021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pendaftaran Merek Online

Pendaftaran merek online menjadi mudah dengan bantuan konsultan merek Patendo. Kami siap membantu anda dalam pengurusan permohonan pendaftaran merek dagang dengan biaya terjangkau dan proses yang mudah. Hubungi Telp / WA 0853 5122 5081. Anda yang sedang merintis bisnis dan punya keseriusan untuk menjalankan bisnis dalam jangka panjang. Anda sebaiknya melakukan persiapan dan perencanaan dengan matang. Satu hal yang harus Anda lakukan adalah pendaftaran merek dagang Anda.

Hal yang Perlu Dipahami tentang Pendaftaran Merek Online

Merek dagang dapat mengembangkan dan mendukung legalitas bisnis Anda. Beberapa dari Anda mungkin berniat untuk membuat brand secara online. Sebelum Anda melakukan pengurusan merek online, Anda perlu membaca ulasan berikut ini.

daftar merek

1. Tentang Pendaftaran Merek Online

Pendaftaran pendaftaran brand merupakan salah satu cara untuk mempermudah orang mengajukan permohonan pendaftaran. Hal ini sudah diberlakukan dan sebenarnya bisa dilakukan. Sayangnya, pendaftaran merek online hanya dapat diakses oleh kalangan terbatas.
Pengurusan ijin merek online bisa diakses dalam fitur e-filling.

2. Ada Beberapa Formulir Pendaftaran Merek Dagang yang Dapat di Unduh Secara Online

Pendaftaran merek online memang tidak dapat diakses oleh umum. Tetapi Anda dapat mengunduh beberapa formulir serta beberapa berkas penting untuk pendaftaran hak merek atau hal lain terkait dengan merek dagang. Beberapa formulir yang dapat diunduh diantaranya, formulir untuk permohonan merek, surat pernyataan terkait lisensi, formulir untuk keperluan perpanjangan merek, dan lainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Ini Alasan Penting Anda harus Mendaftarkan Merek Dagang

1. Mendapat Perlindungan secara Hukum
Sebagai negara hukum, Indonesia memberikan perlindungan dan melakukan pengaturan dengan dasar hukum yang diakui negara. Salah satu hal yang dilindungi negara adalah hak kekayaan intelektual termasuk merek dagang. Ketika Anda mengurus hak paten merek dagang bisnis Anda dan sudah mendapat pengesahan dari pemerintah. Secara hukum merek dagang yang Anda daftarkan akan dilindungi oleh hukum negara.

Perlindungan hukum terhadap merek dagang akan menjaga Anda dari tindakan penjiplakan maupun penyalahgunaan atas merek dagang bisnis Anda. Persoalan tersebut bisa saja terjadi dalam persaingan bisnis yang tidak sehat. Hal inilah yang menjadi salah satu pentingnya mendaftar merek dagang Anda. Apabila merek dagang sudah terdaftar. Merek dagang Anda akan lebih aman dari tindakan tidak terpuji dari pesaing bisnis atau oknum yang mencoba mendapat keuntungan dengan cara yang tidak tepat. Keamanan penyalahgunaan merek dagang Anda akan terjamin secara hukum.

Jadi, seandainya ada tindakan penyalahgunaan merek dagang bisnis Anda. Secara hukum Anda bisa melakukan penuntutan dan membawa kasus tersebut ke pengadilan. Keterjaminan hukum menjadi alasan penting bagi Anda untuk mematenkan merek dagang. Anda bebas memilih menggunakan jasa konsultan merek untuk pendaftaran pendaftaran brand. Hal yang terpenting adalah Anda segera mendaftarkan merek dagang Anda.

2. Waktu Perlindungan yang Cukup Panjang
Berdasarkan undang-undang, merek dagang yang terdaftar akan mendapat perlindungan dalam kurun waktu 10 tahun setelah merek dagang diakui secara resmi oleh pemerintah. Perlindungan selama 10 tahun tentu saja sudah mencukupi bagi para pelaku bisnis. Merek dagang yang waktu perlindungannya sudah habis harus dilakukan perpanjangan.

Prosedur perpanjangan merek dagang tidak sama dengan mematenkan merek. Ada beberapa syarat suatu merek dagang bisa diperpanjang yakni, merek dagang masih sesuai dengan sertifikat merek. Selain itu, merek dagang yang akan diperpanjang juga harus aktif diproduksi dan dipasarkan.

3. Menambah Nilai dan Citra Bisnis Anda
Kelegalan suatu perusahaan dapat menjadi pengukur bahwa bisnis tersebut memiliki potensi. Ketika Anda membuat nama brand Anda. Merek Anda akan diakui banyak pihak terutama pemerintah. Hal ini tentu meningkatkan citra bisnis perusahaan Anda. Jika citra perusahaan Anda makin baik, hal ini bisa meningkatkan bisnis Anda di mata para investor dan konsumen, sehingga berdampak pada baik pada bisnis Anda ke depannya.

4. Anda bisa Bebas Mengembangkan Bisnis
Adanya merek dagang akan memberi rasa aman bagi Anda dan perusahaan. Selain itu, Anda dapat memperluas pasaran Anda tanpa takut ada yang mencoba menyalahgunakan merek dagang Anda. Merek dagang akan membuat bisnis Anda lebih eksklusif. Hal ini bisa berguna untuk memperluas bisnis Anda. Salah satu ekspansi bisnis yang bisa Anda cobakan ketika merek Anda sudah terdaftar baik lewat membuat nama brand dari jasa konsultan atau secara mandiri adalah waralaba. Bisnis ini sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan usaha Anda secara cukup drastis.

Waralaba sangat digemari dalam beberapa tahun terakhir ini. Pengembangan bisnis dengan cara ini dapat meningkatkan keuntungan Anda berkali-kali lipat.

5. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Bisnis Anda
Kebanyakan konsumen mengutamakan keamanan ketika mereka menggunakan suatu produk atau jasa. Salah satu hal yang bisa membuat rasa aman pada konsumen yaitu merek dagang yang punya reputasi dan tepercaya. Kelegalan merek dagang Anda dapat menjadi nilai lebih dari bisnis yang Anda jalankan. Merek dagang terdaftar juga membuat bisnis Anda lebih profesional sehingga menarik minat konsumen.

merek dagang

Anda juga dapat melindungi konsumen Anda dari kebingungan saat ada yang memalsukan produk merek dagang Anda. seandainya merek dagang Anda tidak dilegalkan. Ada kemungkinan orang menggunakan nama merek dagang Anda untuk produk yang mereka buat. Hal ini tentu bisa membuat konsumen Anda bingung dan tertipu. Konsumen Anda akan lebih terlindungi.

6. Produk dan Bisnis Anda jadi Lebih Berkualitas
Dalam perkembangan bisnis produk memegang peranan yang penting. Produk yang berkualitas dapat mengundang banyak konsumen untuk membeli produk yang Anda jual. Kualitas produk tidak hanya didapat dengan peningkatan proses produksi tetapi juga membuat branding. Ketika merek dagang Anda sudah mendaftarkan hak paten merek online. Produk Anda akan terjaga keamanannya. Hal ini bisa terjadi karena produk dengan merek dagang Anda akan terhindar dari pemalsuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sebab, ada kalanya merek dagang yang tidak terdaftar, produknya dipalsukan dengan kualitas yang buruk sehingga menurunkan kepercayaan dan reputasi bisnis Anda.

7. Bisa Membantu Promosi Anda
Hak paten merek dapat menjadi sarana Anda untuk berpromosi. Kebanyakan merek dagang yang terdaftar akan mendapat liputan dan siarkan. Hal ini bisa menjadi cara tidak langsung untuk mengenalkan merek Anda ke khalayak umum. Dengan demikian, merek Anda akan lebih banyak dikenal orang.

Saat yang Tepat untuk Mendaftarkan Merek Dagang

1. Lebih Cepat Lebih Baik
Banyak pembisnis pemula yang kebingungan untuk menentukan waktu terbaik untuk membuat branding mereka. Makin cepat Anda membuat hak paten merek Anda, maka Anda akan lebih banyak mendapat keuntungan. Pendaftaran yang lebih dini sangat baik karena proses pengurusan merek dagang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Alasan utama Anda harus segera mematenkan merek dagang Anda secepatnya adalah berlakunya prinsip first to file. Prinsip ini berarti orang yang lebih dahulu membuat nama brand dan sudah mendapat pengakuan, ia lebih berhak atas merek tersebut sekalipun Anda yang lebih dahulu menciptakannya. Hal ini bisa sangat merugikan Anda dan bisnis Anda, sebab kemungkinan besar Anda tidak boleh menggunakan merek tersebut dan secara hukum Anda tidak terlindungi.

2. Merek Dagang yang Sudah Lama Dipakai bisa Tetap Didaftarkan
Dalam hal hak paten terdapat syarat keaslian atau kebaruan. Sedangkan pada merek dagang tidak menggunakan syarat tersebut. Hal ini berarti Anda bisa tetap melakukan pendaftaran hak paten merek dagang yang sudah Anda gunakan dan dipasarkan sejak lama. Tentunya, dengan syarat merek Anda belum pernah terdaftar atau didaftarkan oleh pembisnis lain.

Apabila Anda sampai sekarang belum melakukan pendaftaran hak merek dagang Anda. Segeralah melakukannya supaya Anda tidak didahului orang lain yang sebenarnya tidak ‘berhak’ atas merek dagang tersebut. Anda bisa melakukan pendaftaran hak merek dengan memakai jasa konsultan atau mendaftarkan sendiri merek Anda dengan mengikuti ketentuan yang ada.

pendaftaran merek

Tips Melakukan Pendaftaran Merek agar Lancar

1. Mencari Berbagai Informasi Penting tentang Pendaftaran Merek Dagang
Sebelum Anda melakukan pendaftaran merek online atau mendatangi kantor kepengurusan secara langsung. Anda harus mencari informasi terkait merek dagang dan cara pendaftarannya dengan sebaik mungkin. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari internet. Cari tahu beberapa hal terkait, tahapan pendaftaran merek, lama waktu proses pendaftaran merek, berkas yang diperlukan dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memahami secara singkat perbedaan beberapa jenis hak kekayaan intelektual. Supaya Anda tidak salah mendaftar. Perhatikan juga hal-hal yang terkait dengan aturan dan ketentuan permohonan pendaftaran merek dagang supaya Anda tidak salah mengerti. Pemahaman yang baik terkait dengan pembuatan merek dapat memperlancar dan mempermudah Anda dalam mengurus pendaftaran langsung ataupun pendaftaran merek online.

2. Menyiapkan Persyaratan dengan Baik
Sama halnya dengan urusan administrasi pada umumnya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pendaftaran merek online atau langsung bisa dilakukan. Anda sebaiknya menyiapkan persyaratan pendaftaran merek dengan baik. Untuk memudahkan Anda, lebih baik Anda membuat daftar persyaratan registrasi merek. Catatlah berkas yang diperlukan dan siapkan satu persatu.

Setelah semua berkas telah siap. Anda bisa melakukan pengecekan persyaratan dengan mengecek pada daftar yang sudah Anda buat, beri tanda pada syarat pendaftaran merek yang sudah siap. Dengan hal sederhana tersebut Anda bisa memastikan bahwa berkas persyaratan Anda lengkap, sehingga proses pendaftaran dapat berjalan dengan efektif.

3. Mengikuti Petunjuk yang Diberikan
Dalam setiap prosedur administratif pasti akan disertai dengan beberapa petunjuk Anda ketentuan. Hal ini bermanfaat untuk memastikan bahwa proses berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan para pemohon mendapat kejelasan tentang proses mendaftarkan brand. Hal yang sama juga terjadi pada pendaftaran merek dagang secara langsung dan pendaftaran merek online.
Supaya Anda tidak salah prosedur, bacalah dengan baik petunjuk pendaftaran. Ikuti aturan yang berlaku sehingga proses pendaftaran Anda berjalan dengan lancar. Kesalahan dalam menjalankan petunjuk pendaftaran dapat merugikan Anda. Pahami tata cara pendaftaran merek, tempat pengajuan berkas, serta penjelasan lainnya.
4. Mengecek Halaman Pengumuman
Hal yang tidak kalah penting saat melakukan pendaftaran merek online atau langsung yakni melakukan pengecekan proses secara rutin. Pada setiap proses biasanya sudah ada jangka waktunya tersendiri. Nantinya pengajuan merek dagang Anda akan disiarkan dalam berita resmi dalam situs HAKI. Anda harus selalu mengecek pengumuman secara rutin akan mengetahui perkembangan pengajuan Anda.
5. Siapkan Dana yang Mencukupi
Pendaftaran merek online maupun registrasi merek langsung memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Selain proses yang cukup memakan waktu, pendaftaran merek juga membutuhkan biaya. Maksud dari biaya ijin merk dalam hal ini tidak saja berupa dana yang Anda keluarkan untuk keperluan persiapan persyaratan tetapi juga proses pendaftaran juga memerlukan pembayaran dalam jumlah tertentu.

pendaftaran merek online murah

Besarnya biaya pendaftaran merek sangat bergantung pada cara membuat ijin merek Anda. Untuk mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pendaftaran merek online atau offline. Anda dapat mengecek secara langsung pada salah satu halaman dalam situs HAKI. Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk setiap keperluan pengurusan pendaftaran merek dagang akan berbeda-beda. Misalnya, besaran biaya perpanjangan merek akan berbeda dengan biaya mengurus izin merek awal.

Penggunaan Jasa Konsultan Merek untuk Melakukan Pendaftaran Merek Anda

1. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga
Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang pendaftaran merek online atau langsung. Anda mungkin merasa prosesnya sangat rumit. Apabila Anda merasa keberatan dengan proses pendaftaran merek dagang. Ada bisa menggunakan jasa konsultan merek yang terpercaya untuk membantu Anda dalam mengurusi pendaftaran merek Anda.
Penggunaan jasa konsultan berlisensi akan sangat meringankan beban Anda. Terlebih bagi Anda yang sangat sibuk dengan urusan bisnis yang Anda jalani. Jasa konsultan hki terdaftar dapat membantu Anda mengurus pendaftaran merek online atau secara offline. Dengan begitu, Anda akan menghemat tenaga dan waktu Anda, sehingga bisa dipergunakan untuk menangani bisnis Anda.
2. Proses Pemberkasan Lebih Mudah
Seperti yang Anda mungkin telah ketahui. Dalam pengurusan pendaftaran merek online maupun offline. Diperlukan formulir pendaftaran merek serta dokumen pendukung yang sesuai dengan ketentuan. Ada banyak berkas yang perlu mulai dari surat kuasa sampai etiket merek. Bagi Anda yang asih awam dengan berbagai tipe pemberkasan untuk pendaftaran merek dagang. Anda bisa menggunakan jasa konsultan merek.
Jasa konsultan HKI yang sudah berpengalaman dapat membantu Anda mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk mengurus pendaftaran merek online atau offline. Apabila Anda merasa kesulitan dan mengalami hambatan dalam pemberkasan jasa konsultan HKI dapat menolong Anda menyiapkan semua berkas sebaik mungkin.
3. Mendapat Masukan yang Berguna
Apabila Anda seorang pemula yang belum memahami seluk beluk merek dagang. Anda mungkin akan dibuat bingung dengan prosedur pendaftaran merek serta istilah dalam pendaftaran merek dagang. Kebingungan Anda tersebut, tentu bisa menghambat kelancaran proses mendaftar merek Anda. Hal tersebut tidak perlu terjadi jika Anda menggunakan jasa konsultan merek, para konsultan dapat mempermudah proses pendaftaran merek Anda secara resmi.

Jasa konsultan HKI terdaftar juga bisa memberikan Anda saran dan masukan yang sangat bermanfaat. Anda dapat pula bertanya berbagai hal tentang merek dagang. Bagi Anda yang mengalami masalah terkait pelanggaran tentang merek dagang. Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan merek untuk lebih memahami aturan hukum dan perlindungan hak atas merek dagang. Pendaftaran merek online seperti yang telah disebutkan di atas, belum bisa digunakan secara umum.

Hanya pihak tertentu yang mendapat akses untuk melakukan pendaftaran dengan cara tersebut. Pendaftaran merek sangatlah penting walaupun prosesnya tidak mudah. Penggunaan jasa konsultan merek merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membuat merek dengan mudah dan efektif.

Apapun jenis barang / jasa yang andapasarkan harus dilindungi agar tidak digunakan orang lain baik berupa obat, obat diet, beras, sembako, buku, jilbab, hijab, kosmetik, sabun,make up, skincare, deterjen, bulu mata, masker wajah, parfum, lipstik, cream bedak, fashion, pakaian, sepatu, sandal, clothing, jaket, tas, baju, baju muslim, batik, baju koko, kemeja, kerudung, jilbab bordir, pakaian anak kecil, jeans, konveksi, sandal jepit, restoran, kuliner

Bagikan :
There are currently no comments.