Sistem Konstitutif

Segera lakukan pendaftaran merek dagang memang merupakan suatu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan yang memproduksi suatu produk. Hal tersebut karena merek merupakan sebuah hal yang menjadi cirri khas dari suatu produk dari sebuah perusahaan dan memang menjadi penanda dari produk agar bisa dikenal oleh masyarakat / konsumen secara luas. Merek dari sebuah produk sendiri juga merupakan sebuah hak milik yang harus didaftarkan agar nantinya tidak diambil dan tidak dijiplak oleh produsen lain untuk menggunakan merek yang sama. Selain itu dari sebuah merek nantinya juga akan memberikan ciri khas, cita rasa dan juga nilai ekonomi bagi sebuah produsen. Pendaftaran merek dari suatu produk juga sangat penting karena jika suatu merek produk tidak didaftarkan, maka nantinya tidak akan mendapatkan setifikat dan merek yang tidak memiliki sertifikat tentu saja nantinya tidak akan mendapatkan perlindungan hukum sehingga jika terdapat penjiplakan atau penggunaan merek produk yang sama maka tidak bisa diproses karena tidak memiliki sertifikat pendaftaran merek dagang.
Segera lakukan pendaftaran merek dagang sendiri bertujuan untuk mendapatkan perlindungan hukum dan juga kepastian hukum. Di dalam pendaftaran merek dagang, terdapat dua macam sistem yang bisa digunakan. Adapun dua sistem tersebut adalah:

Sistem Konstitutif

Sistem deklatif

Di dalam sistem ini tidak memiliki kewajiban untuk mendaftarkan merek dagang namun hanya untuk membuktikan bahwa pihak pertama nantinya akan menjadi pemilik merek itu sendiri. Dalam artian siapa yang memakai merek tersebut pertama kali, maka itulah yang menjadi pemilik merek dari suatu produk tersebut. Namun sistem ini juga memiliki kelemahan, yaitu tidak memiliki kepastian perlindungan hukum dari badan yang terkait.

Sistem konstitutif
Di dalam sistem ini merupakan kebalikan dari sistem deklatif yaitu harus mendaftarkan merek dagangnya untuk mendapatkan perlindungan hukum. Dalam artian, hak eksklusif nantinya akan diberikan untuk pengguna merek dagang tersebut setelah mendaftarkan merek dagangnya ke badan yang terkait dengan demikian merek dagang tersebut akan mendapatkan perlindungan hukum. Di dalam sistem ini kelemahannya adalah yang menjadi pemilik dari merek tersebut adalah pihak pertama sehingga jika ada produsen yang mendaftarkan dengan merek yang sama di kemudian harinya dan pihak kedua tersebut adalah pemilik asli dari merek tersebut, tidak dapat diproses sehingga harus diselesaikan terlebih dahulu antara pihak pertama dan pihak kedua.

Jadi, akan lebih baik untuk segera melakukan pendaftaran merek dagang tersebut untuk mendapatkan hak milik merek. Hal tersebut karena dengan segera lakukan pendaftaran merek dagang, maka nantinya akan mendapatkan hak milik, sertifikan merek dagang dan juga perlindungan hukum sehingga meminimalisir pihak – pihak yang ingin menggunakan merek yang sama.

    Chat WA