Permintaan Pendaftaran Merek Dagang

Permintaan Pendaftaran Merek Dagang

Permintaan Pendaftaran Merek Dagang Memanglah Sangat Banyak, Apalagi Banyak Sekali Lembaga Atau Individu Yang Ingin Mendapatkan Merek Dagang Masing-masing Untuk Industri Atau Bisnisnya. Untuk itu ada beberapa ketentuan dalam pendaftaran merek dagang agar oknum yang tidak bertanggung jawab tidak memanfaatkan bisnis ini. Banyak juga konsultan-konsultan merek dagang yang memberikan janji untuk mempercepat proses, padahal ditjen HKI sudah memiliki proses tersendiri dalam pembuatan merek dagang.
Maka dari itu tidak sembarang merek dagang dapat di ACC oleh pihak ditjen HKI. Sebenarnya hanya ada dua prosedur dalam permohonan pendaftaran merek dagang yaitu permohonan dari pemohon dan pengajuan kepada pihak ditjen HKI. Maka dari itu merek dagang sangatlah penting bagi setiap perusahaan atau lembaga yang memiliki suatu produk.

Permintaan Pendaftaran Merek

Berikut beberapa aspek ketentuan dalam permintaan pembuatan merek dagang, jadi dapat ditekankan kembali tidak semua orang dapat memberikan permintaan pendaftaran merek dagang tanpa persyaratan atau ketentuan tertentu yang sudah dibuat oleh ditjen HKI.

1. Pengajuan permohonan merek dagang.
Dengan Anda mengajukan secara online dan Anda dapat masuk ke ditjen HKI tersebut Anda juga berpeluang untuk lolos diseleksi dalam penerimaan hak paten suatu merek dagang. Memang membutuhkan banyak persyaratan, dan persyaratan tersebut harus Anda siapkan jauh-jauh hari untuk menghindari salah atau kekurangan persyaratan.
2. Proses pemeriksaan oleh Ditjen HKI.
Dilakukan hal ini apabila Anda sudah mengirimkan persyaratan secara lengkap dan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap di website Ditjen HKI. Maka dari pihak HKI akan memeriksa segala kelengkapan dan mengecek apakah layak atau tidak lembaga yang Anda daftar. Maka dari itu perlu ketelitian dan persiapan dalam permohonan merek dagang supaya mudah untuk proses selanjutnya yang memang juga membutuhkan waktu yang sangat lama.
3. Pengumuman merek dagang dari pihak Ditjen HKI.
Setelah Anda menyelesaikan semua dan pihak HKI sudah menyortir semua permintaan permohonan pendaftaran merek dagang, maka akan diumumkan, biasanya diumumkan 3 bulan setelah pembuatan permohonan merek dagang. Dan pengumuman tersebut biasanya dilakukan dalam sebuah website resmi dari team HKI. Maka dari itu Anda mengecek website HKI setiap saat juga perlu untuk mengetahui apakah perusahaan atau lembaga merek dagang sudah dapat memiliki hak paten atu belum.

Permintaan Pendaftaran Merek Dagang

Setelah Anda mengetahui pengumuman dan merek dagang Anda di ACC oleh pihak HKI maka Anda dapat mengajukan permohonan dan sanggahan apabila Anda tidak stuju dengan ketentuan dari pihak HKI. Anda dapat mengajukan keberatan dan Anda dapat menggunakan pengajuan keberatan itu untuk memberikan waktu HKI untuk mengecek ulang merek dagang yang Anda ajukan. memang hal ini membutuhkan waktu yang lama tetapi memang hal ini merupakan salah satu cara Anda menjadi lebih kritis terhadap apa yang Anda ajukan. maka dari itu perlu sekali Anda mengecek ulang pengajuan merek dagang agar menghindari hal ini, supaya Anda tidak banyak mengulur waktu dan mempercepat proses hak paten dalam sebuah merek dagang.
Itulah beberapa ketentuan dari Ditjen HKI dalam pembuatan merek dagang, dimana hal tersebut sangatlah penting Anda ketahui sebelum Anda melakukan permintaan pendaftaran merek dagang Anda. Maka dari itu sebisa mungkin Anda menyiapkan segala ketentuan dan persyaratan dalam pembuatan merek dagang atau permohonan pengajuan merek dagang. Permintaan pendaftaran merek dagang memang tidak semua dapat diterima oleh pihak HKI, maka dari itu Anda dan lembaga yang ingin mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang memang perlu pertimbangan dan persiapan yang matang untuk menghindari penolakan dari pihak HKI. Semoga artikel saya membantu Anda, terima kasih dan salam sukses.

    Chat WA