021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Syarat Pendaftaran Merek

Bersama Patendo syarat pendaftaran merek dagang menjadi mudah dan simple. Kami akan membantu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan saat mematenkan merek anda. Berikut ini kami terangkan beberapa tahapan syarat pendaftaran merek yang sangat penting untuk anda ketahui.

Ada beberapa fungsi merek yang bisa membantu perkembangan usaha, yaitu menjadi tanda pengenal untuk membandingkan hasil produksi antara seseorang, beberapa orang, badan usaha dengan orang lain atau badan usaha lain.

Merek dagang juga berguna sebagai alat pemasaran, sehingga pebisnis bisa mempromosikan produk hanya dengan menyebut mereknya. Selain itu, merek dapat menunjukkan asal barang atau jasa dan menjadi jaminan atas kualitas barang yang dihasilkan.

Tapi, supaya merek dagang diakui dan dilindungi oleh suatu lembaga, Anda harus mengurus perijinan merek. Banyak manfaat merek yang diperoleh jika pebisnis sudah melakukan proses pengurusan merek dan sebelumnya sudah memahami syarat pendaftaran merek.

register merek

Beberapa syarat pendaftaran merek dagang , yaitu :

1. Permohonan untuk mendaftarkan merek dagang harus diajukan oleh pemohon.
2. Permohonan pendaftaran hak paten merek tersebut bisa diwakili oleh konsultan HKI terdaftar kami, baik secara elektronik maupun non-elektronik dalam Bahasa Indonesia.
3. Dalam permohonan pendaftaran merek dagang harus mencantumkan tanggal lengkap.
4. Pemohon yang membuat merek wajib menyertakan identitasnya.
5. Mencantumkan warna bila permohonan memakai unsur warna.
>. Mencantumkan nama negara serta tanggal permohonan pendaftaran merek.

7. Memuat uraian jenis produk barang atau jasa, kemudian dilampiri label merek dagang dan bukti pembayaran.
8. Biaya pendaftaran merek dagang ditentukan oleh kelas barang dan atau jasa.
9. Untuk merek dagang yang berupa bentuk tiga dimensi, labelnya dilampirkan dalam format karakteristik dari merek tersebut.
Sementara untuk merek yang berupa suara, labelnya berbentuk notasi dan rekaman.
10. Harus melampirkan surat pernyataan kepemilikan merek dagang
Syarat pendaftaran merek yang diajukan oleh lebih dari satu pemohon secara bersama-sama, mereka berhak atas merek tersebut. Jadi, semua nama akan dicantumkan dengan menetapkan salah satu alamat sebagai alamat pemohon.

Permohonan ditandatangani oleh satu dari pemohon yang berhak dengan menyertakan persetujuan tertulis dari para pemohon yang diwakilkan. Jika seorang atau beberapa pemohon adalah seorang WNA (Warga Negara Asing) dan badan hukum asing yang berkediaman di negara luar, harus diajukan melalui kuasanya.

Untuk pengurusan izin merek yang diajukan bersama-sama, surat kuasanya ditandatangani oleh semua pihak yang mempunyai hak atas merek dagang tersebut.
11. Permohonan untuk mendaftarkan lebih dari satu kelas barang dan atau jasa bisa diajukan dalam sekali proses saja.
12. Mengecek Nama Merek Sudah Terdaftar atau Tidak
Saat melakukan pendaftaran nama merek dan telah melalui beberapa tahap hingga mendapatkan sertifikat nama merek, yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan.

Apakah nama merek yang telah Anda ajukan dan telah diumumkan secara resmi telah terdaftar atau tidak. Cara cek merk sudah terdaftar atau belum, anda bisa menghubungi konsultan HKI terdaftar Patendo.
13. Memakai Nama Merek Secara Konsisten
Secara resmi nama merek yang diajukan telah menjadi milik Anda. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memakai nama merek tersebut secara konsisten.

Gunanya agar nama tersebut tidak dipakai orang lain karena dianggap tidak ada mengingat Anda tidak pernah menggunakan merek tersebut. Memakai nama merek pun akan berefek pada semakin dikenalnya produk yang Anda punyai.
14. Melakukan Perpanjangan Merek
Nama merek yang telah terdaftar tidak bisa berlaku seumur hidup. Jangka waktu yang diberikan hanya beberapa tahun saja semenjak nama tersebut resmi keluar. Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan permohonan perpanjangan merek untuk jangka waktu tertentu selanjutnya.

Apabila tidak dilakukan perpanjangan, maka nama tersebut dianggap tidak lagi dipakai dan bisa digunakan oleh orang lain yang juga menginginkan nama tersebut.
15. Promosi
Giat mengenalkan tidak hanya produk, tapi juga nama merek yang akan berakibat nama merek yang Anda punya akan semakin dikenal. Ini wajib dilakukan karena dengan nama yang semakin dikenal akan memberikan banyak keuntungan pada Anda. Umumnya keuntungan material.

Lakukan promosi secara berkesinambungan pada banyak media promosi yang menarik.
16. Tidak Melakukan Hal yang Merugikan Merek
Yang tidak boleh dilakukan setelah nama merek terbit adalah menjelekkan nama merek, membuat citra buruk dengan melakukan hal yang tidak baik. Tentunya hal tersebut akan merugikan nama merek yang telah Anda bangun dengan susah payah.

Syarat pendaftaran merek dagang

Banyak hal positif yang bisa Anda lakukan agar nama merek Anda bisa semakin terkenal yang pastinya akan membawa dampak positif dan keuntungan.
Daftar merek menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menghargai segala proses dalam pembuatan nama yang telah Anda lalui.

Syarat pendaftaran merek sejatinya tidak akan membuat Anda patah semangat untuk mendaftarkan nama merek.

Melalui proses pendaftaran dengan santai dan tidak terbebani akan membuat langkah Anda semakin mudah. Apabila proses pendaftaran telah berhasil Anda lalui, maka meraih kesuksesan dengan memakai nama merek sendiri sudah di depan mata.

Menggunakan nama merek yang telah resmi terdaftar juga akan membuat Anda lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis dan memproduksi suatu produk. Bisnis lancar keuntungan maksimal bukanlah suatu hal yang mustahil.

Di Indonesia terdapat banyak merek yang telah terdaftar. Ada yang berkompetisi di pasaran dengan baik dan terus berkembang, tapi ada pula yang sedang mengalami kesulitan atau bahkan baru mengawalinya.

Bila Anda termasuk dalam kategori terakhir, mulailah dengan merencanakan segala persiapan untuk mendaftarkan merek dagang, termasuk memenuhi syarat pendaftaran merek. Sebab, merek bisa memberikan eksistensi bagi sebuah produk, sehingga berbeda dengan yang lain dan juga diakui oleh masyarakat.

Sementara brand akan memberi ‘penghargaan’ atau nama baik bagi produk tersebut. Jadi, keduanya saling bergantungan. Perlu diketahui, bahwa semua brand besar diawali dari langkah yang kecil, saat mereka mendaftarkan merek dagangnya.

Meskipun melalui proses pendaftaran merek yang tidak mudah, seperti penelusuran merek, melengkapi syarat, melewati prosedur pendaftaran merek, menunggu proses pengecekan merek yang lumayan lama, mengajukan keberatan jika ada yang tidak sesuai dan melakukan investigasi ulang hingga pemohon menerima sertifikat merek dagang.

Tapi, itu semua akan memberi efek yang baik bagi bisnis mereka. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis pemula Anda harus segera mempersiapkan syarat pendaftaran merek dari sekarang. Dengan bantuan konsultan merek Patendo semua menjadi mudah.

Syarat pendaftaran merek

Berikut ini fungsi merek :

1. Merek bisa dijadikan sebagai alat bukti bagi sang pemilik yang berhak atas brand tersebut.

2. Dapat menjadi dasar penolakan terhadap merek dagang yang sama secara pokok atau keseluruhan pada produknya yang dimohonkan registrasi merek oleh pebisnis lain untuk barang atau jasa sejenis.

3. Sebagai dasar untuk menghindari orang lain menggunakan merek dagang yang sama dalam peredarannya untuk barang atau jasa sejenis.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.