Sertifikat Merek

Sertifikat Merek Akan Anda Peroleh Jika Pendaftaran Merek Dagang Anda Disetujui Oleh Ditjen HKI, Konsultan HKI Terdaftar Kami Siap Membantu Pendaftaran Merek. Ya, apalagi untuk mereka yang akan mengajukan daftar merek dari produk atau pun jasa yang mereka miliki. Memang, hal ini terkadang masih di anggap kurang dibutuhkan untuk mereka dalam memberikan sertifikat merek terhadap merek dari jasa atau pun produk yang dimiliki. Padahal, dengan mempunyai sertifikat ini, tingkat legalitas dari hukum sudah jelas keterjaminannya. Hal ini memang menjadikan langkah yang tepat dalam upayanya untuk dilegalkan dalam peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku terhadap merek yang bersangkutan. Bila hal ini sudah jelas dan terdaftar, bukanlah suatu hal yang akan menyusahkan proses hukumnya. Nah, di sini tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu, sebenarnya apa sih pengertian atau definisi dari sertifikat merek ini? Oke, simaklah pembahasannya di bawah ini.

Konsep dari Merek
Apa sih merek? Merek ya dapat dikatakan penanda agar kita ingat. Ya, memang dapat dikatakan begitu. Tetapi, di sini dapat dijelaskan bahwa merek merupakan suatu tanda dimana dapat berupa nama, kata, huruf-huruf, gambar, warna, dan bahkan adanya kombinasi warna atau pun unsur-unsur yang telah dijelaskan sebelumnya. Nah, yang membedakan mereka dengan yang lain adalah adanya suatu kegunaan untuk digunakan dalam area aktivitas atau pun kegiatan dalam bentuk perdagangan yang bisa barang atau pun jasa. Di sini Anda jadi tahu dan paham kan apa yang dinamakan merek, dan kemudian selanjutnya adalah membahas mengenai sertifikat merek.

Hal-hal Tentang Sertifikat Merek

Di sini dibahas mengenai merek dimana dikhususkan pada sertifikat merek. Hal tersebut akan atau dapat diterbitkan oleh Direktorat Jenderal yang diberikan kewenangan untuk menerbitkan sertifikat yaang telah diajukan oleh pemohon beserta kuasanya. Dalam suatu sertifikat untuk merek tersebut, biasanya memuat yakni nama lengkap beserta alamat yang harus lengkap pada pemilik merek produk atau jasa yang didaftarkan, selanjutnya adalah nama dan alamat lengkap kuasa, tanggal dimana pengajuan beserta penerimaan, dan bagaimana langkah etiket dari merek baik produk atau pun jasa yang akan didaftarkan. Terkait dengan permohonan dari merek ini, ada beberapa macam jenis dari permohonan dari pendaftaran. Yakni, permohonan pendaftaran dari merek terdaftar, permohonan untuk pencatatan perubahan dalam nama serta alamat, permohonan untuk pencatatan pembatalan dalam merek terdaftar, permohonan dalam penghapusan merek yang telah tedaftar, dan lain sebagainya.
Dari hal-hal yang telah dijelaskan di atas, sebagai upaya dalam pembuatan sertifikat untuk merek tersebut, Anda harus dengan jeli dan teliti dalam menentukan jasa yang akan Anda gunakan dalam penyelesaian proses Anda dalam melakukan pendaftaran dan diikuti dengan permohonan dengan jenis yang telah ditentukan.

Jasa yang dapat Anda pilih tersebut ialah jenis jasa yang memang sudah berkompeten di bidang merek, terjamin legalitasnya, serta juga sudah cukup terbukti kepercayaannya. Memang, hal tersebut gampang-gampang susah dilakukan, tetapi bila sudah menemukan layanan jasa yang pas di bidang tersebut artinya Anda tidak perlu khawatir akan hal itu.
Selanjutnya adalah semoga pembahasan atau ulasan yang telah dibahas memberikan Anda informasi dan menambah manfaat bahwa penting sekali untuk mempunyai suatu sertifikat dalam merek untuk produk atau pun jasa yang Anda miliki. Karena legalitas hukum atau perundang-undangan yang berlaku menjadikan langkah yang tepat dalam mengelola usaha atau jasa yang Anda miliki semakin terpercaya keterjaminannya dalam usaha.

Sertifikat merek dagang yang anda miliki menjadi bukti yang konkret akan suatu merek usaha pribadi yang sedang anda bangun memiliki keabsahan dan terdaftar secara resmi sesuai undang-undang yang mengatur tentang hal tersebut. Jika anda seorang pebisnis baik yang sudah lama berkecimpung di dalamnya atau yang baru saja memulai usaha secara pribadi, maka jika suatu produk yang anda pasarkan tidak memiliki brand atau nama yang menjelaskan ciri khas akan terbilang rumit untuk bersaing dengan usaha kelas atas. Bagi anda pemula atau basic businessman, anda tidak perlu khawatir dan merasa pesimis dengan bisnis yang perusahaan sudah memiliki usaha yang besar. Karena langkah yang seharusnya dilakukan yaitu dengan menyusun planning atau usaha bisnis yang matang sebelum melangkah lebih jauh untuk menjalankannya. Salah satunya yaitu dengan mempersiapkan merek suatu produk yang wajib anda daftarkan untuk memperoleh sertifikat merek dagang sebagai bukti sah kepemilikan akan merek tersebut. Peran merek atau tahap perencanaan pada jenis bisnis yang berjenis seperti waralaba atau franchise tidaklah terlalu penting dan mempengaruhi perjalanan bisnis ke depannya. Namun untuk bisnis pribadi dengan merek yang anda ciptakan sendiri langkah mendaftarkan merek dagang ini wajib anda lakukan terlebih dahulu. Meskipun masih banyak usaha yang mengcopy-paste merek suatu dengan dengan membuat seolah produk yang dihasilkannya terlihat hampir sama persis namun dengan kualitas yang lebih minim, maka langkah ini tidak patut untuk diakui sebagai usaha keras dan memperoleh keberhasilan.

 

Sertifikat Merek

Dampak dari perkembangan teknologi yang semakin berkembang membuat hampir semua orang ingin membuat peluang bisnis baik secara offline maupun online. Pada pebisnis tidak lagi berfokus untuk mendapatkan sertifikat merek dagang terlebih dahulu sebelum mulai memasarkan produk dengan merek yang diciptanya. Juga tak banyak bisnis yang menggunakan media internet sebagai target pemasaran yang memiliki merek dagang sudah terdaftar. Tapi, beberapa survei yang melihat ternyata masih banyak bisnis online yang ternyata belum memiliki merek dagang atau belum didaftarkan. Dengan alasan membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mendaftarkan merek dagang ke lembaga terkait, para penjual masih tetap saja memasarkan produknya dengan ligat. Banyak yang masih berfikir dengan tindakan memasarkan produk terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu jauh lebih maksimal dibandingkan terlalu cepat mendaftarkan merek produk. Karena bisa saja setelah merek terdaftar, usaha yang dijalankan tidak memiliki pengaruh apa pun dalam hal perkembangan. Dengan langkah yang pasti hal ini menjadi salah satu tindakan yang kurang tepat untuk diterapkan bagi seorang pebisnis. Di zaman yang sudah serba modern juga menjadi permasalahan bagi para pebisnis dimana persaingan yang dirasakan semakin ketat sehingga merek dagang yang dimiliki akan mengalami pengaruh besar. Karena seringnya bermunculan merek yang sama terhadap suatu produk, dengan memiliki sertifikat merek dagang anda dapat membuktikan bahwa andalah pemilik merek tersebut.

Setelah anda melakukan penelusuran untuk mendapatkan inspirasi dari referensi merek yang ingin anda buat, anda dapat langsung mendatangi Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) dengan membawa syarat yang dibutuhkan untuk memperoleh sertifikat merek dagang seperti anda sebagai pemohon berupa perorangan atau perusahaan mengisi biodata yang biasanya dilampirkan format nama, alamat, dan kewarganegaraan, anda wajib memberikan 30 merek dengan ukuran maksimal 9×9 cm atau minimal 2×2 cm, barang dan jasa yang diberi merek juga wajib anda bawa, membuat surat pernyataan kepemilikan, surat kuasa, fotokopi KTP, fotokopi NPWP jika pemohon dari suatu perusahaan. Langkah atau prosedur pendaftaran merek dapat anda pilih diantara dua pilihan yaitu pengajuan merek oleh pemohon langsung atau melalui proses verifikasi yang biasanya dilakukan oleh Ditjen HKI. Dalam pengisian formulir anda akan dimintai syarat lainnya seperti surat keterangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), bukti penerimaan permintaan pendaftaran merek, etiker merek, surat kuasa khusus, dan bukti pembayaran pendaftaran merek. Sebagai suatu lembaga khusus yang harus dijalani sesuai prosedur, pada pendaftaran merek adanya pemeriksaan formalitas pertama yang harus anda siapkan terlebih dahulu yaitu perlengkapan registrasi merek tertentu. konsekuensi yang anda terima jika tidak memenuhi syarat pemeriksaan formalitas pertama, maka Ditjen HKI akan memberikan waktu 2 bulan untuk dilengkapi kembali. Jika Ditjen HKI telah memeriksa persyaratan dan anda telah melengkapinya, maka Ditjen HKI akan menerbitkan sertifikat merek dagang.

    Chat WA