Permohonan Pendaftaran Merek

Permohonan Pendaftaran Merek Merupakan Langkah Awal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Sebuah Bisnis. Apabila bisnis yang Anda di bidang franchise atau waralaba, hal tersebut mungkin tidak terlalu penting. Tapi, bila akan menjalankan bisnis dengan produk dan merek yang diciptakan sendiri, proses itu perlu dimasukkan ke dalam tahap awal perencanaan. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini ada berbagai jenis usaha, mulai dari online maupun offline dengan merek dagang masing-masing.

Permohonan Pendaftaran Merek

Namun, ternyata di antara merek dagang itu ada yang belum didaftarkan karena masalah biaya permohonan pendaftaran merek ke lembaga terkait, yaitu Ditjen HKI (Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual). Mungkin sebagian besar dari mereka, khususnya pemula berfikir, lebih baik menjalankan usaha terlebih dahulu hingga jangka waktu tertentu, kemudian barulah merek dagang didaftarkan. Sebetulnya, hal itu kurang tepat, mengingat persaingan bisnis yang terjadi saat ini semakin ketat dan kemungkinan bisa berpengaruh terhadap merek dagang.

Permasalahan yang sering muncul akibat kesalahan pebisnis ialah adanya produk saingan yang bermerek sama. Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya, bukan? Jika telah memulai sebuah bisnis dan penjualannya cukup baik, tapi sesudah itu Anda tahu bahwa ternyata merek yang ingin disematkan pada produk digunakan oleh pebisnis lain. Bahkan, bisa saja merek tersebut telah terdaftar di lembaga Ditjen HKI. Bila sudah demikian, Anda tidak bisa meminta merek itu kembali karena telah didaftarkan orang lain ke lembaga terkait. Tentunya Anda ingin mengurangi resiko ini hingga sekecil mungkin demi kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Untuk menghindarinya sendiri tidaklah sulit, yang terpenting Anda harus disiplin dan menjalankan bisnis sesuai aturan. Setelah itu, baru memperhatikan hal-hal yang bisa memudahkan Anda untuk mengajukan pendaftaran merek dagang. Pertama, Penelusuran merek untuk menghindari penolakan dari lembaga terkait saat hendak mendaftarkannya. Penelusuran merk tersebut dapat dilakukan melalui bantuan Google atau pihak-pihak yang menangani masalah ini.

Kedua, Persyaratan pengajuan permohonan yang harus disiapkan untuk mendaftarkan merk dagang, seperti formulir lengkap dari pemohon (perorangan/perusahaan), fotokopi KTP pemohon, fotokopi NPWP (khusus untuk perusahaan), surat pernyataan kepemilikan, surat kuasa (bila diperlukan),membawa 30 contoh merek dengan ukuran minimal 2 x 2 cm dan maksimal 9 x 9 cm serta mempersiapkan daftar barang atau jasa yang telah diberi merek. Ketiga, Prosedur pendaftaran merek, terbagi menjadi pengajuan merek oleh pemohon secara langsung dan melalui proses verifikasi oleh Ditjen HKI. Sebagai pemohon, Anda harus mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berbagai syarat lainnya, seperti surat keterangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), etiket merek, bukti pembayaran pendaftaran merek, surat kuasa khusus serta bukti penerimaan permintaan pendaftaran merek. Setelah itu, akan diperiksa oleh Ditjen HKI sampai akhirnya sertifikat merek Anda diterbitkan.

syarat Permohonan Pendaftaran Merek

Keempat, Pemeriksaan formalitas dan substantif yaitu tahap diperiksanya semua kelengkapan persyaratan untuk mendaftarkan merek tertentu. Pastikan Anda telah melengkapi semua pernsyaratan permohonan pendaftaran merek yang diminta oleh Ditjen HKI. Sebab, apabila masih kurang lengkap belum bisa dikabulkan dan akan ditunggu hingga 2 bulan sejak surat permintaan pertama diterima untuk melengkapinya. Lalu pemeriksaan substantif, yakni dilakukan dalam jangka waktu sebulan sejak tanggal penerimaan pengajuan registrasi merek diterima oleh Ditjen HKI. Umumnya, pemeriksaan substantif dilakukan oleh lembaga terkait paling lama 8-9 bukan.

Kelima, Pengajuan keberatan bisa dilakukan setelah disetujui. Biasanya sepuluh hari sesudah itu, Ditjen HKI akan mengumumkan permohonan Anda di sebuah berita resmi merek dan pengumuman akan berlangsung hingga tiga bulan. Jadi, pastikan untuk mengecek perihal ini secara berkala dan apabila Anda merasa keberatan, bisa mengadukan keberatan secara tertulis pada lembaga Ditjen HKI paling lama 2 bulan sejak penerimaan salinan keberatan.

Keenam, Pemeriksaan kembali dilakukan sebagai pertimbangan untuk mengadakan pemeriksaan kembali terhadap pemohon (bila merasa keberatan). Pemeriksaan tersebut biasanya diselesaikan paling lama 2 bulan setelah masa pengumuman berakhir. Kalau selama itu tidak ada permasalahan, Ditjen HKI akan menerbitkan sertifikat dan menyerahkannya pada Anda atau kuasa Anda kurang lebih 30 hari sejak tanggal permohonan disetujui dalam daftar merek.

Permohonan Pendaftaran Merek dagang

Tapi, suatu merek tidak dapat didaftarkan apabila permohonan pendaftaran merek dilandasi dengan niat buruk.

Misalnya, seperti pengusaha sate ayam mendaftarkan merek ‘SATE ENDES’ di kelas serta jenis barang hasil olahan daging ayam. Kalau ada pengusaha lain yang mendaftarkan merek sama di kelas serta jenis jasa restoran dengan niat ingin menghalangi pengusaha sate ayam tadi, maka pendaftaran kedua dianggap sebagai itikad tidak baik dan tidak akan disetujui.

Selain itu, bila merek bertentangan dengan perundangan-undangan, kesusilaan atau ketertiban umum dan moralitas agama akan dibatalkan. Permohonan pendaftaran brand juga akan ditolak apabila memiliki persamaan baik pada pokok maupun keseluruhan dengan merek terkenal, merek yang telah terdaftar dan indikasi geografis yang telah dikenal. Hal itu juga berlaku pada merek yang menggunakan nama dan foto orang terkenal atau nama lembaga lain (kecuali jika telah mendapat persetujuan).

menyerupai atau merupakan tiruan dari nama, singkatan nama, lambang, bendera, simbol negara, lembaga nasional dan lembaga internasional serta merupakan tiruan dari tanda atau cap resmi yang digunakan negara/lembaga pemerintahan, kecuali telah ada persetujuan secara tertulis. Sepertinya, mendaftarkan merek dagang terlihat sangat rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ya? Tapi tentu akan berdampak pada kelangsungan bisnis Anda, sehingga akan berjalan hingga bertahun-tahun. Maka dari itu, perencanaan awal untuk mendaftarkan merek ini merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh Anda abaikan.

    Chat WA