Proses & syarat pendaftaran hak paten merek

Proses & Syarat Pendaftaran Hak Paten Merek Perlu Anda Pelajari Dengan Benar Agar Prosesnya Bisa Berjalan Dengan Baik. Mendaftarkan Hak Paten Sebuah Merek Memang perlu sekali karena merek merupakan salah satu kekayaan intelektual yang harus dilindungi oleh hukum. Syarat pendaftaran hak paten sebuah merek memang banyak dan prosesnya cukup panjang. Anda perlu menunggu sampai beberapa bulan sampai pendaftaran disetujui dan Anda mendapatkan izin hak paten terhadap merek Anda.

Proses & syarat pendaftaran hak paten merek

Yang termasuk ke dalam merek yang didaftarkan di sini harus berupa nama merek dagang, logo merek dagang, dan warna merek dagang secara lengkap agar bisa jadi identitas dari produk yang Anda jual. Selain merek dagang, merek yang bisa didaftarkan adalah merek kolektif, dan merek jasa. Fungsi merek dagang itu ada banyak, antara lain menjamin reputasi produk, menjadi pembeda dengan produk lain, menunjang pertumbuhan industri, dan memperkenalkan atau mempromosikan produk. Inilah mengapa Anda harus memberikan sebuah merek pada produk yang dijual, dan agar lebih aman harus didaftarkan secara resmi.

Dengan mengikuti proses dan syarat pendaftaran hak paten merek dengan baik maka Anda akan lebih mudah mendapatkan izin hak paten merek. Syarat yang harus Anda lengkapi untuk bisa mengajukan pendaftaran antara lain, biodata yang diisi secara lengkap oleh pemohon berupa nama, alamat dan kewarganegaraannya, daftar barang yang akan diberi label (merek), contoh-contoh merek dagang dengan ukuran minimal 2 x 2 cm dan maksimal 9 x 9 cm. Merek dagang adalah berupa nama, gambar, huruf, kata, kombinasi, angka, dan susunan dari sebuah barang. Syarat lainnya ada surat kuasa (apabila dikuasakan), surat pernyataan kepemilikan produk, fotokopi NPWP jika pemohonnya perusahaan, dan fotokopi KTP.

Jika sudah lengkap maka Anda akan bisa menjalani prosesnya. Namun jika belum lengkap maka direktorat jenderal kekayaan intelektual selaku pihak yang bertanggung jawab dalam penerimaan akan meminta Anda untuk melengkapinya. Jangka waktu yang akan diberikannya adalah selama 2 bulan. Agar tidak ada masalah lainnya lebih baik sebelum mendaftarkan merek dagang maka Anda harus cek dulu nama merek yang akan digunakan. Siapa tahu nama yang akan Anda ajukan sudah didaftarkan oleh orang lain. Jika begini maka sudah pasti permohonan Anda akan ditolak.

logo merek dagang

Proses & syarat pendaftaran hak paten merek yang pertama

berjalan adalah Anda harus mengisi formulir permohonan kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HKI) secara tertulis. Bisa Anda berikan sendiri maupun dengan dikuasakan pada orang lain. Kemudian harus membayar sejumlah biaya permohonan merek, dan berikan persyaratan lainnya kepada Dirjen HKI. Persyaratan lainnya adalah surat pernyataan dari pemohon dengan materai 6000 rupiah yang isinya mengatakan bahwa Anda pemilik merek yang diajukan, salinan resmi mengenai akte pendirian badan hukum beserta fotokopinya yang telah dilegalisir notaris tapi ini jika yang jadi pemohonnya badan hukum, jika diajukan kepada kuasa maka harus ada surat kuasa khusus, fotokopi KTP pemohon, dan 24 lembar etiket merek. Etiket merek adalah contoh-contoh merek dagang yang akan didaftarkan.

Merek dagang adalah

Merek dagang adalah berupa logo, nama, bentuk, huruf merek produk Anda. Semuanya harus dicantumkan pada etiket merek yang dituliskan di dalam kertas. Jika syarat ini telah selesai Anda berikan maka proses selanjutnya akan berjalan. Proses selanjutnya adalah Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual akan memeriksa kembali persyaratan kedua ini dilanjutkan dengan petugas loket memberikan bukti diterimanya permohonan, dan mengajukan permohonan kepada Dirjen HKI. Nanti mereka akan memeriksa kelengkapan permohonan merek, dan administrasi Anda. Jika semuanya sudah lengkap maka selanjutnya Dirjen akan melakukan sebuah pemeriksaan substantif maksimal 30 hari sejak penerimaan permohonan diterima. Lalu, jika pemeriksaan telah selesai dan disetujui maka akan diumumkan pada berita resmi merek paling lama selama 10 hari setelah pemeriksaan selesai.

Pengumuman akan terpasang selama 3 bulan. Apabila Anda tidak mengajukan keberatan maka nanti sertifikat kepemilikan merek akan diberikan kepada pemohon sampai dengan 30 hari dimulai dari berakhirnya masa pengumuman. Jika sudah begini maka selesai sudah segala proses & syarat pendaftaran hak paten merek Anda. Anda sudah memiliki hak atas merek yang didaftarkan, jika nanti ada orang yang mengusik nama merek ini maka Anda bisa menuntut ke jalur hukum jika memang ada hal yang tidak diinginkan karena mereknya sudah resmi milik Anda.

    Chat WA