Prosedur Pendaftaran Hak Merek Secara Umum

Prosedur Pendaftaran Hak Merek Secara Umum Terbagi Ke Dalam Dua Proses. Proses Pertama Berkaitan Dengan Pengajuan Merek Yang Dilakukan Oleh Pemohon. Proses kedua adalah verifikasi yang dilakukan oleh lembaga terkait, dalam hal ini Dirjen HKI lah yang berwenang. Pada proses awal, pemohon menyerahkan berkas atau formulir pendaftaran merek yang sebelumnya telah diisi lengkap dan jelas. Penyerahan formulir ini bisa dilakukan sendiri oleh individu pemohon atau bisa juga melalui kuasa atau jasa konsultan HKI. Formulir ini harus disertai dengan surat pernyataan yang menerangkan bahwa merek yang didaftarkan adalah resmi miliknya, akta perorangan atau perseroan jika pemohon merupakan badan hukum dan sejenisnya.

prosedur pendaftaran hak merek

Selain itu, berkas juga harus lengka dengan adanya materai yang cukup, hardcopy merek, surat kuasa jika erlu, bukti pembayaran biaya daftar, bukti penerimaan pendaftaran, dan salinan peraturan penggunaan merek. Dalam proses ini, pemohon juga bisa sekaligus mengurus hak paten merek dagang di Indonesia. Pengurusan hak paten ini biasanya sudah termasuk ke dalam prosedur tadi. Yang perlu menjadi catatan ketika mendaftar adalah waktu dan juga persyaratan yang lengka. Tidak sedikit contoh kasus pendaftaran merek ditolak oleh Dirjen HKI dengan alasan persyaratan yang kurang lengkap. Waktu pendaftaran merek dagang juga sering menjadi faktor diterima atau tidaknya suatu merek dagang atau jasa. Proses pendaftaran ini memakan waktu yang tidak sebentar. Dan oleh karena itulah, tidak sedikit pemohon membatalkan pengajuan pendaftaran merek dagangnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,

salah satu proses dalam prosedur pendaftaran hak merek diperlukan bukti pembayaran biaya daftar.

Biaya pengurusan hak paten merek produk di Indonesia sendiri cukup bervariatif. Tergantung cara pendaftaran yang dilakukan, apakah melalui cara elektronik (online atau dengan cara manual (non elektronik). Bukti pembayaran permohonan ini harus disertakan pula pada proses pendaftaran. Jika jumlah klaim dibawah angka 10, biaya tambahan tersebut tidak perlu dibayarkan.

mengurus hak paten merek dagang di Indonesia

Semua bukti pembayaran dari pengurusan hak paten merek tersebut haruslah disertakan pada saat penyerahan berkas berikut formulir pengajuan permohonan. Biaya-biaya diatas sewaktu-waktu bisa saja berubah. Dan bagi Anda yang menggunakan jasa konsultan, biaya diatas disesuaikan dengan jasa konsultan yang digunakan. Melihat dari biaya pengurusan hak paten diatas, sedikitnya bisa dipahami jika prosedur yang berlaku dalam pendaftaran hak paten merek ini tidaklah mudah. Perlu adanya pengetahuan terlebih dahulu dan cara pengajuan kepada Dirjen HKI. Mengingat biaya yang cukup lumayan ini bisa menjadi sia-sia jika pengajuan ternyata ditolak.

Jika rincian biaya pengurusan hak paten merek sudah diketahui maka langkah selanjutnya dalam prosedur pendaftaran hak merek adalah mendaftarkan berkas lengkap pemohon ke Dirjen HKI. Proses ini kemudian dilanjutkan dengan proses kedua, yaitu proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Dirjen HKI sendiri. Proses pemeriksaan substantif dilakukan dalam waktu kurang lebih 30 hari yang dilanjutkan dengan pengumuman permohonan sekitar 1 hari. Pengumuman permohonan disetujui atau tidaknya berkas tersebut biasanya menghabiskan waktu sekitar 3 bulan.

Biaya pengurusan hak paten merek produk

Dalam waktu 3 bulan tersebut, pemohon bisa mengajukan keberatan kepada Dirjen HKI dengan penambahan biaya. Jika ternyata ada keberatan atau sanggahan dari proses pemeriksaan tersebut maka pihak Dirjen HKI berhak melakukan pemeriksaan kembali dan mengulang proses pemeriksaan dari awal. Namun, jika tidak ada sanggahan atau keberatan, Dirjen HKI akan menerbitkan dan memberikan sertifikat merek kepada pemohon, sekurang-kurangnya dalam waktu 30 hari sejak diumumkannya pengumuman permohonan. Untuk penerbitan Sertifikat Merek tadi, dikenakan biaya tambahan kepada pemohon sebagai syarat terakhir.

Itulah alur tahapan atau prosedur dalam proses daftar hak paten merek dagang HKI secara global. Pada pelaksanaannya, proses daftar ini sering terkendala dimulai dari kelengkapan syarat pada saat pengajuan permohonan. Maka disarankan bagi Anda yang berencana mendaftarkan hak paten merek, usahakan untuk melengkapi berkas-berkas sebelum penyerahan dilakukan ke Dirjen HKI.

    Chat WA