Undang Undang Merek 

Undang Undang merek sebaiknya dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis yang memiliki merek sendiri guna melindungi merek mereka dari berbagai tindakan yang memicu kerugian di dalam kegiatan bisnis. Kepemilikan hak paten atas merek dagang dapat melindungi pemilik merek tersebut dari tindak pemalsuan merek ataupun pemanfaatan merek oleh pihak lain demi memperoleh keuntungan sendiri. Tindakan – tindakan tersebut tentu dapat menyebabkan kerugian bagi seorang pelaku bisnis. Merek dagang merupakan bagian dari identitas sebuah lembaga usaha ataupun pelaku bisnis itu sendiri.

Merek merupakan elemen dari citra usaha yang dapat berdampak buruk bagi usaha jika kemudian dipalsukan atau digunakan pihak lain untuk menjual produk dengan kualitas buruk di pasar. Kepemilikan hal atas merek dagang membuat pemilik merek tersebut memiliki perlindungan hukum sehingga memiliki hak untuk menuntut ganti rugi ataupun pemulihan nama baik jika suatu ketika ada pihak lain yang menggunakan merek tersebut tanpa ijin dan berdampak buruk bagi usaha pemilik merek. Undang undang merek dagang merupakan sebuah instrumen hukum yang dibuat oleh negara untuk melindungi hak warga negara atas salah satu bentuk kekayaan intelektual yang dapat dimiliki oleh seseorang atau suatu lembaga usaha.

Perlindungan negara atas kekayaan intelektual seseorang salah satunya tertuang pada Undang – undang Nomor 7 Tahun 1994 yang kemudian menjadi salah satu dasar pertimbangan Undang – undang Nomor 15 Tahun 2001 yang mengatur tentang merek dan juga memuat aturan tentang desain industri. Undang – undang tersebut merupakan salah satu bentuk aturan hukum yang dibuat sesuai dengan kebijakan Organisasi Dagan Dunia atau World Trade Organization terkait dengan upaya perlindungan pada hak kekayaan intelektual di dunia usaha.

undang undang merek indonesia

Pemilik merek dagang memiliki hak yang dilindungi oleh hukum untuk mengajukan tuntutan. Pelaku pemalsuan merek atau penyalahgunaan merek dagang yang bukan miliknya akan terancam pidana dan dapat dituntut untuk memberikan ganti rugi kepada pemilik merek dagang yang sah. Hak atas kepemilikan merek dagang merupakan bagian dari hak atas kekayaan intelektual berupa Industrial Property Rights atau Hak Milik Industri. Hak atas kekayaan intelektual lain yang juga diatur dalam undang – undang adalah Hak Cipta atau Copy Rights yang mengatur perlindungan atas karya, ciptaan atau temuan seseorang.

Sedangkan Hak Milik Industri sebagai bagian dari hak atas kekayaan intelektual mengatur perlindungan atas paten, merek, rahasia dagang, desain industri, desain tata letak sirkuit dan indikasi geografis. UU merek merupakan produk hukum yang secara khusus mengatur kepemilikan merek dagang sebagai bagian dari kegiatan industri atau ekonomi. Seorang pemilik merek dagang berhak mendapat perlindungan negara dari segala tindakan yang dilakukan pihak lain berupa pemanfaatan merek dagang tanpa seijin pemiliknya.

Undang Undang Merek Dagang

Merek dagang yang telah terdaftar di akan memperoleh perlindungan hukum dan pemilik merek dagang tersebut dapat menuntut hak jika ada pihak lain yang memanfaatkan merek dagang terdaftar tersebut untuk kepentingan pribadi, lembaga atau golongan tanpa seijin pemilik merek. Ada beberapa alasan mengapa merek dagang butuh perlindungan hukum; demikian juga mengapa seorang pemilik merek dagang memiliki hak atas kekayaan intelektual berupa merek tersebut. Dalam dunia bisnis; merek merupakan identitas yang terkait langsung dengan produk ataupun jasa yang dijual.

Citra positif sebuah lembaga usaha atau pelaku bisnis akan melekat pada merek yang digunakan. Praktek menggunakan merek yang bukan miliknya akan memberi resiko bagi pemilik merek karena citra sebuah lembaga usaha bisa rusak akibat produk palsu yang berkualitas buruk. Bahkan ketika sebuah produk palsu ternyata memiliki kualitas yang sama dengan produk asli dan mampu memuaskan konsumen; tindakan tersebut juga akan merugikan pemilik merek. Kerugian tersebut dikarenakan keuntungan dari penjualan produk palsu tersebut tidak masuk ke dalam keuangan lembaga pemilik merek.

Keberadaan undang undang merek merupakan salah satu cara negara melindungi hak warganegara dan pelaku bisnis di wilayah negara Indonesia dari segala tindakan pelanggaran merek dagang yang merugikan pemilik sebuah merek dagang.

    Chat WA