Tujuan Merek

Tujuan Merek Atas Produk Tertentu Menjadikan Jenis Usaha Yang Dilakoni Oleh Masyarakat Itu Banyak Sekali Dikarenakan Daya Kreativitas Dan Juga Kekayaan Alam yang mendukung untuk menciptakan suatu usaha. Memanfaatkan kekayaan alam Indonesia ini tentu saja masyarakat Indonesia ada yang berprofesi sebagai seorang pedagang yang menjual produk Indonesia dimana bahan utamanya adalah hasil kekayaan alam Indoneisa. Misalkan ada yang berjualan garam, ada yang berjualan trasi dan ada beberapa produk olahan lain yang merupakan bahan utamanya dapat dengan mudah ditemukan.

Tujuan Merek

Biasanya untuk memberi nilai tambah atas suatu produk yang telah dijualnya, para pelaku usaha ini sengaja memberikan sebuah merek atas produk yang telah diciptakannya.Tujuan merek yang telah disematkan pada suatu produk tertentu ini tidak terlepas dari nilai jual dari produk itu sendiri.Analoginya adalah sebagai berikut, ada sebuah produk trasi yang mana bahan dari trasi berupa udang rebon yang berasal dari laut Indonesia. Nah, trasi ini nanti dikemas dengan kemasan biasa yang memang tanpa merek dan hanya sekedar dibungkus dengan plastik biasa saja.Bagaimana dengan harganya? Pastinya bisa dikatakan murah karena belum memiliki merek.

Beda lagi jika trasi tersebut mungkin diberikan merek oleh suatu perusahaan ternama pastinya trasi yang satu ini lebih bernilai jual tinggi ditambah dengan kemasan yang memang mendukung untuk nantinya dipasarkan ke seluruh Indonesia. Mengingat pentingnya penggunaan tujuan merek yang disematkan pada suatu produk maka tentu saja pelaku usaha wajib mengetahui mengenai cara pendaftaran merek dan mengetahui mengenai biaya dalam mendaftarkan merek.

Tujuan Merek bagi Pelaku Usaha

Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa merek itu nyatanya memang sangat penting sekali terlepas dari berbagai macam produk yang telah dihasilkan oleh seorang pelaku usaha. Berkenaan dengan hal tersbeut, untuk lebih jelas mengenai tujuan sebuah merek, akan dijelaskan dalam ulasan berikut.

  1. Memberikan Identitas Produk
    Merek ini nyatanya digunakan sebagai identitas atau lebih tepatnya tanda pengenal untuk nantinya mengenalkan ke konsumen penikmat produk tersebut agar nantinya mengenal produk yang telah dikonsumsinya dan secara otomatis tentu saja mereka bisa mengenal siapa yang memproduksinya.
  1. Alat Promosi
    Selain digunakan sebagai tanda identitas atau pengenal, tujuan merek juga digunakan untuk alat promosi atas suatu produk yang telah tercipta. Jadi dengan produk yang telah diberi merek maka untuk melakukan promosi menjadi jauh lebih mudah dibandingkan pada sebuah produk tanpa nama atau merek. Merek yang dikenal luas memberikan efek pada hasil penjualan yang lebih tinggi.
  1. MembangunCitra Produk
    Merek bisa mengangkat citra atas suatu produk yang telah dihasilkan, maksudnya adalah bahwa nanti dengan adanya suatu merek atas suatu produk yang telah tercipta bisa secara otomatis memberikan jaminan atas berkualitas atau tidaknya barang yang telah diproduksi tersebut. Jadi jika barang tersebut berkualitas maka setiap konsumen akan tertarik untuk membelinya.
  1. Menciptakan Keuntungan Kompetitif
    Dengan adanya suatu merek yang telah tersemat dalam suatu produk tertentu produk tersebut akan lebih bernilai dan harga jual akan semakin tinggi sehingga nantinya dipasaran akan menimbulkan keuntungan yang semakin kompetitif atas produk yang telah dihasilkan. Merek yang dikenal baik dengan kualitasnya dapat menyaingi merek lain yang sejenis tapi tidak mampu menampilkan citra merek yang lebih baik.

Jika ingin memberikan merek atas suatu produk yang telah diproduksi maka tentu saja harus mendaftarkan merek tersebut agar mendapatkan hak paten. Sedangkan biaya hak paten merek ini tentunya berbeda-beda berdasarkan proses dari pemberian hak paten itu sendiri.

Tujuan Merek usaha

Mengingat tujuan merek itu sangat penting dalam menunjang proses penjualan barang yang telah dihasilkan tentunya para pelaku usaha harus mengetahui tata cara pendaftaran merek. Cara mendaftarkan merek tentunya bisa dilakukan di sebuah lembaga Haki yakni lembaga Hak Kekayaan Intelektual. Cara permohonan pendaftaran merek telah diatur oleh pemerintah melalui undang-undang.

Berdasarkan pasal 6 ayat 1 Undang-undang Nomor 20 tahun 2016 dikatakan bahwa permohonan pendaftaran merek untuk lebih dari 1 kelas barang dan/jasa ini bisa diajukan dalam satu permohonan saja. Sedangkan untuk biaya mendaftarkan merek dagang ditentukan sebagai berikut:

  1. Usaha Mikro dan Usaha Kecil
    Jika pendaftaran dilakukan secara online langsung silahkan hubungi konsultan hki terdaftar kami.
  2. Masyarakat Umum
    Jika pendaftaran dilakukan online harus membayar sejumlah biaya silahkan email kami.

Mengingat tujuan merek usaha yang sangat krusial bagi keberlangsungan produk dan perusahaan biaya yang dikeluarkan tentu tidak menjadi kendala berarti. Utamakan kepentingan produk Anda karena manfaat dari mendaftarkan merek ada begitu banyak. Pada akhirnya semua keuntungan yang bisa didaptkan akan kembali kepada Anda sendiri selaku pelaku usaha.

    Chat WA