Syarat Pengajuan Hak Paten Merek

Syarat Pengajuan Hak Paten Merek Sangat Penting Untuk Diketahui. Terutama Bagi Mereka Yang Memiliki Penemuan Terbaru Yang Sifatnya Inventif. Hak paten sendiri merupakan wewenang atau kekuasaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok dari hasil karya intelektualnya. Wewenang ini diberikan oleh Dirjen HKI sebagai lembaga resmi negara yang berada dibawah Kementrian Hukum dan HAM. Syarat untuk mengajukan hak merek sudah sering dibahas diberbagai kesempatan.

perlindungan hak paten merek

Meskipun terkesan rumit dan membutuhkan waktu yang banyak, namun jika diikuti prosesnya secara bertahap maka kerumitan tersebut dapat teratasi dengan sendirinya. Terlebih lagi saat ini sudah banyak jasa konsultan yang menawarkan jasa pengurusan hak kekayaan intelektual diberbagai bidang. Jasa konsultan HKI ini bisa juga membantu Anda, terutama pebisnis pemula untuk melakukan pendaftaran hak paten merek dagang online. Seperti yang sudah banyak diketahui, beberapa waktu kebelakang pihak Dirjen HKI telah membuka pendaftaran secara online.

Cara ini dimaksudkan untuk memermudah para pebisnis pemula untuk mendaftarkan hak paten merek dagangnya secara mudah, praktis, dan mobile. Mengingat, hamir seluruh kegiatan usaha saat ini bisa dilakukan secara mobile. Cara mendaftar secara online ini memang masih terbilang asing. Karena, kurangnya sosialisasi dari pihak Dirjen HKI sebagai pihak terkait. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan pendaftaran secara online, bisa langsung mengunjungi situs resmi Dirjen HKI di dgi.go.id. Disana, Anda tidak hanya bisa melakukan pendaftaran secara online, tetapi juga bisa mendapat penjelasan mengenai hak kekayaan intelektual hingga database dari WIPO.

pendaftaran hak paten merek dagang online

Dengan adanya fasilitas pendaftaran hak kekayaan intelektual secara online,

syarat pengajuan hak paten merek pun tentunya wajiblah untuk dipublikasikan.

Mengingat, syarat ini begitu penting keberadaannya karena berkaitan dengan lamanya proses pendaftaran merek dagang ke Dirjen HKI sendiri. Proses pengajuan hak ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak sedikit merek-merek yang didaftarkan ada akhirnya harus ditolak oleh Dirjen HKI akibat kurangnya kelengkapan dari syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat untuk mengajukan hak paten, meliputi data identitas pemohon, surat kuasa jika perlu, hingga identifikasi mengenai merek yang diajukan.

Salah satu syarat yang penting untuk diketahui adalah biaya pendaftaran hak paten. Syarat, biaya pendaftaran hak paten merekini menjadi hal yang bisa mengantarkan merek Anda untuk disetujui atau tidak oleh pihak Dirjen HKI. Untuk persyaratan, Dirjen HKI sudah banyak menyebarluaskan perihal tersebut di situs resminya. Untuk rincian biaya pun, Dirjen HKI sudah menjelaskannya dengan tetap memegang undang-undang tentang hak paten merek yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu biaya untuk usaha mikro atau UKM dan biaya pendaftaran umum.

Syarat pengajuan hak paten merek

Pentingnya syarat pengajuan hak paten merek pada Dirjen HKI, mendorong kita untuk mengetahui apa manfaat dari pendaftaran hak paten merek dagang itu sendiri. Mengingat, fenomena saat ini banyak pebisnis yang sudah membangun usahanya sejak lama masih belum melakukan daftar hak paten merek ke lembaga terkait. Padahal, ada manfaat yang besar dibalik pendaftaran hak paten merek dagang atau jasa tersebut. Selain dapat memberikan nilai dari kualitas dagang, mendaftarkan merek dagang juga bisa menjadi perlindungan hak paten merek yang dimiliki.

Perlindungan ini juga berguna sebagai strategi branding suatu usaha agar mudah dikenal dan diingat oleh costumer produk usaha Anda. Jika dikemudian hari pebisnis lain menggunakan merek dagang atau jasa Anda maka pemilik hak paten merek bisa melakukan banding melalui proses hukum. Mengingat, hak paten merek dagang atau jasa ini sudah diatur dalam undang-undang yang secara legalitas pasti berlaku. Tidak hanya hak paten merek dagang atau jasa yang bisa dilindungi, logo, simbol, susunan huruf, pelafalan, hingga tampilan yang termasuk ke dalam merek juga turut serta dilindungi dengan bekal undang-undang yang sah dan legal.

    Chat WA