Prosedur Permohonan Pendaftaran Merek

Prosedur Permohonan Pendaftaran Merek Sebenarnya Mudah, Anda Harus Ikuti Syaratnya Dengan Baik Agar Diterima. Anda Hanya Perlu Menyiapkan Beberapa Persyaratan. Pendaftaran merek secara resmi kepada Dirjen HKI harus dilakukan agar merek dagang milik Anda memiliki kekuatan di dalam hukum. Merek bukan hanya sekadar nama, tapi juga “harta” Anda, jika ada yang mengusiknya maka Anda jadi bisa mendapatkan bantuan dalam hal hukum. Misalnya, jika ada seseorang memiliki jasa atau produk menggunakan nama merek yang sama dengan Anda maka Anda bisa menuntutnya secara hukum jika keberatan.

Pengertian merek dagang

Namun jika merek Anda saja tidak terdaftar secara resmi maka Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Setiap Anda memiliki produk dan jasa memang harus memiliki merek dagang. Pengertian merek dagang adalah simbol yang terasosiasi dengan produk/jasa yang mempunyai arti. Dalam hal ini, merek bukan hanya nama tapi juga logo, kata, gambar, desain, dan lambang yang mewakili produk milik Anda. Merek dagang termasuk pada kekayaan intelektual. Merek ini bisa menjadi penanda bagi produk Anda atau bisa dibilang identitas yang sangat penting. Sudah mengerti dengan manfaat dari merek dagang? Sekarang mari berbicara mengenai prosedurnya.

Sebelum melakukan prosedur permohonan pendaftaran merek,

Prosedur permohonan pendaftaran merek

Anda harus cek dulu mengenai merek dagang yang Anda gunakan. Pemilihan nama merek dagang adalah salah satu syarat agar pengajuan Anda bisa diterima oleh Ditjen HKI (hak kekayaan intelektual) yang menjadi pihak berwenang akan penerimaan merek dagang Indonesia. Jika nama merek yang diajukan sudah dimiliki orang lain dan sudah didaftarkan maka Anda tidak bisa lagi menggunakannya. Jika nama merek sudah Anda tentukan karena aman maka kemudian lengkapi persyaratan pengajuannya. Anda bisa email konsultan hki terdaftar kami.

Syarat-syaratnya antara lain, banyak contoh merek yang akan diajukan dengan ukuran minimal 2×2 cm dan maksimal 9×9 cm, daftar jasa dan barang yang akan diberi nama merek, jika diperlukan siapkan surat kuasa, surat pernyataan kepemilikan, jika perusahaan siapkan fotokopi NPWP, dan fotokopi KTP Anda. Setelah itu Anda baru bisa melakukan prosedur pendafatran merek. Dalam hal ini ada dua bagian, ada yang dilakukan langsung oleh pemohon, dan ada yang lewat verifikasi Dirjen HKI. Lalu Anda sebagai pemohon harus mengisi formulir pendaftaran merek kemudian lengkapi syarat yang lainnya. Antara lain etiket merek, surat keterangan UMKM, surat kuasa hukum, bukti penerimaan permintaan pendaftaran merek, dan bukti pembayaran pendaftaran merek. Jika semua sudah diberikan ke Ditjen HKI maka mereka akan memeriksanya sampai ada sertifikat merek yang diberikan.

Prosedur permohonan pendaftaran merek selanjutnya adalah pemeriksaan substantif dan formalitas. Pemeriksaan formalitas maksudnya adalah pemeriksaaan kelengkapan dari persyaratan pendaftaran merek. Jika semuanya sudah lengkap maka Anda bisa lanjut ke proses selanjutnya. Namun jika kurang lengkap maka Anda akan diberi waktu selama 2 bulan agar melengkapinya. Sedangkan pemeriksaan substantif akan dilakukan selama satu bulan sejak mereka menerima permohonan pendaftaran merek.

merek dagang Indonesia

Namun paling lama bisa 9 bulan. Jika disetujui maka 10 hari sesudah penyetujuan Ditjen HKI akan mengumumkan permohonan Anda pada berita resmi merek. Di saat itulah Anda bisa tahu apakah Anda telah mendapatkan izin merek dagang atau belum. Anda bisa cek lagi secara berkala. Lalu, apabila Anda keberatan dengan keputusan mereka maka Anda bisa mengajukannya secara tertulis kepada pihak Ditjen HKI lagi. Jika demikian maka pihak Ditjen HKI akan melakukan pertimbangan terhadap keberatan tersebut dan memeriksanya kembali. Jangka waktu pemeriksaan adalah paling lama dua bulan sejak masa pengumuman berakhir.

Apabila dalam pelaksanaan prosesnya tidak ada masalah maka Ditjen HKI akan langsung memberi sertifikat merek pada pemohonnya. Dengan begini maka izin hak merek Anda telah dimiliki. Begitulah bagaimana prosedur permohonan pendaftaran merek yang harus Anda lakukan. Oleh karena hak paten akan sebuah penemuan atau merek sangat penting di mata hukum maka Anda harus langsung mendaftarkan merek produk Anda setelah atau sebelum produk Anda dipasarkan. Bagaimana dengan pembahasan ini? Anda sudah mengerti? Semoga apa yang disampaikan di sini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasinya dan semoga Anda berhasil mengajukan merek dagang Anda secara resmi.

    Chat WA