya sertifikat hak paten atas merek terdaftar. Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat sebelum melakukan pendaftaran yaitu mengecek daftar merek dagang yang telah resmi terdaftar di Dirjen HAKI. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya penolakan karena merek Anda memiliki kesamaan dengan milik orang lain yang lebih dahulu terdaftar di sana.

Perlindungan Merek Dagang perusahaan

Jika mengabaikan hal ini maka risikonya cukup besar karena Anda mengalami kerugian dan terpaksa mengganti dengan nama merek yang baru. Menunggu surat keputusan keluar memang terbilang lama yaitu sekitar 18 bulan. Jika sudah mendapatkannya maka Anda memperoleh hak eksklusif hak cipta atas merek dagang dari produk perusahaan. Dengan begitu, Anda resmi terdaftar serta mendapatkan perlindungan merek dagang dan usaha.

Memberikan perlindungan merek usaha dan dagang dengan mendaftar di Dirjen HAKI Indonesia memang sangat penting. Banyak pengusaha yang terlalu menunda-nunda sehingga akhirnya merasa dirugikan sendiri. Pasalnya sekarang ini banyak sekali pihak yang berbuat curang demi mendapatkan keuntungan lebih. Jangan sampai produk yang susah payah diciptakan malah diambil dan diatas nama oleh orang lain.

    Chat WA