Cara Memperoleh Izin Penggunaan Merek

Cara Memperoleh Izin Penggunaan Merek Yang Perlu Anda Tahu. Mengapa Demikian? Ya, Sederhana Saja, sebab izin penggunaan merek nantinya akan menjadi salah satu bagian yang dihubungkan dengan adanya ketaatan hukum yang berlaku sesuai dengan Undang Undang dan juga beberapa hal lain serta berhubungan dengan keberlangsungan produksi yang ada. Adanya izin penggunaan merek sendiri juga akan mempermudah Anda untuk mendapat legalisasi dalam perdagangan suatu merek.

Tips Jitu Mendapat Izin Penggunaan Merek

Adanya sejumlah hal yang nantinya diurus juga akan membuat usaha Anda dalam memproduksi suatu produk terkesan sah di dunia perdagangan, khususnya Indonesia. Sebab, adanya izin ini sendiri nantinya juga akan mempermudah Anda. Sehingga, seandainya pun nantinya pada saat dilakukan inspeksi mendadak, Anda tak perlu merasa khawatir dan cemas akan diadakannya pencabutan penggunaan merek tersebut karena dianggap ilegal. Maka dari itu, hal ini juga penting untuk diketahui, mengingat adanya sejumlah peraturan perundangan yang berlaku dan wajib untuk ditaati. Jika tidak mengetahui cara memperoleh izin penggunaanmerek dagang, secara otomatis memungkinkan adanya kesalahan prosedur yang akan membuat adanya pelanggaran perundangan yang diterapkan.

Bagi Anda yang memiliki dunia usaha di bidang barang atau jasa, cara memperoleh izin penggunaan merek penting untuk diketahui. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal ini berlaku sesuai dengan perundangan yang berlaku. Beberapa perundangan tersebut sesuai dengan Ketentuan Hukum, Undang Undang, dan Peraturan Pemerintah. Jika Anda ingin mengajukan permohonan merek, terdapat beberapa langkah yang dilakukan. Pertama, setelah Anda mengajukan permohonan merek, maka pihak Ditjen HAKI akan melakukan pemeriksaan kelengkapan pemohonan. Jika terdapat hal yang belum dilengkapi, maka pihak pemohon akan diberi waktu 2 bulan sejak tanggal pengiriman pemohonan, untuk melengkapi persyaratan yang dikirimkan.

Kemudian, terhitung sejak 30 hari penerimaan berkas, maka Ditjen HAKI akan melakukan pemeriksaan substantive, maksimal selama 9 bulan. Dalam kurun waktu yang sama, pihak pemohon dapat meminta alasan kepada pihak Dikjen HAKI jika permohonannya ditolak. Sebaliknya, jika pemohonan diterima, maka Ditjen HAKI akan memberikan sertifikat merek maksimal 30 hari setelah berakhirnya batas waktu pengumuman. Jika pemohonan yang bersifat substantif ditolak, maka pemohon dapat mengajukan banding kepada Komisi Banding.

Pemohonan Berkas Dan Cara Memperoleh Izin Penggunaan brand

Untuk mengajukan permohonan izin menggunakan merek, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dalam mengajukan penggunaan merek sendiri, Anda perlu menyiapkan fotokopi KTP yang sudah dilegalisir. Lalu, siapkan juga fotokopi akta pendirian badan hukum yang sudah disahkan oleh notaris. Anda juga harus melampirkan fotokopi peraturan kepemilikan bersama jika usaha tersebut memang dimiliki oleh lebih dari satu orang. Jika permohonan dikuasakan, seratakan surat kuasa khusus. Sertakan juga tanda pembayaran permohonan. Jangan lupa, sertakan juga surat pernyataan bahwa merek yang akan Anda daftarkan memang milik Anda.

Tips Mendapat Izin Penggunaan Merek

Setelah Anda mengetahui bagaimana memperoleh izin penggunaan merek seperti yang ada di atas, perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa ciri dari merek yang dilindungi. Merek yang dilindungi bisa berupa jasa yang diperdagangkan oleh satu atau beberapa orang secara bersama atau bisa juga badan hukum. Selain itu, bisa juga merek dagang merek, yang digunakan untuk barang dan diperdagangkan oleh individu atau beberapa orang secara bersama atau bisa juga badan hukum. Satu lagi, merek kolektif yang digunakan untuk perdagangan barang atau jasa dengan kesamaan karakteristik oleh beberapa orang atau badan hukum. Setelah itu, mungkin Anda mulai penasaran dengan apa sebenarnya ciri-ciri hak merek itu sendiri.

Beberapa cirinya antara lain adalah jenis merek yang dilindungi bisa berupa kata, gambar nama, angka-angka, huruf-huruf, warna-warna, bahkan gabungan dari beberapa unsur tersebut. Bisa juga dari kriteria perlindungan, yaitu mempunyai daya pembeda serta digunakan untuk menjadi pembeda. Jangka waktu berlakunya adalah 10 tahun dari tanggal penerimaan pendaftaran dan bisa diperpanjang. Bentuk pelanggaran juga ada, yaitu jika ada merek yang sama sudah terdaftar dan sudah digunakan. Itulah beberapa informasi mengenai cara memperoleh izin penggunaan merek. Jangan lupakan juga beberapa fungsi dari izin penggunaan merek. Di antaranya adalah untuk menjadi pembeda jasa, barang, atau barang dan jasa sejenis. Lalu, untuk melindungi konsumen dari barang-barang palsu. Hal ini juga bisa mengamankan dan menjaga kepentingan produsen.

Tips Jitu Izin Penggunaan Merek

Selain itu, adanya izin penggunaan merek juga akan bisa memberikan reputasi dan garansi. Terakhir, ini juga bisa digunakan sebagai jaminan kualitas. Jika sudah seperti ini, maka sangat penting untuk Anda yang ingin mendirikan sebuah usaha dan menggunakan sebuah merek untuk mengurus izin serupa. Dengan demikian, keberlangsungan usaha Anda akan lancar dan tidak dipermasalahkan, serta bisa dilindungi oleh pihak pemerintah karena adanya sertifikat tersebut.

Sebab, hal ini juga akan berpengaruh terhadap bagaimana nantinya Anda bisa mempertahankan barang, jasa, atau keduanya jika memang terdapat produk palsu atau pesaing dengan nama serupa yang ingin menginterupsi usaha Anda. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan berkas yang ada dan mengajukan permohonan izin tersebut. Perlu Anda ingat juga bahwa hal seperti ini bisa Anda dapat jika persyaratan sudah terpenuhi serta Anda juga sudah mengikuti prosedur yang ada. Selagi masih bisa mengurus perizinan tersebut, mengapa tidak? Bukankah ini untuk kepentingan Anda juga demi memajukan dan menyukseskan usaha baik dalam bentuk produk barang, jasa, atau keduanya?

    Chat WA